Trending News

Blog Post

Album of The Day: Bon Jovi – The Circle
Album of The Day

Album of The Day: Bon Jovi – The Circle 

PhotobucketThe Circle, yang merupakan album ke sebelas milik band Bon Jovi, masih memiliki formasi yang sama, Jon Bon Jovi pada posisi vokal dan guitar, Richie Sambora pada gitar dan backing vocal, Tico Torres pada posisi drum dan perkusi, serta David Bryan pada posisi keyboards, piano serta backing vocal. Tetapi untuk posisi gitar bas dipegang Hugh McDonald meski bersifat tidak resmi,Hugh juga mengisi backing vocals. Setelah melepas Lost Highway yang juga cukup sukses berhasil menempati posisi 1 tangga lagu album, dan memiliki genre yang cukup berbeda, dimana pada album tersebut Bon Jovi mencoba bermain di jalur country, tetapi dipoles dengan musik rock yang menjadi ciri khas Bon Jovi, namun pada album terakhirnya Full Circle, Bon Jovi kembali ke jalur semula, hard rock dan dibantu produser kenamaan yang setia pada setiap perilisan album Bon Jovi, John Shanks selain Jon Bon Jovi & Richie Sambora yang juga terlibat sebagai produser dan penulisan lagu, Desmond Child juga membantu dalam penulisan lagu pada album ini.

Meski sudah malang melintang hampir 3 dekade, The Circle yang disajikan ini tidak terlalu menjelimet dan segarang pada masa-masa awal karir mereka. Selain tema tentang cinta, politik juga masuk kedalam album ini. Ya sebut saja “We Weren’t Born To Follow” yang menjadi single pembuka, selain politik, berita juga menjadi tema pada track ini. Disajikan dengan tempo upbeat menjadi sekaligus menjadi single yang tepat. Berlanjut pada “When We Were Beautiful” dimana pada intro gitarnya yang terdengar elektrik sangat menarik. Sedikit kembali ke masa klasik Bon Jovi, dimana pada track “Work for the Working Man” intro dan sebagian lagunya mengingatkan pada “You Give Love a Bad Name”, dan suara keyboard menjadi penutupnya menjadikan track ini sayang untuk dilewatkan. Melalui “Superman Tonight”, meski sedikit down tempo pada awalnya dan terksesan ballad, tetapi pada menit pertama masuk menjadi up-tempo juga tidak mengecewakan.

“Bullet” yang selain pada intro gitarnya terdengar garang dan heavy, namun pada dua menit pertama alunan suara perkusi mengiringi lagu ini membuat “Bullet” terdengar earcatching dan tidak terasa berat. Berlanjut pada “Thorn In My Side” yang masih mengandalkan high-tempo, lalu pada ballad track “Live Before You Die” langsung menjadi favourite saya, dimana pada liriknya mengajak kita untuk hidup sebaik-baiknya selagi masih ada kesempatan. “Brokenpromiseland”, “Love’s the Only Rule” serta “Happy Now.” meski masih mengandalkan up-beat tempo juga tidak mengecewakan masih asyik untuk dinikmati, meski cenderung sedikit membosankan. “Fast Cars” sedikit memberikan nuansa yang berbeda dari beberapa track yang sudah ada, meski pada menit awal terdengar lambat, namun pada menit berikutnya terdengar sedikit heavy, dan ditutup dengan “Learn to Love” yang memberikan nuansa yang berbeda dari track secara keseluruhan, menjadi track penutup yang tepat dan tidak mengecewakan.

Terdengar tua atau tidak untuk The Circle ini? Saya tidak menjumpai hal tersebut. Memang mungkin pada awalnya untuk pendengar pemula, menikmati album kesebelas milik Bon Jovi ini terasa sulit, namun tidak membutuhkan waktu yang lama. Aransemen yang disajikan album ini tidak menjelimet dan terasa segar, meski pada beberapa lagu sedikit memliki persamaan tempo,tetapi memiliki tema yang berbeda. Walaupun para personilnya sudah tidak muda lagi, vokalis utamanya Jon Bon Jovi teredengar tidak jauh berbeda seperti awal-awalnya, sangat ciri khas dan enerjik, demikian pula permainan “dewa” gitar Richie Sambora pada setiap lagu di album ini sangat mengesankan dan sedap untuk dinikmati. So, untuk penggemar rock yang melewati album ini? Rugi banget kalian!!
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “We Weren’t Born to Follow” Jon Bon Jovi, Richie Sambora
2. “When We Were Beautiful” Bon Jovi, Sambora, Billy Falcon
3. “Work for the Working Man” Bon Jovi, Sambora, Darrell Brown
4. “Superman Tonight”Bon Jovi, Sambora, Falcon
5. “Bullet” Bon Jovi, Sambora
6. “Thorn In My Side” Bon Jovi, Sambora
7. “Live Before You Die” Bon Jovi, Sambora
8. “Brokenpromiseland” Bon Jovi, Sambora, John Shanks, Desmond Child
9. “Love’s the Only Rule” Bon Jovi, Sambora, Falcon
10. “Fast Cars” Bon Jovi, Sambora, Child
11. “Happy Now” Bon Jovi, Sambora, Child
12. “Learn to Love” Bon Jovi, Sambora, Child

Related posts

Leave a Reply