Trending News

Blog Post

Album of The Day: Seal – Commitment
Album of The Day

Album of The Day: Seal – Commitment 

Image and video hosting by TinyPicBeruntunglah Seal sebagai musisi kulit hitam yang tumbuh besar di Inggris, musiknya yang lebih berakar dalam musik pop dan dance tak pernah membuatnya dikritik sebagai musisi yang kehilangan akarnya. Mungkin akan berbeda halnya dengan jika ia dilahirkan di Amerika Serikat. Akhir September lalu Seal kembali meluncurkan album studionya yang ketujuh, “Commitment” dengan menggandeng kembali David Foster.

Tak heran jika dalam album ini Seal terdengar lebih dewasa, lebih ngepop. Rasanya lebih baik bagi karir bermusik Seal sendiri. Memang sudah bukan saatnya lagi bagi Seal untuk kembali ke akar musik dance yang telah membesarkan namanya di Inggris. Setelah kegagalan album ’System’ terganti dengan sukses besar ’Soul’, Seal nampaknya mulai menyadari posisi dirinya dalam musik. Album ini mengandung 11 lagu yang hampir sebagian besar ditulis oleh Seal berduet dengan Gus Isidore.

Dalam menulis tentang berbagai hal yang yang berdampak emosi terhadap orang lain, kadang kau harus menggali di beberapa tempat, menggali kotoran emosi. Aku menulis berdasarkan pengalaman masa laluku yang tidak terlalu berarti lagi bagiku di masa kini. Tetapi pengalaman masa lalu itu membuatku menjadi diriku yang sekarang ini. Jadi kisah-kisah dalam lagu itu merupakan bagian dalam hidupku.Seal

Seal sendiri menuturkan kalau album ini mengisahkan tentang tema komitmen yang saat ini terus menerus muncul. Seperti halnya komitmen akan cinta yang telah 7 tahun diarunginya bersama dengan supermodel, Heidi Klum. Juga komitmen dalam pekerjaannya, termasuk orang-orang yang berkolaborasi dengan dirinya. Kisah di album ini bercerita mulai dari persoalan jalinan cinta hingga pengorbanan dalam mengatasi berbagai masalah.

Musik dalam ’Commitment’ lebih bernuansa orkestrasi dan big band. Jadi tak heran jika sebagian besar lagu-lagu di album ini memiliki beragam tempo. Di album ini meski penuh dengan bobot emosi, musik Seal justru terdengar santai dan riang.

Dibuka dengan ‘If I’m Any Closer’ yang terkesan riang, Seal kemudian membawa kita menikmati ‘Weight of My Mistakes’ sebuah tembang bertempo cepat dengan lirik yang kontemplatif dan menyentuh.

The weight of my mistakes depends on how I feel
Don’t let it bring you down
The weight of what I said depends on how you feel
But I don’t wanna bring you down down down

Kemudian pengalaman musikal berlanjut dengan ‘Silence’, sebuah tembang balada yang akan membuat kita merinding mendengarkan penghayatan seorang vokalis seperti Seal dipadukan dengan musik yang indah. Sedikit mengingatkan pada ’Kiss from A Rose’.

Sementara tembang berikutnya ‘Best of Me’ lebih terasa jazzy dan kontemporer. Lewat ‘All for Love’ kita akan mendengarkan kemampuan Seal membawakan tembang dengan nada-nada yang tinggi dan napas yang panjang. Dan rasanya vokal Seal yang serak-serak basah terdengar agak dipaksakan terutama bagian coda lagu.

Setelah terengah-engah dengan ’All for Love’, Seal mengajak kita bersantai lewat sebuah tembang manis yang didominasi dengan iringan denting piano, ’I Know What You Did’. Sebuah tembang melankolis yang terdengar sederhana namun memikat hingga langsung menjadi favorit saya.

Seal kemudian mengangkat mood kembali lewat ’The Way I Lie’ sebuah tembang bertempo sedang yang riang mengingatkan akan semarak musim panas, meski liriknya sendiri ironisnya bertutur tentang ketidakjujuran dalam sebuah hubungan.

Dilanjutkan dengan ’Secret’, tembang manis bernuansa akustik dimana interpretasi vokal Seal terdengar lebih santai dan bluesy. ’Secret’ merupakan lagu yang ditulis Seal terinspirasi oleh kehadiran anak sulungnya bersama Heidi, Lenni. Sementara “You Get Me” memberikan kesederhanaan dalam orkestrasi berbeda dengan ’Silence’ yang lebih riuh. Lewat ’Letting Go’ Seal kembali memberikan musik bernuansa akustik. Perjalanan musik Seal ditutup dengan sebuah tembang dalam balutan orkestra dengan sentuhan rock berjudul ’Big Time’.

Official Website Seal

(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track listing
No. Title Length
1. “If I’m Any Closer” (Seal, Gus Isidore) 3:29
2. “Weight of My Mistakes” (Seal, Gus Isidore, Marcus Brown, Mark Summerlin) 4:20
3. “Silence” (Seal, Gus Isidore) 4:11
4. “Best of Me” (Seal, Gus Isidore) 4:23
5. “All for Love” (Seal) 4:03
6. “I Know What You Did” (Seal, David Foster, Mark Summerlin) 3:37
7. “The Way I Lie” (Seal, Peter John Vettese, Gus Isidore, Marcus Brown) 4:34
8. “Secret” (Seal) 3:21
9. “You Get Me” (Teitur Lassen, Pam Sheyne) 4:27
10. “Letting Go” (Seal, Gus Isidore, Mark Summerlin) 3:58
11. “Big Time” (Seal, Gus Isidore) 4:04

Related posts

Leave a Reply