Trending News

Blog Post

Album of the Day: Enrique Iglesias – Euphoria
Album of The Day

Album of the Day: Enrique Iglesias – Euphoria 

1. Euphoria (Yunani “eu- pherein”) = perasaan kebahagiaan yang besar. Ide kebahagiaan besar yang dikemukaan Enrique Iglesias punya di album “Euphoria” adalah untuk pertama kalinya penyanyi kelahiran Spanyol 35 tahun lalu ini menampilkan lagu-lagu dalam dua bahasa, Inggris dan Spanyol di satu album. ‘Cuando Me Enamoro’ sebagai single pertama menampilkan vokalis tamu Juan Luis Guerra mewakilkan eksotisme irama Latin, sedangkan ‘I Like It’ dengan rap dari Pitbull merupakan today’s sound of electropop.

2. Enrique mencoba menyeimbangkan porsi yang ia sajikan untuk topik dua bahasanya tadi. Termasuk setiap kali merilis single dalam Bahasa Inggris akan diikuti dengan perilisan single Bahasa Spanyol. Begitu juga sebaliknya. Maka dirilislah ‘Heartbeat’ sebagai single ketiga. Di lagu ini, Enrique mengajak serta Nicole Scherzinger untuk nyanyi bareng. Hasilnya adalah paduan house music yang up beat dengan vokal maskulin dan feminin abis. ‘No Me Digas Que No’ bareng Wisin & Yandel adalah single berikutnya. Paduan dance music dengan traditional music yang super asyik. Akordeonnya juara!

3. Banyak kerjasama yang Enrique lakukan di album ini. Seperti di atas, sudah ada Pitbull, Juan Luis Guerra, Nicole Scherzinger, juga Wisin & Yandel. Masih banyak lagi kolaborasi yang tersedia. Kayak barengan Akon di lagu ‘One Day At A Time’ yang mengusung sound reggae. Ada juga Usher di lagu ‘Dirty Dancer’. Cukup menarik, bagaimana mereka mempertahankan ciri masing-masing yang Latin dan R&B banget ke dalam satu lagu dance dengan chorus yang dinyanyikan bergantian.

4. Enrique menulis sebagian besar lagu di album ini bersama penulis lagu tenar lainnya kayak RedOne, EvanBogart, Jamie Scott, sampai Descember Bueno. Untuk produser album ini, RedOne mengolah lagu-lagu berbahasa Inggrisnya dan Descember Bueno giliran yang berbahasa Spanyol.

5. Sound yang cukup unik adalah di lagu ‘Why Not Me’ terkesan sangat oriental sementara di ‘Ayer’ sangat Ryan Tedder (ini terdengar dari drum beat dari awal lagu plus synth di chorusnya, meskipun suara organnya minim). Trus, dari 14 lagu yang ada, ada penyebutan nama Enrique di intro empat buah lagu.

6. Euphoria = asyik buat asyik-asyikan. Enggak monoton, relevan untuk selera masa kini, dan yang paling penting adalah Enrique memberikan yang terbaik darinya! “So I want to make sure it’s the very best I can give fans”
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “I Like It” (featuring Pitbull) Enrique Iglesias, Nadir Khayat, Lionel Richie, Armando Pérez 3:52
2. “One Day at a Time” (featuring Akon) Akon, Iglesias, Nadir Khayat, Frankie Storm 4:01
3. “Heartbeat” (featuring Nicole Scherzinger) Iglesias, Mark Taylor & Jamie Scott 4:17
4. “Dirty Dancer” (featuring Usher) Evan Bogart, Iglesias, Nadir Khayat, Nuri, Quinones 3:39
5. “Why Not Me?” 3:36
6. “No Me Digas Que No” (featuring Wisin & Yandel) Iglesias, Descemer Bueno, Juan Morena Luna, Llandel Veguilla Malavé, Ernesto Padilla & Victor Martinez 4:28
7. “Ayer” Descember Bueno, Iglesias 3:33
8. “Cuando Me Enamoro” (featuring Juan Luis Guerra) Iglesias, Descember Bueno 3:21
9. “Dile Que” Iglesias, Soronkin 3:42
10. “Tú y Yo” Iglesias, Syntek 4:01
11. “Heartbreaker” RedOne 4:05
12. “Coming Home” 4:00
13. “Everything’s Gonna Be Alright” 3:48
14. “No Me Digas Que No” Bueno, Iglesias 4:07

Related posts

Leave a Reply