Trending News

Blog Post

Album of The Day: Aerosmith – Tough Love: Best of the Ballads
Album of The Day

Album of The Day: Aerosmith – Tough Love: Best of the Ballads 

Released by: Universal Music Indonesia

Dengan jejak karir sepanjang hampir empat decade, jelas band rock n roll legendaries tempat dimana rocker gaek Steven Tyler bernaung, Aerosmith, mempunyai koleksi single hits yang sangat banyak jumlahnya. Bayangkan saja, dari rentang 1973 hingga 2004, mereka telah menelurkan sebanyak 14 album studio. Belum lagi berbagai jenis album kompilasi hits mereka. Untuk kategori kedua, hadir kini album kompilasi hits terbaru mereka, Tough Love: Best of the Ballads, sebuah album yang mencoba merangkum berbagai hits balada yang dianggap terbaik.

Terus terang, materi-materi yang terdapat dialbum ini tidak ada yang baru, dalam arti album Tough Love: Best of the Ballads murni mengumpulkan hits-hits lawas, tanpa ada asupan single baru untuk menambah semarak isi album tersebut. Sesuatu yang mungkin bisa dianggap nilai minus dari album ini, mengingat sampai saat ini Aerosmith belum terdengar untuk melepas album terbaru mereka, setelah album Honkin’ On Hobo ditahun 2004 yang lalu.

Namun, terlepas dari itu, materi album ini ternyata cukup berlimpah, baik dari single-single yang sangat popular seperti Dream On sampai yang tidak terlalu popular seperti…..err, baiklah saya salah. Album ini ternyata kaya dengan single-single yang justru tercatat masuk di deretan terhormat tangga lagu dunia, terutama Billboard Hot 100.

Ini memang dapat menjadi penanda sendiri bagi Aerosmith, karenya ternyata single-single hits mereka yang merajai chart justru dating dari lagu-lagu balada versi mereka. Sebut saja, track pembuka I Don’t Want To Miss A Thing yang pernah menduduki posisi 1 ditahun 1988. Atau Crazy yang pernah menduduki posisi 17 ditahun 1994. Juga Angel yang ditahun 1988 menduduki posisi 3.

Apakah ini sebuah album yang komprehensif dalam memaparkan jejak karir mereka? Tidak juga, karena tujuan album ini hanya untuk mengumpulkan single-single balada yang meski terkadang tidak manis apalagi romantic, namun dalam ranah musikalitas Aerosmith cukup berperan dalam mengangkat kepopularitasan album dimana single-single ini pernah terdapat.

Untuk yang tidak terlalu familiar dengan Aerosmith dan mungkin hanya mengenal mereka dari hits raksasa I Don’t Want To Miss A Thing akan sedikit kaget karena terminologi balada bagi Aerosmith masih berbalutkan nafas rock n roll dengan pengaruh blues yang kental. Contoh saja Living On The Edge (1993) atau Jani’s Got A Gun (1990) atau Love In The Elevator (1989). Sesuai judul, ini adalah album “cinta” yang “tangguh” dalam aura maskulinitas yang kental.

Bagi para fans yang mungkin sudah cukup lama menunggu kehadiran album terbaru mereka, album ini tidak menjadi begitu penting. Apalagi sebenarnya Aerosmith cukup rajin merilis album kompilasi yang berisi kumpulan hits mereka. Just another hay in the stacks perhaps? Namun, terlepas dari itu, bagi para penikmat musik yang ingin mengetahui single-single “balada” terbaik yang dimiliki oleh kumpulan asal Boston ini, bolehlah untuk disimak.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST:
01. I Don’t Want To Miss A Thing
02. Angel
03. Amazing (Orchestral Edit)
04. Love In an Elevator (Single Version)
05. Pink
06. Cryin’
07. What It Takes
08. Rag Doll
09. Crazy
10. Deuces Are Wild
11. Livin’ On The Edge
12. Blind Man
13. Magic Touch
14. Janie’s Got A Gun (Single Version)
15. Sweet Emotion
16. Dream On

Related posts

Leave a Reply