fbpx

Trending News

Blog Post

Top 10 End of the World Songs
Top 10 Lists

Top 10 End of the World Songs 

Belum lama ini, Harold Camping, seorang penulis keagamaan mengatakan kalau tanggal 21 Mei 2011 kemarin adalah akhir dunia ini, alias kiamat. Syukurnya hal itu enggak kejadian, dan tentunya enggak ada yang bisa tau kapan kiamat akan benar-benar kejadian. Daripada mikir-mikir yang enggak enak, bagaimana kalau kita dengar yang enak-enak aja. Contohnya ini nih, 10 buah lagu yang mengambil tema enggak enak tadi dan menjadikannya musik yang enak. Ini is Top 10 End of the World/Apocalypse Song.

1. It’s The End Of The World As We Know It (And I Feel Fine)
Oleh: R.E.M.
Album: Document
Tahun: 1987
Band rock asal Georgia ini merilis single ‘It’s The End Of The World As We Know It (And I Feel Fine)’ dari album “Document” di tahun 1987 dan juga masuk ke album kompilasi “Eponymous” di tahun berikutnya, yang di dalamnya terdapat lirik yang menceritakan tentang gejalan-gejala kiamat, seperti gempa bumi dan sebagainya. Tapi yang kejadian sebenarnya adalah akhir dari era Reagan, Presiden Amerika, di tahun 80-an yang dikaitkan dengan lagu ini. Tapi frontman R.E.M., Michael Stipe bilang kalau lagu ini sebenarnya bertujuan pada kritik sosial yang menjadi permasalahan pada era tersebut.

2. The End
Oleh: The Doors
Album: The Doors
Tahun: 1967
Aslinya, lagu ‘The End’ yang ditulis sendiri olehband ini adalah tentang putusnya sebuah hubungan dengan sang kekasih, tapi kekopulerannya yang berkaitan dengan kiamat adalah saat digunakan di dalam film karya Francis Ford Coppola di tahun 1979, “Apocalypse Now”. Lagu dalam album self-titled The Doors ini berdurasi nyaris 12 menit dalam versi albumnya, tapi di versi album kompilasi di-edit menjadi sekitar 6 menit saja.

3. Black Hole Sun
Oleh: Soundgraden
Album: Superunknown
Tahun: 1994
‘Black Hole Sun’ ini adalah single ke-3 dari album ke-4 band Soundgarden ini, “Superunknown” di tahun 1994, yang kemudian menjadi lagu tersukses band-nya Chris Cornell tersebut, salah satunya dengan memenangkan MTV Video Music Awards dalam kategori Best Metal/Hard Rock Video. Chris menulis lagu tentang kiamat ini hanya dalam waktu 15 menit. Dan dalam tayangan videonya, band Soundgarden ini tetap tampil meski dalam keadaan rusuh hendak kiamat.

4. 1999
Oleh: Prince
Album: 1999
Tahun: 1982
Prince mengasumsikan ketika tahun 1999 berakhir adalah kiamat, sehingga saat pergantian tahun ke 2000, maka kiamat akan datang. Dan Prince pun akan tetap berpesta seolah itu adalah tengah malam pertukaran tahun, “party over, oops, out of time. So tonight I’m gonna party like it’s 1999.” Party hit ini diambil dari album “1999” yang dirilis pada tahun 1982.

5. Until The End Of The World
Oleh: U2
Album: Achtung Baby
Tahun: 1991
Meskipun single ‘Until The End Of The World’ dari album “Achtung Baby” milik U2 ini enggak gitu nge-hits, tapi paling enggak lagu ini adalah salah satu yang terbaik dari album tersebut, dan sering juga mereka bawakan saat tur. Menurut Bono, ide dari penulisan lagu ini adalah tentang percakapan antara Jesus Kristus dengan Judas Iskariot, dimana di dalamnya juga terdapat lirik yang diambil dari kisah di dalam Bible tentang The Last Supper, the Garden of Gethsemane, dan kematian Judas.

6. The Four Horseman
Oleh: Metallica
Album: Kill ‘Em All
Tahun: 1983
Debut album band rock Metallica “Kill ‘Em All” di tahun 1983 ini memiliki satu buah lagu yang membicarakan tentang kiamat. Tak peduli setan atau malaikat, yang pasti kiamat sudah dekat. ‘The Four Horseman” memang tidak dirilis sebagai single dari album tersebut. Kita memang enggak pernah tau kiamat kapan pastinya terjadi, tapi mendingan nge-rock bareng lagu ini.

7. Waiting For The End Of The World
Oleh: Elvis Costello
Album: My Aim Is True
Tahun: 1977
Elvis Costello punya lagu ‘Waiting For The End Of The World ini di tahun 1977 dari albumnya “My Aim Is True” yang dapat dilihat terjadi pada peradaban lebih 3 dekade kemudian. Di lagu ini, ada sebuah doa yang berisi: “Dear Lord, I sincerely hope you’re coming, ’cause you really started something.”

8. Gimme Shelter
Oleh: Rolling Stones
Album: Let It Bleed
Tahun: 1969
‘Gimme Shelter’ ini adalah track pembuka dari album Rolling Stones di tahun 1969, “Let It Bleed”, menggambarkan segala yang terkait dengan yang namanya kiamat. Mick Jagger juga menyanyikan tentang badai, perang, tembak, dan lain sebagainya, sehingga membuat berharap ada sebuah tempat perlindungan.

9. 4 Minutes (featuring Justin Timberlake & Timbaland)
Oleh: Madonna

Album: Hard Candy
Tahun: 2008
Kalau jam masih berdetik, disarankan untuk menghabiskan saat-saat terakhir itu untuk mendengarkan lagu ‘4 Minutes’ dari Madonna ini, yang didalamnya ditambahkan pesona Justin Timberlake dan Timbaland. ratu Pop ini ada dalam misi penyelamatan dunia di lagunya, tapi kalau dia enggak berhasil, paling tidak dia udah meninggal setelah mencobanya.

10. Till The World Ends
Oleh: Britney Spears
Album: Femme Fatale
Tahun: 2011
Popstar yang satu ini enggak takut sama yang namanya akhir zaman. Buktinya, dia tetap pergi ke club dan berpesta. Single kedua dari album “Femme Fatale” ini menngishkan tentang Britney Spears yang memang berniat untuk menghabiskan sisa waktunya di dunia sebelum kiamat untuk goyang dengan semboyan “keep on dancing till the world ends”. Well hey, she’s Britney!

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply