Trending News

Blog Post

Album of The Day: Selena Gomez and The Scene – When The Sun Goes Down
Single of The Day

Album of The Day: Selena Gomez and The Scene – When The Sun Goes Down 

Released by: Universal Music Indonesia

Dalam album ketiga mereka, When The Sun Goes Down, tampaknya Selena Gomez and The Scene ingin kita larut dalam keriaan musim panas yang menyenangkan melalui lagu-lagu pop renyah yang sangat mudah diikuti dan juga pastinya menyenangkan untuk didengarkan. Uniknya, diluar ekspektasi, Selena Gomez and The Scene tidak hanya sukses menampilkan materi yang menyenangkan, namun juga berhasil mereduksi kesan “kacangan” yang biasa melekat pada pop-remaja biasanya.

Okelah, mungkin track pembuka, Love You Like A Like Song adalah sebuah teen-anthem yang tipikal dengan pergerakan notasi yang cenderung terbatas namun dibekali hook juara, yang membuat kita sulit menolak mantera “I, I love you like a love song, baby / And I keep hittin’ re-peat-peat-peat-peat-peat” dan membuat track ini terdengar adiktif. Namun, kehadiran track kedua, Bang Bang Bang yang mengandalkan synth dan pola melodi ala pop 80-an, ada indikasi jika When The Sun Goes Down memiliki upaya untuk memberi pembeda yang berarti. Pop-disko-new-wave yang sangat catchy ini mungkin sedikit mengingatkan akan La Roux namun bukan berarti tidak kalah menyenangkan untuk didengar.

Sangat dimengerti mengapa Who Says dipilih sebagai single pertama. Sebuah lagu pembangun semangat yang tidak hanya memiliki lirik yang positif namun juga memiliki komposisi yang sedap di dengar. Dengan sedikit terpengaruh oleh aksen rock dan dance, Who Says adalah salah satu lagu musim panas yang sangat sulit untuk ditolak. Menyenangkan, sekaligus mengajak pendengarnya untuk berkontemplasi.

Materi yang terdapat dalam When The Sun Goes Down adalah nomor-nomor up-tempo dengan sentuhan elektro-pop yang kental. Jika memang Selena Gomez and The Scene menargetkan pasar remaja yang dinamis, maka tujuan mereka akan tercapai. Siapa yang sulit menolak kegembiraan yang ditawarkan oleh My Dilemma yang seksi atau That’s More Like It yang dibantu tulis oleh Katy Perry dan Whiplash, yang ditulis juga oleh idola Selena, Britney Spears. Selena beruntung nama-nama besar ini mau membantu dirinya.

Berbicara soal Britney Spears, tampaknya dalam album ini Selena memang terlihat ingin memberi penghormatan yang besar untuk idolanya tersebut. Selain Whiplash, pengaruh Brtiney dapat ditemukan pada Outlaw, anthem elektro-pop yang lagi-lagi bercorak synth-pop 80-an. Tidak heran pula karena Rock Mafia yang membidani track-track ini dan bertindak sebagai produser tampaknya menyadari keinginan Selena untuk memberi tribut kepada idolanya sehingga mengakomodir keingingan tersebut melalu aransemen yang cantik.

Selena Gomez tampaknya juga makin paham bahwa untuk menghasilkan sebuah album yang berkualitas, diperlukan nama-nama yang menjanjikan kualitas pula untuk membantunya. Kehadiran Espend Lind dan Espionage-nya untuk track Middle of Nowehere memberi kedalalam tersendiri untuk album ini. Dengan pengaruh rock yang kental, track ini menjadi pembeda yang cukup menarik, selain nomor mid-tempo satu-satunya dialbum ini, Who Own The Night yang menampilkan vokal Pixie Lott.

Keunggulannya, selain aransemen yang tidak terlalu klise atau corny, aransemen yang diatur dalam album ini cukup memperhatikan estetika dalam musikalitasnya. Sehingga, meski terdengar mudah dicerna, namun ada kedalaman yang tersirat dalam struktur lagunya serta notasi-notasi yang tidak terlalu sederhana. Bahasa gampangnya, terlihat upaya untuk tidak menjadi terlalu ringan.

Apakah Selena Gomez and The Scene telah mencapai kedewasaan dalam bermusik melalui album When The SUn Goes Down ini? Rasanya tidak juga. Akan tetapi upaya untuk tidak menjadi “dangkal” dan tipikal seperti kebanyakan pop-remaja lainnya boleh diberi kredit lebih. Hasilnya, When The Sun Goes Down adalah album yang menyenangkan, menghibur dan tidak membosankan sama sekali. Patut untuk disimak.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST:
1. “Love You Like a Love Song” 3:08
2. “Bang Bang Bang” 3:15
3. “Who Says” 3:16
4. “We Own the Night” (featuring Pixie Lott) 3:47
5. “Hit the Lights” 3:14
6. “Whiplash” 3:40
7. “When the Sun Goes Down” 3:16
8. “My Dilemma” 3:10
9. “That’s More Like It” 3:09
10. “Outlaw” 3:22
11. “Middle of Nowhere” 3:27
12. “Dices” (“Who Says” – Spanish version) 3:16

Related posts

Leave a Reply