Trending News

Blog Post

Album of The Day: Sons of Sylvia – Revelation
Album of The Day

Album of The Day: Sons of Sylvia – Revelation 

PhotobucketSons of Sylvia merupakan trio band yang terdiri dari Clark besaudara yaitu Adam (gitar, mandolin), Ashley (vokalis utama, biola, mandolin, gitar) dan Austin (vokal latar, gitar resonator). Sebelum membentuk Sons of Sylvia, ketiga bersaudara ini bersama dengan anggota keluarga yang lain, Andrew, Aaron serta Alan, telah membentuk band ‘The Clark Family Experience’ pada akhir dekade 90-an. Band awal tersebut harus bubar pada tahun 2002 akibat bangkrut.

Awalnya trio Adam, Ashley dan Austin mengikuti ajang The Next Great American Band on Fox di tahun 2007 dengan nama The Clark Brothers. Mereka sukses memenangkan ajang tersebut. Tetapi dalam perjalanan selanjutnya mereka memutuskan untuk merubah nama menjadi ‘Sons of Sylvia’ pada Oktober 2009. Sukses awal itu membawa mereka pada ajakan Carrie Underwood untuk berkolaborasi dalam album ketiganya, ‘Play On’, pada lagu ‘What Can I Say’. Setelah berganti perusahaan rekaman, akhirnya album perdana Sons of Sylvia dirilis pada penghujung April lalu. Setelah kesuksesan kolaborasi untuk album Carrie, Sons of Sylvia kemudian juga dijadwalkan untuk menjadi band pembuka dalam serangkaian tur Carrie ‘Play On Tour’ tahun ini.

Revelation merupakan album berisi 10 track yang kental dengan nuansa rock, pop dan country. Single perdana mereka ‘Love Left to Love’ yang kita saksikan di result show American Idol merupakan nuansa musik yang bisa dikategorikan mewakili bagaimana konsep album ini. Sebenarnya yang memikat saya adalah vokal Ashley yang bertenaga dan bernuansa rock alternatif yang dikawinkan dengan alunan gitar, mandolin, serta atau biola yang bergaya country. Memang bukanlah suatu rumusan atau resep yang baru yang ditawarkan oleh Sons of Sylvia. Setidaknya bagi mereka yang bukan penikmat musik country, musik Sons of Sylvia ini bisa menjadi alternatif dengaran baru.

Memang cukup banyak yang berpendapat kesepuluh lagu ini terasa mirip satu dengan yang lainnya. Tapi singkirkan semua asumsi itu. Dengarkan Sons of Sylvia tanpa beban dan nikmati saja musik mereka. Sebagai pembuka sebuah balada berjudul ‘John Wayne’ dengan solo biola dan mandolin di bagian bridge yang akan membelai telinga kita. Di lagu ini lengkingan Ashley yang meliuk mengingatkan pada Adam Lambert. Dilanjutkan dengan ‘Love Left to Love’ yang dinamis dan kupinggenic. Track ketiga adalah ‘Revelation’ yang juga menjadi judul album ini memiliki tempo sedang. Nuansa alurnya kemudian berubah pada ’50 Ways’ yang mendapat sentuhan electro sehingga nuansa rocknya terasa lebih kental. Sentuhan electro ini juga diberikan pada ‘Ghost Town’. ‘Song of Solomon’ yang berkisah tentang kekuatan cinta dipadukan dengan orkestrasi menjadikan lagu ini terkesan megah. Berlanjut dengan ‘Give Me Love’ yang ringan tetapi catchy terutama pada bagian chorus-nya yang belarian pada nada-nada tinggi. Pada ‘Long Beach’ yang bercerita tentang keterlambatan, aroma melankolisnya sangat kental sehingga lagu ini terkesan meratap. Sementara ‘I’ll Know You’ terasa begitu fashionably pop rock dengan sedikit bumbu country. Sebagai penutup Sons of Sylvia mengangkat ‘The War Within’ yang didominasi dengan solo gitar listrik pada bagian intronya. Lagu yang berkisah tentang narsisme ini kemudian berbalik menjadi begitu megah dengan orkestrasi. Sedikit mengingatkan pada 30 Second To Mars tapi diberi bumbu country. Secara keseluruhan album ini cukup layak untuk dimasukkan dalam koleksi kalian.
Official Websitenya
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track list:
1. John Wayne
2. Love Left to Lose
3. Revelation
4. 50 Ways
5. Song of Solomon
6. Give Me Love
7. Ghost Town
8. Long Beach
9. I’ll Know You
10. The War Within

Related posts

Leave a Reply