Trending News

Blog Post

Album of The Day: 2PM – Hands Up
Album of The Day

Album of The Day: 2PM – Hands Up 

Released by: Warner Music Indonesia

Everyone put your hands up and get your drinks upYeah, 2PM is back, everybody! Dua tahun setelah album debut mereka, The First Album 1:59PM (2009), Junsu, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho dan Chansung kembali lagi akan mengajak para hottest (sebutan pagi para fans 2PM) dan juga penikmat musik pop-progresif semua untuk menikmati album kedua mereka, Hands Up.

Put your Hands Up, Put your Hands Up, put, put, put, put, put

Dengan hook yang begitu mengundang untuk berdansa, sulit untuk menolak Hands Up, single pertama yang sekaligus menjadi judul untuk album ini. Meski repetitif, namun pengaruh RnB masih cukup mendominasi, menambah “panas” alunan dan beat lagunya. Tentu saja ini tidak aneh, karena semenjak debut mereka, 2PM sudah menawarkan segala enerjitas dan juga vitalitas dalam musik mereka. Tidak melulu hanya club-anthem dalam balutan musik mesin yang steril.

Atmosfir black-music pun kelihatan semakin kental terdengar, dimana mereka juga memilih untuk tidak bermain aman dengan menampilkan lagu-lagu ringan, easy listening dan cute, sebagaimana yang menjadi  trademark bagi kebanyakan boyband asal Korea Selatan.  Dengarkan saja Electricity, sebuah track hip-hop dengan street style, dimana rap dan vokal yang soulful bersaut-sautan dengan ritmisnya. Sementara dalam Give It Me, mereka tampil dengan sangat urban, hip dan sedikit jazzy.

Don’t You Know hadir dalam sentuhan synth-pop ceria ala awal 90-an dan meski dibalut dalam style musik yang cukup lawas, namun terdengar segar dan youthful. Nomor setipe hadir kembali dalam Don’t Stop Can’t Stop, hanya saja dalam warna yang lebih gelap, ala Gangsta Paradise-nya Coolio. Sedang dalam Hot mereka mempersembahkan sebuah nomor elektro-house yang gegap-gempita.

Track-track yang lebih “domestik” hadir dalam Without You atau I”ll Be Back yang menampilkan mereka dalam aransemen elektro-pop yang melankolis, dalam arti meski tempo berjalan cepat dan hadir dalam balutan synthesizer, namun tema lagu dan juga cara bernyanyi cenderung lebih mendayu dan romantis. Sedangkan untuk nomor balada yang mendayu-dayu, tentu saja tetap ada untuk memuaskan para penikmat K-Pop, sehingga hadirlah Like A Movie yang dinyanyikan dengan penuh perasaan. Meski begitu, untuk nomor-nomor down-tempo, pengaruh RnB yang kental tetap menjadi pilihan mereka, seperti yang dihadirkan dalam I Can’t atau Thank You.

Terlepas dari kendala bahasa, hands Up adalah album pop yang bisa memuaskan penikmat musik pop, karena musik yang mereka hadirkan tampil dalam pendekatan yang lebih kontemporer. Lagipula, bahasa Inggris juga diberdayakan dengan cukup ekstensif di setiap track, sehingga bisa cukup dipahami apa tema dari setiap lagu. Tentu saja, kebanyakan pop-mainstream yang banyak berdar saat ini, elektro-pop memang menjadi andalan utama. Tentu saja ini tidak terlepas dari tangan dingin J.Y. Park sebagai produser, yang paham bahwa musik yang ditawarkan oleh 2PM harus dapat diterima oleh pasar yang lebih luas, tidak melulu Korea atau Asia.

Vocal might not their excellent forte, but they are hip and dynamic and that’s make them really fun to listen. And they really can sing dance well. Dengan formula tersebut rasanya 2PM memang pantas menjadi idola. Yang mereka tawarkan adalah  pop yang fun dan fresh, tanpa pretensi untuk tampil sophisticated. Dengan tema-tema yang laid-back dan ringan, Hands Up justru sukses dalam menjalankan tugasnya, sebagai album pop yang menyenangkan. Personally, I even think that’s 2PM is better than their debut.

Tanpa tunggu lama lagi, mari kita menggerakkan badan and put our hands up and get our drinks up with the smashing 2PM.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST:
1. “Hands Up” 3:17
2. “Electricity” 3:52
3. “Give It To Me” 3:38
4. “Like a Movie” (????) 4:20
5. “Don’t You Know” (???) 3:45
6. “Hot” 3:30
7. “Without U” 3:20
8. “I’ll Be Back” 3:37
9. “I Can’t” Ra.D Ra.D 3:25
10. “Hands Up” (East4A Mix) 3:30
11. “Electricity” (220v Mix) 4:06
12. “Thank You” 3:58
13. “Don’t Stop Can’t Stop” 4:08

Related posts

Leave a Reply