Trending News

Blog Post

Album of The Day: SuperHeavy – SuperHeavy
Album of The Day

Album of The Day: SuperHeavy – SuperHeavy 

Released by: Universal Music Indonesia

Apa jadinya jika beberapa nama musisi kawakan memutuskan untuk jamming dan membentuk sebuah grup super yang uniknya dinamakan dengan SuperHeavy? Maka tersebutlah nama-nama paten; Mick Jagger, Joss Stone, Dave Stewart, Damian Marley, dan A. R. Rahman yang memutuskan untuk berkolaborasi dan mengkreasikan musik-musik yang diniatkan tidak hanya untuk memuaskan semangat bermusik mereka, akan tetapi juga materi yang bermakna, tidak hanya sekedar hiburan belaka.

Mick Jagger, siapa yang tidak kenal dengan rocker gaek pentolan grup legendaris, The Rolling Stones. Sedangkan Joss Stone adalah seorang penyanyi soul muda yang berbakat. Ada pula Damian Marley, seorang musisi reggae yang merupakan putra sang legenda musik, Bob Marley. Dave Stewart kita kenal sebagai partner Annie Lennox dalam Eurythmics. Nama terakhir adalah musisi sekaligus penyanyi dan komposer terkenal asal India yang telah memenangkan Oscar untuk karyanya, A.R. Rahman.

Nama-nama yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda ini kemudian menyumbangkan kekayaan materi dalam album SuperHeavy. Album yang memadukan begitu banyak gaya dan juga pengaruh musik, namun dengan latar belakang para pendukungnya yang sangat komprehensif, jelas musik yang mereka tawarkan tidak kacangan apalagi asal jadi.

Apakah kemudian SuperHeavy terdengar agak membingungkan? Mungkin saja, karena fusi yang terjadi memang cenderung menjadi tidak biasa dan menabrak etik yang konvensional. Pada satu bagian dia terdengar sangat kontemporer dan urban namun disatu sisi rock yang glamour dan reggae yang lebih klasik berperan mengisi tempat. Belum lagi kontribusi vokal yang soulful. Semuanya mungkin dapat ditemukan dalam track pembuka album, SuperHeavy.

Vokal Jagger masih terdengar klasik, seolah-olah ia bernyanyi di tahun 90-an. Hiperaktif dan intens. Dan ia harus berbagi dengan vokal berat Stone dan laidback ala Marley. Tentu saja Rahman sendiri adalah seorang penyanyi sehingga dibeberapa bagian ia juga mendapatkan “jatahnya”. Namun tugas terbesar Rahman adalah bagaimana ia mengaransemen musik SuperHeavy agar terdengar eklektik tanpa harus terlalu terlihat acak-acakan.

Miracle Worker memang terdengar sangat Jamaica dan dipilih sebagai single bisa saja karena tunenya yang lebih awam dan mudah dicerna. Stone dan Marley berupaya terdengar harmonis sementara Jagger, yah tetap menjadi Jagger. Sedangkan Rahman mengarsir di latarbelakang dengan vokalnya. Hasilnya track ini memang sangat catchy dan menarik perhatian, walau mungkin bisa mengundang rasa sinis yang memandang track ini sebagai sebuah produk oportunis yang bersandar pada kekuatan nama-nama yang berada dibelakangnya.

Satyameva Jayathe mungkin terdengar seperti kesalahan lain. Dibuka dengan chant dalam bahasa Sansekerta (CMIIW), tune tiba-tiba berubah menjadi reggae namun vokal yang diisi oleh Rahman bernanyi dalam bahasa Urdu. Stone menyusul dalam Bahasa Inggris, begitu juga dengan Jagger dan Marley. Masing-masing mereka bernanyi dengan ciri khas masing-masing, soul, rock dan raggae, meski akhirnya tetap saja rock menjadi platform untuk lagu ini.

Secara umum atmosfir memang mendominasi, terimakasih untuk Jagger. Beuntungnya vokal Stone pun bisa disetir untuk terdengar rock, sehingga mampu menjadi tandem bagi Jagger. Kasus yang sama tidak bisa diharapkan dari Marley dan Rahman. Meski begitu bisa disebut vokal Marley adalah yang paling menonjol disini. Highlightnya dapat ditemui dalam track Rock Me Gently. Stone sendiri tampil dengan subtil untuk track I Can’t Take It No More. Begitu subtil, sehingga terkadang kita berharap dia bernyanyi solo tanpa harus ada Jagger mendampingi.

Overall, album ini masih memiliki materi yang menarik dan cukup menghibur. Kualitas produksi sudah pasti jaminan mutu. Setiap track dipoles dengan presisi yang matang. Hanya saja memang diperlukan selera yang sedikit berbeda untuk dapat menikmati album ini atau memang senang mendengarkan musik yang tidak biasa. Bagaimanapun talenta yang terkait dalam pembuatan album ini membuktikan mereka memang berkualitas dan berkelas. Dan jikalah SuperHeavy adalah sarana untuk memuaskan dan menyalurkan selera eksperimental mereka, maka tidak ada salahnya bagi kita untuk menikmatinya. Hey, kapan lagi proyek seperti ini terjadi dalam waktu dekat?

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
01. “SuperHeavy” 5:05
02. “Unbelievable” 3:50
03. “Miracle Worker” 4:09
04. “Energy” 3:42
05. “Satyameva Jayathe” 4:07
06. “One Day One Night” 4:37
07. “Never Gonna Change” 4:23
08. “Beautiful People” 5:00
09. “Rock Me Gently” 6:00
10. “I Can’t Take It No More” 3:21
11. “I Don’t Mind” 4:59
12. “World Keeps Turning” 3:43

Related posts

Leave a Reply