Trending News

Blog Post

Album of The Day: James Morrison – The Awakening
Album of The Day

Album of The Day: James Morrison – The Awakening 

Released by: Universal Music Indonesia

Tiga tahun telah berlalu semenjak James Morrison mengeluarkan album keduanya yang berjudul Songs For You, Truths For Me. Kini, The Awakening hadir sebagai pertanda ‘kebangkitannya’ di tahun 2011. Diluncurkan pada tanggal 26 September silam dibawah label barunya, Island Records, album ini berdurasi 54:48 dengan berisi total 13 lagu (plus bonus track yang berjudul All Around The World) ditambah dengan satu lagu versi akustik dari lagu In My Dreams. Penasaran seperti apa Morrison yang baru? Yuk kita simak dulu review albumnya yang satu ini!

Masih berkisah seputar kisah kasih antar manusia, album Morrison ini dibuka dengan lagu In My Dreams yang bercerita tentang kehilangan. Yup, rupanya The Awakening memiliki arti tersendiri bagi sang musisi kelahiran tahun 1984 ini. Selain ingin membuat sesuatu yang terasa benar-benar ‘baru’ dengan sedikit menghilangkan sisi pop dari dalam dirinya – seperti dikutip dari wawancaranya dengan sebuah media – ia menyebutkan bahwa ia ingin memulai sebuah awal dimana ia ingin merasa sebagai musisi baru: dengan menganggap dua album pertamanya adalah ‘percobaan’ dan inilah album darinya yang ‘sebenarnya.’ Disisi lain, kehilangan figur sang ayah juga rupanya membawa dampak tersendiri terhadap album ini – dan ya, terbukti bahwa album Morrison kali ini memang terkesan lebih dalam dan ‘gelap’ dari dua album sebelumnya.

Sama dengan In My Dreams, lagu-lagu selanjutnya seperti 6 Weeks masih berkisar seputar kehilangan dan bagaimana rasanya untuk berperang melawan kenangan yang mengekang kita untuk tetap terus melangkah maju. Single utamanya sendiri, I Won’t Let You Go, memiliki arti dan nada mellow yang kurang lebih sama dengan lagu berikutnya – Say Something Now, dan Up – yang berkolaborasi dengan Jessie J: dimana Morrison seakan bercerita tentang seseorang yang akan terus setia menunggu orang yang dicintainya untuk kembali padanya. Untunglah lagu berikutnya yang juga merupakan single, berjudul Slave To The Music, juga lagu Forever, memiliki nuansa rock yang akan membuat kita lebih bersemangat setelah mendengar lagu-lagu sebelumnya. Tidak hanya itu, irama pop yang ceria juga membuncah keluar lewat lagunya yang berjudul Beautiful Life, yang seakan turut mengajak kita untuk keluar dan menikmati hidup. One Life sendiri juga memiliki nada yang cukup bersemangat, yang juga mengisahkan bagaimana kita tidak seharusnya menyia-nyiakan hidup karena kita hanya sekali tinggal di dunia ini. Lagu Person I Should Have Been dan The Awakening sendiri memiliki nuansa soul yang kental yang menceritakan tentang keinginan untuk berubah menjadi orang yang lebih baik – yang lagi-lagi, dikemas dalam suasana yang cukup gelap juga bertabur dengan alat musik lain seperti tamborin dan sejenis windchime. Right By Your Side sendiri berkisah tentang betapa besarnya cinta yang dimiliki seseorang kepada kekasihnya. Bonus tracknya sendiri memang benar-benar ‘mengejutkan’: All Around The World dibesut sebagai track yang memiliki nuansa reggae di dalam musiknya!

Disamping itu, alat-alat musik seperti gitar, piano, biola, dan drum masih merupakan alat musik krusial yang menemani Morrison untuk membangun suasana dari lagu-lagunya kepada para pendengarnya. Secara keseluruhan, bisa dibilang The Awakening ini seperti terbuat dari lagu debutnya terdahulu – You Give Me Something – yang diperpanjang. Kenapa? Karena meskipun terkesan kelam, menyayat hati dan mempunyai arti yang dalam, secara mengejutkan lagu-lagunya tidak hanya bisa membuat kita berpikir mengenai maknanya, namun juga indah dan memiliki nada-nada yang menghanyutkan yang akan membuai kita untuk terus mendengarkan lagu berikutnya hingga habis – dan yang terpenting, memiliki potensi yang sama besarnya untuk menjadi hits di jajaran tangga musik dunia. Memang hanya ada beberapa lagu yang memiliki kesan ceria terpancar dari albumnya kali ini, tetapi itu tidak akan menghalangi para penggemar musik untuk menikmati lagu-lagu ciptaan Morrison yang juga bekerjasama dengan co-writer Martin Brammer dan Steve Robson, juga Bernard Butler dan Mark Taylor sebagai produser ini.

Overall, The Awakening sangat cocok untuk didengarkan di musim hujan seperti ini. Just sit back, listen, and relax – dan layak untuk dibeli bagi siapapun kamu – baik penggemar Morrison atau bukan.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Natya Sekar Arum / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “In My Dreams” 4:44
2. “6 Weeks” 3:13
3. “I Won’t Let You Go” 3:49
4. “Up” (featuring Jessie J) 3:38
5. “Slave to the Music” 3:23
6. “Person I Should Have Been” 3:46
7. “Say Something Now” 4:01
8. “Beautiful Life” 2:42
9. “Forever” 3:41
10. “The Awakening” 5:10
11. “Right by Your Side” 4:59
12. “One Life” 3:18
13. “All Around the World” (bonus track) 3:17

Related posts

Leave a Reply