Trending News

Blog Post

Single of The Day: Blue – I Can
Single of The Day

Single of The Day: Blue – I Can 

Tidak banyak anggota boyband yang sukses melalui evolusi bermusik. Beberapa dari mereka hanya menjadi lapisan jejak di industri musik. Tetapi Blue berbeda. 10 tahun berkarir, mereka tetap memiliki kharisma yang sama. Teknik vokal mereka pun tidak bisa diremehkan lagi.

Salah satu kelemahan dari boyband adalah ketika kemudian hanya 1 orang yang akan mendominasi vokal dan semuanya hanya menjadi suara latar saja. Entah itu sekedar menambah efek pada bagian refrain ataupun pada bagian bridge. Tapi siapa yang meragukan vokal Simon Webbe, Lee Ryan, Duncan James, dan Anthony Costa? Masing-masing telah merilis album solo dan bisa dikatakan sukses di pasaran.

Single I Can ini sendiri terasa istimewa karena merupakan lagu pertama yang mewakili Inggris di acara Eurovision Song Contest tahun 2011. 29 Januari 2011 BBC News resmi memperkenalkan track ini sebagai perwakilan Inggris untuk melawan lagu dari peserta negara lain.

Jadi bagaimana musik Blue kali ini? Kita sejenak akan merasa déjà vu dengan sound dari One Love. Mereka rupanya tidak kehilangan taste dan sense mereka. Dari awal sampai akhir, kita akan merasakan bahwa sound yang diusung, beat yang bermain, sangat mencerminkan inilah musik yang Blue kuasai. Bisa membuat sing a long dan juga dance a long pada saat bersamaan.

Diawal lagu kita akan disambut vokal khas dari Duncan, bercerita tentang You were the eyes in the face of fortune, I lost my way and I couldn’t find you. Sebuah track yang menegaskan bahwa mereka bisa kembali bersama setelah kehilangan dan mencoba bangkit kembali. Sebuah kesempatan kedua yang tidak akan terulang kembali.

Salah satu bagian terbaik dari track ini adalah ketika masing-masing personel Blue menjadi pelapis atau suara dua dari vokal utama. Baik itu ketika Duncan bernyanyi dan kita bisa mendengarkan vokal tinggi milik Lee, ataupun sebelaiknya. Ketika Lee mempertunjukkan keahliannya bermain di pitch yang tinggi, kita akan bisa menemukan keseimbangan dari vokal soul milik Simon yang melapisinya. Great!

Inilah keistimewaan Blue. Masing-masing personel memiliki karakternya masing-masing dan semuanya tahu bagaimana harus berimprovisasi dan membuat satu harmonisasi yang baik. Sayang saja, vokal Simon Webbe kurang terasa, padahal dia bisa menjadi salah satu bagian penting dari track ini.

Dari jajaran penulis, nama Duncan James, Lee Ryan, Ciaron Bell, Ben Collier, Ian Hope, Liam Keenan ada didalamnya. Menciptakan sebuah track self-help dengan semangat optimis. Track ini resmi bisa di download per 1 Mei 2011 dibawah label Blueworld dan Polydor.

Mudah-mudahan ini hanya langkah awal saja dari comeback mereka dan kita bisa menyaksikan penampilan mereka lagi dan lagi. Cheers!

Lihat videonya disini

Rate this single: [ratings]

(Ai Hasibuan dan Iqko / CreativeDisc Contributors)

LYRIC
You were the eyes in the face of fortune
I lost my way and I couldn’t find you
Oh, oh no

We’re not the first ones to be divided
Won’t be the last to be reunited
No
Oh no
(Oh no)

It’s like rain falling down
Drops of pain hit the ground
I can’t speak
There’s no sound when you’re gone
(Yeah, come on)

I can
I will
I know
I can untie these hands
And get backup again

(oh-ho)
I can
I will
I know
I can untie these hands
And get backup again

I can
I can
(Get back up again)

I have never lost anything quite like this
No second chances if I don’t fit in
No (no)
Oh no
(oh no)

You closed the door and you kept on walking
Left me behind and there’s no more talking
No
Oh no
Oh no

Related posts

Leave a Reply