Trending News

Blog Post

Album of The Day: Sade – The Ultimate Collection
Album of The Day

Album of The Day: Sade – The Ultimate Collection 

Released by: Sony Music Indonesia

Dengan perjalanan karir sepanjang hampir tiga dekade, tentu saja kumpulan pengusung smooth jazz dengan sentuhan soul dan RnB asal Inggris, Sade, mempunyai resume koleksi single dan lagu yang cukup impresif dan panjang. Kehadiran sebuah album yang mengumpulkan single-single yang dianggap terbaik pun menjadi salah satu kewajiban yang sulit untuk ditawartawar lagi. Sade yang terdiri atas Sade Adu, Stuart Matthewman, Paul Spencer Denman dan Andrew Hale telah menelurukan cukup banyak hits yang rasanya akan tumpah ruah jika dipadatkan dalam satu keping CD, sehingga pada akhirnya dilepaslah album The Ultimate Collection dalam paket dua keping CD ini.

Sebelumnya Sade memang telah melepas album koleksi single mereka dalam album The Best of Sade di tahun 1994. Namun, setelah 17 tahun kemudian, mereka merasa sudah cukup pantas untuk meluncurkan album the best untuk kedua kalinya. Sesuai judulnya, maka The Ultimate Collection merangkum perjalanan panjang Sade yang telah mereka lalui dalam bentuk enam album studio. Untuk sebuah band yang telah berkecimpung sepanjang 28 tahun dalam industri musik, jumlah album tersebut memang tergolong sedikit, akan tetapi Sade mempunyai fans tersendiri yang cukup setia menunggu kehadiran album mereka. Terbukti dengan suksesnya album Soldier of Love (2010) yang hadir setelah vakum sepuluh tahun.

Dekade 2000-an memang bukan dekade dimana Sade terlalu produktif menghasilkan karya, sehingga album The Ultimate Collection ini dipenuhi single-single yang hadir dalam periode 80-an hingga 90-an. Tidak salah jika materi dalam album ini juga termuat dalam album The Best of Sade ditambah materi-materi yang mereka kumpulkan dari album Lovers Rock dan Soldier of Love. Sebagai tambahan, dihadirkan empat lagu baru untuk menambah semarak. Well, dua lagu baru lebih tepatnya, karena satu lagu merupakan remix untuk single The Moon and The Sky dari album Soldier of Love yang kini menampilkan vokal Kanye West dan Still In Love With You yang merupakan cover version milik Thin Lizzy.

Dengan 29 lagu, maka The Ultimate Collection malah terasa seperti album yang berasal dari dekade 80-an. Tidak mengherankan, karena materi mayoritas berasal dari era awal karir mereka yang cemerlang di era tersebut. Fans mungkin tidak akan kecewa, karena single-single cantik seperti Your Love Is King, Smooth Operator, Never as Good as The First Time, The Sweetest Taboo dan banyak lagi. Meski begitu, untuk yang mengenal mereka via album Lovers Rock di tahun 2000 juga tidak akan kecewa, karena lima single utama di album tersebut, seperti By Your Side, King of Sorrow dicantumkan disini. Begitu juga dengan album Soldier of Love yang menyumbangkan Soldier of Love, Baby Father dan The Moon and The Sky.

Apakah album ini merupakan album yang komprehensif dalam mencangkup perjalan karir Sade? Tentu saja jawabannya akan bersifat relatif dan subjektif, karena favorit personal penggemar tentu saja berbeda-beda. Ada single-single spesifik yang digemari oleh fans mungkin tidak dimasukkan atau sebaliknya. Akan tetapi sangat menarik karena urutan track di album ini disusun secara kronologis sesuai urutan perilisan album mereka, sehingga dengan mendengarkan album ini seolah-olah menjadi sebuah cuplikan akan perjalanan karir mereka. Kelebihannya, kita dapat mencermati perkembangan musikalitas mereka dengan cukup koheren dan juga mendetil.

Love is Found, sebuah single baru yang terdapat di album ini adalah sebuah nomor soul yang dipengaruhu unsur rock yang kental dan diselimuti oleh atmosfir yang cukup kelam. Terdengar cukup berbeda dengan ciri khas Sade yang biasa kita kenal. Bisa jadi ini adalah indikasi keinginan Sade untuk bereksperimen dalam musikalitas mereka dan mencoba untuk tidak terdengar streotipikal. Sedangkan I Would Never Guess yang diiriingi oleh grand piano adalah sebuah nomor minimalis yang mengandalkan vokal hipnotik Sade Adu yang magis. Sebagai penutup, tidak salahnya kita mendengarkan single By Your Side dalam versi remix oleh The Neptunes.

Meski kebanyakan track dalam album ini terdapat dalam album The Best of Sade, akan tetapi tetap saja album The Ultimate Collection ini cukup layak untuk dinikmati, karena dengan menyimak album ini kita akan dapat mengenali perkembangan dan dinamika sebuah kumpulan keren bernama Sade. Sebuah album penanda karir yang cantik.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
CD 1
1. Your Love Is King
2. Smooth Operator
3. Hang On To Your Love
4. The Sweetest Taboo
5. Is It A Crime
6. Never As Good As The First Time
7. Jezebel
8. Love Is Stronger Than Pride
9. Paradise
10. Nothing Can Come Between Us
11. No Ordinary Love
12. Kiss Of Life
13. Feel No Pain
14. Bullet Proof Soul

CD 2
1. Cherish The Day
2. Pearls
3. By Your Side
4. Immigrant
5. Flow
6. King Of Sorrow
7. The Sweetest Gift
8. Soldier Of Love
9. The Moon And The Sky
10. Babyfather
11. Still In Love With You
12. Love Is Found
13. I Would Never Have Guessed
14. The Moon And The Sky (Remix)
15. By Your Side (Neptunes Remix)

Related posts

Leave a Reply