Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: Beyoncé
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: Beyoncé 

Hanya dengan 4 buah album, Beyoncé telah merilis hampir 40 musik video yang tentunya telah memuaskan fansnya. Beyoncé bekerja sama dengan banyak sutradara video musik ternama seperti Jake Nava, Sophie Muller, Francis Lawrence dan masih banyak lagi. Ia juga telah menjajal dunia ’sutradara dengan menjadi co-director untuk video Ego miliknya. Dari mulai video pertama (Work It Out/2002) hingga video terbarunya (Best Thing I Never Had/2011), kita bisa melihat bahwa suara bagus bukanlah sebuah eksklusifitas belaka karena Beyoncé bisa bernyanyi, menari dan berakting sekaligus.

Untuk merayakan perilisan musik video Best Thing I Never Had, Beyoncé Indonesia bekerja sama dengan CreativeDisc telah mengkompilasi 10 video musik terbaik Beyoncé. You ready?


10. Baby Boy – Dangerously In Love/2003
Directed by Jake Nava

Kami yakin Baby Boy adalah video terseksi Beyoncé yang dapat membuat jantung pria manapun berdegup kencang. Bagaimana tidak? Beyoncé tampil secara sensual tanpa terkesan murahan dalam video yang bertahan di TRL selama 41 hari ini. Video dibuka dengan Sean Paul duduk di singgasana sambil melakukan toasting dan diikuti adegan seksi Beyoncé yang berdansa menghadap tembok serta diatas tempat tidur. Adegan yang membuat kami memasukkan video ini di dalam Top 10 list ini adalah saat Beyoncé berdansa di atas pasir saat video akan berakhir. Beyoncé menampilkan tarian yang sensual serta agresif sambil diiringi musik Arab dan berhasil memenuhi fantasi liar setiap lelaki di dunia. Lihat videonya.
TITLE: THE SEXIEST VIDEO


9. Irreplaceable – B’Day/2007
Directed by Anthony Mandler

”To the left, to the left!” Mungkin lirik itu masih melekat erat di pikiran kita semua sampai saat ini meskipun lagu Irreplaceable dirilis pada tahun 2007. Dan dalam video Irreplaceable, Beyoncé menunjukkan cara terkejam untuk “membuang” mantan kekasih yang telah mempermainkan kita. Dari mulai mengusir keluar rumah hingga mengambil semua barang pemberiannya, Beyoncé berpesan bahwa wanita juga memiliki kekuatan yang setara dengan lelaki. Band Suga Mama juga ditampilkan untuk pertama kalinya dalam video yang berhasil menjadi Video of the Year versi BET Awards 2007. Hal yang paling membuat kami kagum dari video ini adalah tatanan rambut Beyoncé yang terlihat sangat indah! Lihat videonya.
TITLE: THE BEST HAIR DO


8. If I Were A Boy – I Am… Sasha Fierce/2008
Directed by Jake Nava

“Intimacy. Honesty. Commitment. You. Me.Us.” Itulah kalimat yang diucapkan Beyoncé dan Eddie Goines (atlit NFL; aktor dalam If I Were A Boy) untuk membuka video yang bernuansakan hitam putih ini. Sang diva berperan sebagai seorang polisi wanita yang memiliki suami suportif namun tidak dipedulikan oleh sang istri. Beyoncé pernah menjelaskan bahwa video If I Were A Boy bercerita mengenai hal-hal kecil yang sangat penting dalam sebuah hubungan dan juga video ini menyajikan hal-hal biasa yang pria lakukan untuk menyakiti orang yang berarti baginya, seperti tidak mengangkat telepon. Dalam video ini, kita juga bisa melihat kehebatan akting Beyoncé yang ternyata pada akhir cerita bukanlah seorang polisi wanita, melainkan hanya seorang istri yang bersuamikan polisi. Lihat videonya.
TITLE: THE BEST STORYLINE


7. Déjà Vu – B’Day/2006
Directed by Sophie Muller

Video pertama dari album B’Day ini direkam di beberapa tempat di kota Lousiana. Dalam video ini Beyoncé tampil bersama Jay-Z sebagai sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta. Tidak ada cerita khusus dalam video ini, namun kita bisa melihat koreografi yang agresif dari Beyoncé. Seperti saat ia sedang menari diatas pasir, tariannya sungguh sangat agresif. Lalu juga ada adegan yang membuat kontroversi karena dianggap menirukan adegan tidak senonoh. Adegan yang diprotes adalah saat Beyoncé berdansa-menggoda terhadap Jay-Z. Walaupun ada yang protes, video ini tetap memenangkan penghargaan MOBO Awards 2006 untuk kategori Best Video. Lihat videonya.
TITLE: THE MOST AGGRESIVE


6. Halo – I Am… Sasha Fierce/2009
Directed by Philip Andelman

Tidak ada koreografi yang dahsyat ataupun cerita yang kuat di video keempat dari album I Am… Sasha Fierce ini. Dan alasan kami memilih video ini adalah karena video ini berhasil menangkap kecantikan Beyoncé (yang tak perlu diragukan lagi) serta menunjukkan romantisme dengan cara yang sangat sederhana. Dalam video yang berdurasi 4:21 menit ini, Beyoncé hanya bermesraan dengan kekasihnya (diperankan oleh Michael Ealy). Dari mulai berpelukan sampai menyikat gigi secara bersama. Dengan menonton video ini, kita bisa mengetahui bahwa tidak perlu terlalu berlebihan untuk menjadi orang yang romantis. Pada bulan Mei 2010, video alternatif Halo muncul di dunia maya secara tidak resmi dan memiliki plot yang sangat berbeda. Lihat videonya.
TITLE: THE MOST ROMANTIC


5. Telephone (With Lady Gaga) – The Fame Monster/2010
Directed by Jonas Akerlund

Inilah kolaborasi terbesar abad ini! Beyoncé dan Lady Gaga merupakan nama-nama terbesar di dunia musik saat ini dan Telephone adalah kali kedua mereka berkolaborasi setelah Video Phone. Video Telephone sendiri merupakan lanjutan dari video Paparazzi milik Lady Gaga. Beyoncé, sebagai Honey Bee, bertugas untuk menebus Lady Gaga yang dipenjara karena telah membunuh kekasihnya. Di dalam video ini, Beyoncé dan Lady Gaga juga membunuh Tyrese Gibson serta seluruh penghuni restoran lainnya. Dan pada akhirnya Beyoncé dan Lady Gaga kabur menuju padang pasir agar tidak tertangkap oleh polisi. Hal yang patut dipuji dari Beyoncé dalam video Telephone adalah ia telah berhasil menunjukkan sisi ”gila”-nya tanpa sedikitpun terlihat seperti Lady Gaga. Lihat videonya.
TITLE: THE BEST COLLABORATION


4. Why Don’t You Love Me – I Am… Sasha Fierce/2010
Directed by Melina Matsuoka

Siapa bilang seorang ‘Diva’ tidak bisa humoris? Beyoncé berperan sebagai B.B. Homemaker, seorang istri tidak dicintai suaminya. B.B. Homemaker merupakan tribut yang dilakukan oleh Beyoncé kepada Bettie Page, ikon majalah Playboy tahun 50an. Beyoncé ingin menunjukkan kepada dunia kalau dia juga melakukan hal-hal yang dilakukan seorang ibu rumah tangga, tentunya dengan gaya yang agak berlebihan. Adegan terlucu adalah saat Beyoncé membersihkan koleksi Grammy miliknya. Selain itu kita juga dapat melihat ekspresi-ekspresi dan gerakan-gerakan konyol Beyoncé. Why Don’t You Love Me merupakan video kesembilan yang diambil dari album I Am… Sasha Fierce dan bukan merupakan sebuah single resmi dari album tersebut. Lihat videonya.
TITLE: THE FUNNIEST/SILLIEST


3. Run The World (Girls) – 4/2011
Directed by Francis Lawrence

Ini adalah video yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2011! Mengapa begitu ditunggu? Alasan pertama adalah karena ada gosip beredar bahwa akan ada penari Afrika dan 200 penari latar lainnya yang tampil di video ini. Kedua adalah karena video ini disutradarai oleh Francis Lawrence, sutradara video Bad Romance-nya Lady Gaga serta 2 video Destiny’s Child: Independent Woman & Emotion. Dan yang terakhir: karena Beyoncé kembali setelah beristirahat dari dunia musi. Dan hasilnya sangat mencengangkan! Beyoncé menampilkan sebuah revolusi wanita yang ditampilkan melalui koreografi yang agresif serta pakaian yang super-stylish. Mulai dari gaun putih Givenchy Couture hingga gaun merah Alexander McQueen telah berhasil memenangkan hati para pecinta fesyen di dunia. Lihat videonya.
TITLE: THE BEST WARDROBE


2. Crazy In Love – Dangerously In Love/2003
Directed by Jake Nava

Crazy In Love merupakan sebuah titik awal perjalanan solo karir Beyoncé. Lagu ini dianggap sebagai lagu yang klasik dan hebat karena berhasil menduduki puncak chart Billboard Hot 100 selama 8 minggu. Lalu bagaimana dengan videonya? Beyoncé pernah mengatakan bahwa video Crazy In Love merayakan evolusi seorang wanita. Video ini menceritakan tentang seorang wanita yang melakukan hal yang tidak biasa ia lakukan karena sedang tergila-gila dengan kekasihnya. Video ini berhasil memenangkan penghargaan MTV VMA 2003 untuk kategori Best Female Video, Best R&B Video, and Best Choreography. Adegan terbaik dan terabadi adalah saat Beyoncé berjalan bak model di catwalk dengan menggunakan pakaian yang simpel: tank top putih, hot pants dan high heels merah. Classic! Lihat videonya.
TITLE: THE MOST CLASSIC


1. Single Ladies (Put A Ring On It) – I Am… Sasha Fierce/2008
Directed by Jake Nava

Belum ada lagi video Beyoncé atau mungkin artis manapun yang dapat mengalahkan kebesaran video ini. Single Ladies telah menginspirasi banyak orang di dunia serta menjadi dance craze pertama di Millenium baru dan di dunia internet. Tidak ada cerita dalam video yang menampilkan sisi ”Sasha Fierce’ ini, yang ada hanyalah tarian non-stop yang di koreografikan oleh Frank Gatson Jr. Gerakannya terinspirasi oleh tarian Mexican Breakfast-nya Bob Fosse dalam Ed Sullivan Show. Karena tarian yang disajikan sangat unik, banyak artis yang memparodikan tarian ini, sebut saja: Justin Timberlake, Joe Jonas, Katy Perry dan bahkan Presiden Barack Obama. Video ini juga berhasil memenangkan penghargaan Video of the Year, Best Choreography dan Best Editing dalam ajang MTV VMA serta beberapa penghargaan besar lainnya. Lihat videonya.
TITLE: THE BEST OF ALL TIME

(Compiled by @beyonceindo)

Related posts

Leave a Reply