Trending News

Blog Post

Album of The Day: Suede – The Best Of
Album of The Day

Album of The Day: Suede – The Best Of 

SuedeReleased by: Warner Music Indonesia

Era 90-an adalah era dimana Brit-music menginvasi pendengaran penikmat musik di dunia. Dengan istilah Brit-pop dan juga Brit-rock, era ini mengenalkan banyak nama-nama yang kemudian dikenal secara luas dan memiliki fanbase yang cukup fanatik. Suede adalah salah satu kumpulan yang namanya sempat bergaung dengan kencang dan cukup diperhitungkan. Berdiri di tahun 1989, band yang sekarang terdiri atas Brett Anderson (vokal), Mat Osman (bass), Simon Gilbert (drums), Richard Oakes (lead guitar) dan Neil Codling (keyboards, synthesizers, rhythm guitar), menelurkan karya pertamanya, sebuah album self titled ditahun 1993, sampai pada tahun 2002 melepas album terakhir mereka yang berjudul A New Morning (2002).

Perjalanan band ini memang kurung mulus, karena kemudian karena sesuatu dan lain hal membubarkan diri pada tahun 2003. Sungguh sayang memang, karena bisa dikatakan Suede adalah salah satu band yang dapat cukup diperhitungkan. Untunglah, setelah hiatus beberapa tahun para personelnya memutuskan untuk melakukan reuni dan sebagai pemanasan dirilislah album The Best of Suede ini. Sebagai album kumpulan hits, album ini tidak hanya mengkompilasikan hits demi hits yang terkenal saja, karena dengan mengandalkan dua keping cakram padat, maka Suede dapat lebih leluasa menampilkan juga lagu-lagu mereka yang kurang populer tapi dianggap cukup mewakili eksistensi Suede seutuhnya.

Sebenarnya Suede memang telah mengeluarkan kumpulan single hits mereka dalam album Singles (2003). Yang menjadi pembeda album The Best of  dengan Singles tentu saja adalah diversifikasi pemilihan lagu yang cukup luas juga struktur penempatannya disesuaikan dengan kronologis perjalanan karir Suede. Bukan berarti penempatan urutan tracknya berdasarkan tanggal perilisan menjadi singles, akan tetapi album dibagi dalam dua bagian, yaitu keping pertama berisi 18 singles yang dirilis secara luas dan keping kedua berisi 17 lagu yang tidak dilansir sebagai single namun berada dalam tiga album pertama dan juga track B-Sides dari single yang telah dirilis sebelumnya. Pembeda yang cukup signifikan lainnya adalah karena semua lagu yang ada di album ini mengalami proses remasterisasi untuk mendapatkan kualitas yang lebih maksimal.

Keping pertama tentu saja menampilkan banyak single yang sudah cukup akrab ditelinga kita. Bahkan beberapa judul bisa dikatakan sudah cukup fenomenal dan dianggap klasik seperti Beautiful Ones misalnya. Vokal Anderson yang cempreng dan melengking memang sangat signifikan dalam memberikan warna tersendiri pada musik Suede yang cukup tipikal untuk sebuah band Inggris. Mengandalkan distorsi gitar yang ringan, nada-nada yang melodius dan juga hook yang menawan. Menilik setiap single bisa kita rasakan pergeseran arah dan musikalitas dan juga vokal Suede. Mulai dari yang bergaya nge-rock seperti Metal Mickey sampai pada pseudo-pop seperti She’s In Fashion. Sayangnya, dari 21 singles yang telah dirilis oleh Suede, ada tiga yang tidak dimasukkan dalam album ini, yaitu Positivity, Attitude dan Let Go.

Sementara itu, keping kedua menampilkan lagu-lagu yang kurang awam ditelinga namun jika kita tilik berguna sebagai pendukung selera populer yang ditawarkan pada keping pertama. Bahkan jika dicermati banyak lagu yang bahkan tampil dengan sangat menarik yang mungkin dengan pertimbangan komersil tidak dilepas kepasar. Beberapa judul yang dapat dianggap sebagai highlight di keping kedua adalah My Insatiable One, The Nest Life atau The Living Dead. Pada umumnya lagu-lagu yang diletakkan di keping kedua berasal dari tiga album pertama mereka, yaitu Suede (1993), Dog Man Star (1994) dan Coming Up (1996). Suatu pilihan yang cukup wajar karena Coming Up adalah album pertama yang benar-benar meledakkan nama mereka ketingkat popularitas secara global sehingga muncul tekanan di album selanjutnya untuk memberikan sesuatu yang lebih “menjual”. Oleh karenya mungkin Anderson dan kawan-kawan merasa bahwa materi-materi yang berada dalam tiga album pertama inilah yang lebih mewakili musikalitas mereka.

Tentu saja dengan lima buah album dalam discography mereka mungkin tidak akan dapat memuaskan banyak pihak, karena bisa saja ada beberapa lagu yang dianggap kuat oleh fans namun tidak dimasukkan dalam kompilasi ini. Akan tetapi pastilah Suede memiliki banyak pertimbangan untuk memilih lagu-lagu apa saja yang deretkan kedalam album The Best mereka ini. Bagaimanapun subjektifitas berperan disini, sehingga rasanya tidak patut untuk kita perdebatkan lagi.

Satu yang pasti, album The Best of Suede ini adalah album yang istimewa. Dengan total 35 track, pastilah akan sangat memuaskan, tidak hanya bagi para pendengar namun juga oleh kuping-kuping newbie yang ingin mengetahui sejarah musikalitas Suede. Jika ingin membicarakan dan menganalisa track-per-track tentu saja akan menghabiskan banyak waktu akan tetapi untuk mempersingkat kata, ini adalah sebuah album jaminan mutu dengan materi yang memuaskan. Sebuah penanda bagi sebuah aspek historis sebuah band yang mungkin bukan band terbaik saat ini akan tetapi jelas memiliki repertoire yang sangat impresif. Ditunggu gebrakan selanjutnya dari Suede.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Rate This Album: [ratings]

TRACK LIST
Disc One
01. “Animal Nitrate” 3:28
02. “Beautiful Ones” 3:50
03. “Trash” 4:08
04. “Filmstar” s 3:29
05. “Metal Mickey” 3:27
06. “New Generation” 4:36
07. “So Young” 3:42
08. “The Wild Ones” 4:45
09. “The Drowners” 4:11
10. “Stay Together” 4:19
11. “Lazy” 3:18
12. “Everything Will Flow” 4:43
13. “We Are the Pigs” 3:58
14. “Can’t Get Enough” 3:58
15. “Electricity” 4:41
16. “Obsessions” 4:11
17. “She’s in Fashion” 4:53
18. “Saturday Night” 4:28

Disc Two
01.”Pantomime Horse” 5:50
02.”My Insatiable One” 2:57
03.”Killing of a Flash Boy” 4:06
04.”This Hollywood Life” 3:31
05.”Europe is Our Playground” 5:38
06.”My Dark Star” 4:23
07.”Sleeping Pills” 3:53
08.”By the Sea” 4:17
09.”She” 3:39
10.”Heroine” 3:20
11.”The Living Dead” 2:50
12.”To the Birds” 5:25
13.”The Big Time” 4:28
14.”The 2 of Us” 5:45
15.”The Asphalt World” 9:26
16.”Still Life” 5:19
17.”The Next Life” 3:40

Related posts

Leave a Reply