Trending News

Blog Post

Album of The Day: Scissor Sisters – Night Work
Album of The Day

Album of The Day: Scissor Sisters – Night Work 

PhotobucketScissor Sister (SS) kembali lagi dengan album ketiganya ‘Night Work’. Kali ini SS menggandeng Stuart Price yang pernah menangani album ‘Confession On A Dance Floor’-nya Madonna. Sempat terbersit kabar kalau roh dari SS, Jake Shears mengungkapkan jika mereka tidak merasa sreg dengan materi yang mereka kerjakan untuk album ketiga ini berarti SS memang harus bubar. Materi yang telah dikerjakan selama 18 bulan akhirnya hanya menempati ambalan saja. Setelah fase pendinginan lewat mengeram dan bersantai di Berlin selama beberapa bulan, ujungnya Shears berhasil menemukan jiwa untuk album ketiga ini. Dan ungkapan Shears tentang pembubaran SS urung menjadi kenyataan dengan dirilisnya album ‘Night Work’.

Sebagian besar lagu di album ini ditulis oleh kolaborasi antara Jason Sellards alias Jake Shears dan Scott Hoffman alias Babydaddy meski mereka juga dibantu oleh Ana Lynch alias Ana Matronic, Derek Gruen alias Del Marquis juga sang produser Stuart Price.

Entitas ‘Night Work’ terasa sekali bagai marathon disco. Dari satu komposisi ke komposisi berikutnya pendengar seakan dibawa pada petualangan musikal retro disco ala 80-an, tentunya dengan beberapa lapis dengaran.

Diawali dengan ‘Night Work’ yang didominasi dengan solo gitar dilatari electronic drum begitu pekat dengan nuansa glam rock. Sementara ‘Whole New Way’ yang mengisahkan tentang pencarian posisi berhubungan seksual baru, dengan tempo sedang lebih terasa bagai komposisi yang santai dalam balutan electro. Dalam komposisi ini vokal ala falsetto Shears lebih bernuansa robotik. Rumusan seperti ini juga diaplikasikan pada ‘Something Like This’. Pada potongan awal dari bagian bridge ‘Something Like This’, SS memasukkan potongan lagu Radioactivity dari Kraftwerk. Sementara pada ‘Running Out’ terasa sedikit lebih meriah dengan tempo yang lebih cepat. Bagian intronya mengingatkan pada She Sells Sanctuary yang dipopulerkan The Cult.
Single perdana ‘Fire With Fire’ memang terasa kupinggenic. Interpretasi vokal Shears pun lebih ngepop dibandingkan dengan ‘Whole New Way’.

Track keempat di album ini, ‘Any Which Way’, menggabungkan permainan two-note bassline, dengan disco string stabs dan detak electro. Interpretasi vokal Shears dalam lagu ini diimbuhi dengan narasi mendesah Ana Matronic pada bagian bridge. Sebuah model interpretasi terhadap musik 80-an. Entah mengapa saya menjadi teringat pada salah satu lagu almarhum Jacko yang saya sendiri lupa judulnya.
Salah satu kekuatan Shears adalah mengangkat tema seksualitas dalam liriknya seperti ‘Harder You Get’ menuturkan tentang petualangan seks semalam. Setelah didominasi oleh vokal Shears, pada ‘Skin This Cat’ interpretasi solo vokal Ana Matronic dirancang sangatlah sensual sementara musiknya sendiri terasa lebih sederhana. ‘Skin Tight’ sendiri dengan permainan synthesizer menawarkan rayuan seksual menggoda yang buat saya agak gombal. Tapi aransemen ‘Skin Tight’ yang kupinggenic dan mengundang untuk bergoyang dapat dipastikan mampu menjadi club anthem yang fashionable. ‘Sex And Violence’ menawarkan nuansa dengaran yang lebih kontemporer di telinga. Liriknya sendiri menuturkan tentang terjun ke dalam arena seks sadomasochist. ‘Night Life’ yang lebih ngepop terasa menarik pada bagian chorus dengan vokal Shears dan Matronic yang bersahut-sahutan. Lagu ini menjadi salah satu yang paling favorit karena keriangannya yang magnetik. Mungkin juga karena mengingatkan kenangan akan Tears For Fears meski berbeda aliran.

‘Invisible Light’ dengan eksplorasi dalam semangat bermain-main, yang merupakan tembang favorit saya, sebagai penutup menjadi meterai yang menegaskan sayang jika album ini dilewatkan dari catalog koleksi Anda. Karena album ini sudah pasti akan mengangkat suasana hati kita saat mendengarkannya.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Official Website Scissor Sisters
Music Video Fire With Fire

Track list
1. “Night Work”
2. “Whole New Way”
3. “Fire With Fire”
4. “Any Which Way”
5. “Harder You Get”
6. “Running Out”
7. “Something Like This”
8. “Skin This Cat”
9. “Skin Tight”
10. “Sex And Violence”
11. “Night Life”
12. “Invisible Light”

ps.Album ini sudah direlease oleh Universal Music Indonesia!

Related posts

Leave a Reply