Trending News

Blog Post

10 Label Rekaman Indonesia yang Mendominasi Industri Musik Saat Ini
Top 10 Lists

10 Label Rekaman Indonesia yang Mendominasi Industri Musik Saat Ini 

Mulai dari label lintas generasi hingga label yang baru saja lahir.

Industri musik Tanah Air telah berubah banyak bila dibandingkan dengan sepuluh atau dua puluh tahun silam. Semakin besarnya permintaan pasar akan musik yang lebih variatif tidak hanya mendorong label yang sudah eksis untuk semakin menunjukkan daya saing, tetapi juga menginspirasi lahirnya label-label baru yang tidak kalah ambisius. Bagi pembaca di luar sana yang bertekad merintis karier sebagai artis rekaman, tidak ada salahnya membaca daftar di bawah ini sebagai referensi kalian.

Honorable mention: Wonderland Records (Mikha Angelo), Orang Pertunjukkan (Sal Priadi), Sorai (Nadin Amizah, Kevin Hugo), Aquarius Musikindo (BCL, Once Mekel).


  1. Sony Music Entertainment Indonesia

Label yang satu ini masih menjadi salah satu destinasi idaman artis rekaman berkat kesuksesan artis mereka, di antaranya Ardhito Pramono (“fine today”), TheOvertunes (“Bicara”), JAZ (“Sedang Jatuh Cinta”), dan Terry (“Di Persimpangan Dilema”). Newcomer yang digaet Sony Music baru-baru ini di antaranya Good Morning Everyone (“Selamat Pagi”) dan Mea Shahira (“KISSIN’ MIRRORS”).


  1. Demajors

Berdiri sejak tahun 2000, Demajors kini berevolusi menjadi salah satu label idaman untuk artis dan musisi indie Tanah Air. Hingga saat ini, Demajors menaungi artis-artis indie kenamaan seperti Hindia (“Rumah ke Rumah”), Danilla Riyadi (“Buaian”), dan Jakarta Blues Factory (“All I Wanna Do”). Bahkan, pada tahun 2020, salah satu album yang dilahirkan dari dapur rekaman label Demajors berhasil mendulang nominasi AMI Awards untuk Album Terbaik Terbaik (Menari Dengan Bayangan, Hindia)– prestasi yang masih terbilang langka untuk album indie.

(EDITOR’S NOTE: Hindia telah berpindah label dari Demajors ke Sun Eater)


  1. AFE Records

Belakangan ini AFE Records juga menjadi label idaman untuk para calon artis yang hendak memulai karier di genre musik dangdut pop yang sedang naik daun. Artis-artis dangdut pop yang dinaunginya saat ini di antaranya Rizky Billar (“Melihatmu Bahagia”) dan Ihsan Tarore (“Biar Orang Tahu”). Terlepas dari itu, AFE Records juga menaungi artis pop/rock seperti Jakvegas (“Pesona Sosial Media”) dan Ifan Seventeen (“Janji Hati”).


Related posts

Leave a Reply