Trending News

Blog Post

December Artist of The Month: Bon Jovi
Artist of The Month

December Artist of The Month: Bon Jovi 

Photobucket

Bagaimana sebuah band yang sejak tahun 80’an eksis hingga hari ini memulai perjalanannya? Bukanlah sesuatu yang mudah pasti. Di tahun 1982, saat Jon Bon Jovi bertemu dengan David Bryan dan memulai perjalanan bermusik mereka. Itulah langkah awal sebagai cikal bakal perwujudan konsep bermusik band rock Amerika ini. Sebagai sebuah band yang berawal di New Jersey, akan memudahkan akses mempereksis diri jika mereka hijrah, ke Manhattan misalnya. Semua proyek musik mereka lakukan demi kelancaran proses memperkenalkan diri ke publik, seraya merekrut pemain-pemain musik sebagai personel. Satu demi satu nama ikut berkontribusi untuk Bon Jovi, tapi yang kemudian yang dilibatkan sebagai member adalah Tico Torres, Alec John Such, dan Richie Sambora. Dari demo yang satu ke demo yang berikutnya, dari satu panggung ke panggung berikutnya, mereka enggak gampang menyerah. Dan menang, tidak lama dari situ, Bon Jovi mampu menghasilkan sebuah single berjudul ‘Runaway’ yang diputar di radio kota New York. Isn’t it amazing? Kemudian mereka dikontrak oleh Mercury Records dan tahun berikutnya merilis album debut “Bon Jovi”.

Sudah punya kontrak rekaman memang membuat lega. Kepiawaian Jon Bon Jovi dan kawan-kawan dalam menciptakan musik luar biasa. Mereka sangat produktif dan dalam selang waktu setahun sudah merilis album kedua “7800° Fahrenheit”. Tapi hentakan terbesar mereka adalah di tahun 1985 saat merilis album “Slippery When Wet”. Dari sinilah lahir hits ‘You Give Love A Bad Name’, kemudian ‘Livin On A Prayer’, dan juga ‘Wanted Dead Or Alive’. Duo Jon dan Richie dalam menciptakan lagu juga semakin berjaya seiring dengan semakin banyaknya hit yang tercipta. Angka yang tercatat sebagai penjualan album mereka juga luar biasa. “Slippery When Wet” ini berhasil terjual sebanyak 28 juta kopi di seluruh dunia, menyusul album-album berikutnya “New Jersey”, “Keep The Faith”, dan “These Days” yang masing-masing terjual di atas angka 10juta kopi worldwide! WOW!

Agaknya kesuksesan yang ada pada band ini menantang Jon untuk gambling dalam percobaam solo. Di tahun 1990 dia berkontribusi untuk film “Young Guns II” yang menghasilkan nominasi di ajang Grammy dan juga Academy Awards, sesuatu yang belum diraihnya bersama band-nya. Richie Sambora pun ikutan solo. Dirinya merilis album di tahun 1991. Album keduanya berada di label yang sama dengan band-nya, yaitu Mercury Records. Syukurnya ini enggak membuat perpecahan dalam tubuh Bon Jovi. Meskipun Alec John Such hengkang, they’re stronger than ever. Album “Crush” di tahun 2000 justru memperluas kalangan penggemar mereka. Menciduk kalangan remaja dengan sound sehubungan dengan sound yang diperkenalkan begitu young and fresh! Siapa yang enggak tau ‘It’s My life’ dan ‘Thank You For Loving Me’? Kedua hit single ini berasal dari album tersebut. Dan dalam rentang karir di dekade ketiga mereka, band ini enggak kehilangan sense untuk tetap matching dengan pasar. “Bounce” yang dirilis di tahun 2002 terjual sebanyak 6juta kopi di seluruh dunia, tapi adalah “Have A Nice Day” yang lebih menghentak. Album ini tercatat sebagai album nomor 1 di 7 negara dan terjual sebanyak 7 juta kopi. Musik merekapun sempat mengarah ke country di album “Lost Highway”, dan karya termutakhir “The Circle” dirilis tahun lalu berhasil debut di posisi 1 Billboard 200 albums.

Prestasi mereka mencakup perolehan penghargaan dan nominasi untuk American Music Awards, People’s Choice Awards, MTV Video Music Awards, World Music Awards, BRIT Awards, MTV Europe Music Awards, VH1 Music Awards, Grammy Awards, CMT Music Awards, dan Academy Of Country Music Awards. Mengoleksi 10 album nomor 1 worldwide, 28 single Top 10 dengan 8 di antaranya nomor 1. Tercatat mengadakan 2.600 konser di 50 negara, dan dinobatkan dalam UK Music Hall Of Fame di tahun 2006. Tidak ada kata lain selain LUAR BIASA!

Perjalanan musik ini yang bisa dinikmati dalam album kompilasi “Greatest Hits” yang dirilis oleh Universal Music Indonesia. Kita diperdengarkan pada playlist musik terbaik dari band legendaris Bon Jovi. Mendengarkan album ini tidak hanya bernostalgia dengan kenangan yang kiranya terjadi saat lagu-lagunya ngetop, tapi juga menyimak apa yang pernah dilewati Bon Jovi selama ini. Cukup berkesan untuk mengumpulkan memori band yang mengumpulkan angka penjualan sebanyak 130juta kopi di seluruh dunia ini! Jangan sampe lewatkan karya musik Jon & Richie yang dinobatkan dalam Songwriters Hall of Fame di tahun 2009 lalu, bersama teman-temannya dalam koleksi “Greatest Hits” Bon Jovi sebagai Creative Disc Artist Of The Month this December!

Untuk Review Album of The Month: Bon Jovi – Greatest Hits click disini

Untuk ikutan Quiz yang berhadiah 25CD Bon Jovi “Greatest Hits” click disini

Official Website Bon Jovi

(Intro By: Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Discography:
Studio albums
* Bon Jovi (1984)
* 7800° Fahrenheit (1985)
* Slippery When Wet (1986)
* New Jersey (1988)
* Keep the Faith (1992)
* These Days (1995)
* Crush (2000)
* Bounce (2002)
* Have a Nice Day (2005)
* Lost Highway (2007)
* The Circle (2009)

Compilation albums
* Cross Road: Greatest Hits (1994)
* Tokyo Road: Best of Bon Jovi (2001)
* This Left Feels Right (2003)
* Greatest Hits (2010)

Live albums
* One Wild Night Live 1985–2001 (2001)

Box Sets
* 100,000,000 Bon Jovi Fans Can’t Be Wrong

Related posts

Leave a Reply