Trending News

Blog Post

Top 10 World Cup Songs 2010
Single of The Day

Top 10 World Cup Songs 2010 

Piala Dunia selalu memiliki daya tarik yang luar biasa. Tidak hanya di kalangan pecinta sepakbola aja, karena banyak juga orang-orang yang ikut serta dalam gegap gempita salah satu pesta olahraga terbesar di dunia itu. Untuk mengiringinya, dibuatlah lagu-lagu yang bertemakan sepakbola. Sejak awal tahun kita sudah disuguhi musik-musik bertema sepakbola ataupun Africa. Nah, salah satu blog musik berbahsa Inggris membuat daftar 10 lagu Piala Dunia 2010 Terbaik.

Photobucket1. K’Naan – “Wavin’ Flag”
Yang ngaku enggak pernah dengar lagu ini bohong. Karena lagu ini sudah heboh wara-wiri di televisi nasional maupun radio sejak awal tahun lalu. Padahal sebenarnya lagu ini pertama kali rilis itu di bulan Maret 2009 dari album Trubadour miliknya K’Naan. Yang kamu biasa dengar itu adalah versi Celebration Mix yang dibuat oleh Coca Cola dalam rangka mensponsori Piala Dunia. Ada juga versi duet bareng David Bisbal dan will.i.am bersama David Guetta juga sudah me-remix lagu ini. Di Indonesia sendiri, vokalis rock Ipang juga merekamnya dalam Bahasa Indonesia dengan kolaborasi bareng K’Naan tentunya.

Photobucket2. Shakira with Freshlyground – “Waka Waka (This Time for Africa)”
Ini lagu resmi untuk Piala Dunia 2010 dan mengiringi setiap iklan di televisi yang menayangkan jadwal pertandingan atau apapun yang berkaitan dengan Piala Dunia. Waka Waka ini adalah ide brilian yang menggabungkan gaya Latin Shakira dengan musik Afrika milik Freshlyground. Lagu ini juga mengambil sampel lagu berjudul Zangalewa dari tahun 1986 milik grup the Cameroonian band Golden Sounds.

Photobucket3. Shout for England featuring Dizzee Rascal and James Corden – “Shout”
Masih ingat di tahun 1998 saat beberapa artis kenamaan Inggris (termasuk Spice Girls) berkumpul untuk menyanyikan sebuah lagu berjudul How Does It Feel To Be On Top Of The World sebagai wujud dukungan penuh bagi tim Inggris yang berlaga di Piala Dunia Perancis kala itu? Ini kejadian lagi. Kali ini Simon Cowell yang punya tingkah mengumpulkan hip hop star Dizzee Rascal dan aktor komik James Corden untuk menampilkan anthem Shout yang aslinya milik Tears For Fears. Hasilnya? Juara di UK Singles Chart dunks!

Photobucket4. Weezer – “Represent”
Berhubung sang vokalis, Rivers Cuomo demen sekali dengan yang namanya sepakbola, maka Weezer dengan cerdasnya merilis lagu ini. Mumpun musimnya juga mendukung dan mereka butuh bukti sokongan bagi tim Amerika Serikat di Afrika Selatan, jadilah lagu ini yang bisa didapatkan secara gratis di iTunes dalam sepekan perilisannya.

Photobucket5. R. Kelly – “Sign Of a Victory”
Sebagai anthem resmi, haruslah lagu ini ikutan membahana sembari perhelatan akbar olahraganya berlangsung. Lagu ini ditampilkan R Kelly saat konser kickoff sehari sebelum pembukaan Piala Dunia dan diharapkan ditampilkan lagi di acara penutupan Juli mendatang. Disini R.Kelly tampil bareng Soweto Spiritual Singers.

Photobucket6. The Squad – “3 Lions 2010”
The Squad adalah gabungan dari nama-nama Robbie Williams, Russell Brand, Baddiel, Skinner, dan Ian Broudie. Mereka merilis ulang single tahun 1996 berjudul Three Lions ini. Kala itu lagu ini adalah dukungan bagi Tim Inggris di Piala Eropa. 2 tahun kemudian, lagunya dirilis ulang untuk mendukung tim Inggris di Piala Dunia. Dan untuk ketiga kalinya, Three Lions mengiringi tim Inggris dalam laga sepakbolanya.

Photobucket7. Kelly Rowland featuring Rhythm of Africa United – “Everywhere You Go”
MTN Group, operator telekom terbesar d Afrika enggak mau ketinggalan dalam demam sepakbola. Mereka memilih Kelly Rowland untuk memimpin tim yang terdiri dari artis-artis dari Afrika untuk membawakan lagu Everywhere We Go ini sebagai bentuk semangat sepakbola!

Photobucket8. Akon featuring Keri Hilson – “Oh Africa”
Asal muasal lagu ini adalah proyek amal milik Akon untuk membantu anak-anak di Afrika lewat Yayasan Konfidence. Namun kemudian Pepsi memilihnya untuk anthem mereka di Piala Dunia tahun ini. Selain itu, lagu ini juga muncul sebagai bonus track di beberapa edisi album resmi Piala Dunia 2010 Listen Up!

Photobucket9. Pitbull, TKZee and Dario G – “Game On”
Semangat sepakbola juga menginspirasi rapper dengan aliran musik khusus clubbing, Pitbull untuk membuat satu lagu bertema sepakbola. Lagu ini menampilkan 3 artis dari 3 benua, Pitbull dari Amerika, TKZee dari Afrika, dan Dario G dari Eropa. Serunya, lagu ajeb-ajeb ini dijadikan sebagai lagu resmi maskotnya Piala Dunia 2010.

Photobucket10. Till Bronner with Hugh Masekela and Livingston – “Win the World”
Dua peniup terompet dan sebuah band rock nyatu jadi satu di lagu Win The World. Performer di lagu ini juga enggak kalah luar biasanya dari yang lain, karena Till Bronner itu asalnya dari Jerman, Hugh Masekela itu asalnya dari Amerika Serikat, dan Livingstonnya dari Inggris. Lagunya terpusat pada satu kata ‘thando’ yang artinya ‘cinta’ dalam bahasa Zulu.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)
compiled by Bill Lamb.

Related posts

Leave a Reply