Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Big Fun
Time Tunnel

Time Tunnel: Big Fun 

Image and video hosting by TinyPicBig Fun dibentuk di tahun 1988 oleh Phil Creswick, Jason John dan Mark Gillespie meskipun sebelumnya mereka sudah tergabung dalam sebuah band yang bernama Seventh Avenue yang lumayan sukses dengan the Right Combination dan Love’s Gone Mad, sebuah lagu milik Harold Melvin & the Blue Notes tetapi disamping itu mereka ingin rekaman lagu milik mereka sendiri dan berharap bisa sukses di jalur musik pop dan akhirnya kesempatan itu datang setelah show Seventh Avenue di Skotlandia mereka deal dengan Jive Records yang sedang mencari trio Bananarama versi cowok. Setelah mendapatkan kontrak rekaman dengan Jive, Phil, Jason dan Mark segera mencari nama baru untuk grup mereka dan terpilihlah sebuah judul lagu yang pernah jadi hits oleh group techno dari Amerika di tahun 80an, Inner City yang berjudul Big Fun. Single paling awal mereka dirilis tahun 1989 dengan judul Living For Your Love tetapi sayangnya lagu tersebut tidak begitu sukses dan hanya sering diperdengarkan dalam club2 dance dan gagal masuk dalam Top 100. Hal inilah yang mengharuskan mereka untuk kembali berpikir dan mencari jalan lain untuk sukses.

Nama Stock Aitken Waterman tiba2 muncul karena mereka juga yang berhasil mengorbitkan karir Bananarama, yang juga sama2 artis Jive Records dan setelah tahun 1988, mereka sedang sibuk dengan berbagai artis yang harus mereka tangani, antara lain 2 nama besar Donna Summer dan Cliff Richard dan karena itu pula nama2 penyanyi baru seperti Big Fun bukanlah sebuah prioritas bagi mereka tetapi pada bulan Februari 1989, Big Fun mampir ke kantor Pete Waterman, PWL Studios untuk rekaman dengan team produksi kedua yaitu Phil Harding dan Ian Curnow dan hasilnya adalah mereka mengcover versionkan sebuah lagu milik Carole King, I Feel the Earth Move. Dan untuk mensupport perilisan single tersebut, Big Fun termasuk dalam tour Hitman Roadshow di UK bersama dengan artis2 UK yang lain termasuk Sonia yang juga sama2 berada di bawah label yang sama yaitu PWL. Tetapi setelah single tersebut sudah siap dilempar ke toko2 musik, tiba2 harus ditunda karena Martika, yang juga sedang menjadi idola Amerika saat itu merilis lagu dengan dengan judul yang sama di bulan Oktober 1989. Karena adanya hal tersebut kemudian Big Fun kembali ke studio dengan SAW untuk rekaman lagi dan mereka mengcover versionkan lagu lama milik the Jacksons yang berjudul Blame It On the Boogie. Single ini sukses menduduki peringkat ke 4 pada bulan Agustus 1989.

Dan ketika Blame It On the Boogie mulai merambah ke Eropa dan Asia, di bulan Oktober 1989 Big Fun untuk kedua kalinya juga ikut serta dalam rangkaian tour Hitman Roadshow di UK dengan Kylie Minogue sebagai main act nya. Setelah tour tersebut selesai, single baru mereka yang berjudul Can’t Shake the Feeling dirilis dan masih bernuansakan dancefloor hit seperti Blame It On the Boogie dan berhasil menjadi single kedua Big Fun yang masuk ke jajaran Top 10 Hit. Di tahun 1989 juga mereka ikut ambil bagian dalam single charity yang diproduseri oleh SAW juga, yaitu Band Aid II – Do They Know It’s Christmas bersama2 dengan artis2 PWL yang lain seperti Kylie Minogue, Jason Donovan, Bananarama, Cliff Richard, Sonia dll.

Di awal tahun 1990, rekaman untuk album pertama Big Fun masih terus berlanjut di studio PWL, mereka menyelesaikan 3 buah lagu bersama SAW, dua diantaranya adalah We’re In This Love Forever dan Handful of Promises yang akan menjadi single ke 3 mereka di bulan Maret. Selain bersama SAW, mereka juag reuni bersama duo Harding & Curnow untuk lagu Fight For the Right to Party dan sebuah lagu yang sedikit bernuansa latin yaitu Why Did You Break My Heart. Phil, Jason dan Mark juga menciptakan lagu mereka sendiri dalam album ini, yaitu Not That Kinda Guy dan Bring Your Love Back. Selain lagu lama milik the Jacksons, mereka juga mengcover versionkan sebuah lagu lama milik the Three Degrees yang berjudul the Heaven I Need. A Pocketful of Dreams, judul album mereka dirilis di akhir bulan April 1990 dan bersamaan waktunya dengan penampilan Big Fun di acara Royal Variety Performance dan juga tour Hitman Roadshow ketiga. Album tersebut berhasil menduduki UK Top 10 dan segera meraih predikat gold. Mereka juga berduet bersama Sonia dalam sebuah single charity Childline yang berjudul You’ve Got A Friend yang juga diciptakan oleh SAW. Lagu ini merupakan favorit saya terutama dengan intro saxophone dari Gary Barnacle, menjadikan lagu ini semakin enak didengar dengan tambahan suara khas Sonia yang agak berat sehingga sukses menjadi Top 20 Hit. Mereka juga merilis ualng lagu dengan judul yang sama tetapi yang kedua ini merupakan cover version milik Carole King dengan irama yang lebih upbeat. Kedua versi You’ve Got A Friend ini bisa didapatkan dalam CD Special Edition Big Fun yang dirilis di tahun 2010.

Single ke 4 yang dirilis dari album A Pocketful of Dreams pada bulan Juli 1990 adalah sebuah cover version lagi yang aslinya dinyanyikan oleh Eddie Holman di tahun 1974, yaitu Hey There Lonely Girl tetapi sayangnya kurang begitu sukses dan hanya berhasil menduduki posisi 62. Dengan mengantongi sebuah album hit dan angka penjualan lumayan, mereka berencana untuk mulai rekaman album kedua dan dengan manajemen yang baru. Big Fun travel ke New York dimana mereka rekaman untuk materi baru tetapi lagi2 nasib baik belom berpihak ke mereka dan dihadapkan dengan berbagai macam masalah, kesulitan kontrak dan kurangnya ide kreatif, mereka kehilangan kontrak dengan Jive kemudian setelah itu Jason juga memutuskan untuk keluar dari Big Fun sementara Phil dan Mark melanjutkan karir mereka sebagai duo dengan nama Big Fun II dan mendapatkan kontrak dengan US label Imago di tahun 1993. Big Fun II dengan hanya beranggotakan 2 orang ini merilis single Stomp, yang aslinya dinyanyikan oleh Brother Johnson di tahun 1980 tetapi lagi2 tidak menghasilkan kesuksesan sehingga akhirnya Phil dan Mark membubarkan diri.

Beberapa tahun belakangan, semua eks Big Fun mengembangkan karir mereka sendiri, Jason dengan kesibukannya di dunia manajemen artis sementara Phil dan Mark dalam bidang interior design. Meskipun demikian, Phil tetap melanjutkan kesibukannya dalam dunia musik dengan menulis lagu untuk penyanyi lain dan mendirikan Family Fantastic dengan salah satu member Erasure, Vince Clarke. Big Fun dijadwalkan akan muncul dalam sebuah acara di BBC3 setelah menempati posisi 13 untuk Blame It On the Boogie dalam sebuah polling tentang top 100 dance routines. Phil Creswick mengutarakan keinginannya untuk comeback dalam dunia musik, begitupun dengan Jason tetapi kecil kemungkinan bagi Mark karena dia sudah hidup mapan, demikian kata Phil kepada Yahoo! Music.

Bagi generasi muda jaman sekarang yang mungkin penasaran dengan karya2 Big Fun, telah dirilis ulang album mereka A Pocketful of Dreams Special Edition dibawah label Edsel di tahun 2010 ini dengan tambahan beberapa bonus tracks. Bagi mereka yang sudah mengenal Big Fun dan penggemar karya2 SAW, album ini wajib dikoleksi.

Album: A Pocketful of Dreams (1990)

Singles:
* 1989 – “Living for Your Love”;
* 1989 – “Blame It on the Boogie” (a remake of The Jacksons hit) (#4 UK, #15 Germany);
* 1989 – “Can’t Shake the Feeling” (#8 UK, #41 Germany, #47 France);
* 1990 – “Handful of Promises” (#21 UK);
* 1990 – “You’ve Got a Friend” – performed by Big Fun and Sonia featuring Gary Barnacle (#14 UK);
* 1990 – “Hey There Lonely Girl” (#62 UK);
* 1994 – “Stomp!” – as ‘Big Fun II’, without Jason Herbert (#12 on the US Hot Dance Club Play).

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply