Trending News

Blog Post

Album of The Day: Shakira – The Sun Comes Out
Album of The Day

Album of The Day: Shakira – The Sun Comes Out 

Image and video hosting by TinyPicShakira seperti pulang kampung dalam menyajikan album terbarunya “The Sun Comes Out”. Maklum, album ini menyajikan musik yang Shakira perdengarkan ke umum sejak dirinya berkiprah untuk musik Latin. Penyanyi asal Columbia ini mengajak kita untuk mengenang musik rock yang pernah membuatnya terkenal dalam Bahasa Spanyol hingga berbaur dance floor music dalam Bahasa Inggris seperti dalam rekaman terakhirnya. Jadi kayak kompilasi musik, tapi dengan lagu-lagu baru.

Perjalanan dimulai dengan lagu rock tempo rendah ‘Sale El Sol’. Sedikit mengingatkan pada ‘Que Me Quedes Tu’ lah. ‘Sale El Sol’ adalah judul album ini dalam Bahasa Spanyol. Mungkin penggunaan judul dalam Bahasa Inggris untuk rilisan di Indonesia dengan niatan mempermudah pengucapan saja. Karena dalam album ini tidak tersedia lagu tersebut dalam Bahasa Inggris. Dengan ciri musik yang sama akan ditemui di lagu ‘Antes De Las Seis’ dan ‘Mariposas’. Sedangkan untuk rock yang lebih menghentak, boleh dicicipi ‘Tu Boca’.

Sebagai single andalan, ‘Loca’ pasti sudah sangat familiar di telinga kita semua. Lagu yang punya irama Hip Hop dengan sensualitas musik Latin ini adalah perpaduan yang yahud. Plus duet nge-rap dari Dizzee Rascal dan Shakira yang membuat Loca lebih rame. Sensualitas musik serupa bisa didengar di lagu ‘Addicted To You’. Lumayanlah untuk obat kangen akan musik ritmik seperti di ‘Whenever Wherever’ atau ‘La Tortura’. Tapi kalau kamu rasa racikannya masih kurang ber-electro, boleh didengar ‘Gordita’ yang menampilkan Residente, vokalis dari band asal Puerto Rico, Calle 13. Juga non-stop party hit ‘Rabiosa’ yang menampilkan raja pesta Pitbull.

Hit ‘Waka Waka’ ditampilkan dengan versi baru untuk album ini. I miss the fun and the energy of the song. Meskipun demikian, K-Mix untuk lagu piala dunia ini memang teraransemen sesuai musik rock yang Shakira anut. So it’s OK. Yang mengingatkan kembali pada musik enerjik di “She Wolf” ada pada ‘Devocion’ dan Islands’. Dari beberapa artikel yang aku temukan, lagu-lagu dalam album ini memiliki makna yang dalam. Perasaan-perasaan personal yang tertuang dalam lirik seperti optimisme, penyesalan, selain beberapa lagu yang memang terkonsep untuk dinikmati sambil bergoyang tentunya. Aku setuju kalau album ini menjual, meskipun tidak banyak yang bisa mengerti lagu-lagu dalam Bahasa Spanyolnya. Tapi tidak masalah selama masih bisa menikmati musik yang dihadirkan. Sebagai bonus, tiga lagu Bahasa Inggris; ‘Loca’, ‘Rabiosa’, dan ‘Waka Waka’ dihadirkan dalam Bahasa Spanyol. Isn’t it complete?

Official Website Shakira

Rate This Album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Sale el Sol” Luis Ochoa Luis Ochoa 3:21
2. “Loca” (English Version) (featuring Dizzee Rascal) Bello, Dylan Mills, Pérez El Cata, Pitbull 3:13
3. “Antes de las Seis” Lester Mendez Lester Mendez 2:56
4. “Gordita” (featuring Residente of Calle 13) Réne Pérez Calle 13 3:26
5. “Addicted to You” Bello, John Hill, Ochoa El Cata, John Hill, Luis Ochoa 2:28
6. “Lo Que Más” Albert Menéndez Lester Mendez, Albert Menéndez 2:29
7. “Mariposas” Menéndez Albert Menéndez 3:47
8. “Rabiosa” (English Version) (featuring Pitbull) Bello, Pérez El Cata, Pitbull, Jim Jonsin 2:52
9. “Devoción” Sam Endicott, Gustavo Cerati, Jorge Drexler, Hill John Hill 3:31
10. “Islands” Romy Madley Croft, Oliver Sim, Jamie Smith Lukas Burton 2:45
11. “Tu Boca” Tim Mitchell, Cerati, Menéndez, Drexler John Hill 3:27
12. “Waka Waka (This Time for Africa)” (K-Mix) Hill, Kojidie, Paul, Victor John Hill 3:07
Bonus Tracks:
13. “Loca” (Spanish Version) (featuring El Cata) Edward Bello, Armando Pérez El Cata, Pitbull 3:05
14. “Rabiosa” (Spanish Version) (featuring El Cata) Bello, Pérez El Cata, Pitbull, Jim Jonsin 2:52
15. “Waka Waka (Esto es África)” (K-Mix) Drexler, Hill, Emile Kojidie, Jean Paul Ze Belle, Eugene Victor Dooh Belly John Hill 3:07

Related posts

Leave a Reply