Trending News

Blog Post

Album of The Day: 2PM – Republic of 2PM
Album of The Day

Album of The Day: 2PM – Republic of 2PM 

Released by: Sony Music Indonesia

Seperti sebuah kewajiban, mayoritas musisi asal Korea Selatan tak lupa untuk mempersiapkan album berbahasa Jepang mereka, termasuk juga dengan kumpulan enam pemuda yang bernama 2PM ini. Di tahun 2011 ini, setelah melepas album kedua mereka yang bertajuk Hands Up, menjelang akhir tahun, memeriahkan diskografi mereka dengan merilis album berbahasa Jepang mereka, Republic of 2PM.

Sebelum album ini akhirnya dapat didengar secara utuh, sebelumnya 2PM telah merancang strategi dengan membiarkan para penikmat musik dengan single-single berbahasa Jepang mereka sebagai pemanasan, yang dibuka dengan Take Off yang disusul dengan I’m Your Man dan Ultra Lover. Take Off Take Off yang ditulis oleh produser mereka, JY Park, bersama penulis asli Jepang, Kato dan KOMU, ini adalah sebuah nomor elektro-synth-pop uptempo yang sangat dipenuhi dengan enerji dan vitalitas. Dan nyaris tidak ada autotune disini dimana keenam pria ini dengan cukup berani menampilkan kekuatan vokal mereka. Dirilis pada tanggal 18 May, dan berhasil menduduki posisi nomor 4 untuk debutnya di chart mingguan Oricon.

Ultra Lover adalah sebuah dance-pop dengan pengaruh synth-pop-disco ala 80-an, ceria, segar dan sangat mudah dicerna sedang I’m Your Man adalah sebuah elektro-pop bertempo kencang yang mengajak untuk berdansa, meski sekali lagi mengambil sound 80-an sebagai influsi. Secara umum, Republic of 2PM memang dipenuhi lagu-lagu up-tempo / elektro-pop bertempo cepat meski tidak melulu harus condong pada dance-hall. Contohlah Stay With Me, yang meski memiliki musik olahan mesin dalam sebuah balutan elektro-pop, namun sebenarnya ini adalah sebuah yang cenderung melankolis.

Tidak lupa lagu bergaya Hip-Hop, yang lagi-lagi terdengar old-school seperti Crazy In Love, dimana rap menjadi porsi utama. Sedang pada Unmei (Fate), dance anthem yang riuh menjadi andalan. Bahkan untuk lagu-lagu lawas mereka yang dibawa ulang dalam bahasa Jepang, 2PM pun menghadirkan lagu-lagu bertempo cepat, seperti I’ll be Back, Without U, Heartbeat dan tentu saja Hands Up. Tampaknya 2PM memang ingin memperkenalkan diri mereka sebagai kumpulan penyanyi yang berkonsentrasi pada musik-musik ritmis yang bertenaga.

Tentu saja album tak lengkap tanpa kehadiran lagu-lagu balada downtempo atau mitempo yang mengharu-biru. Album memang hanya memberi ruang pada dua buah lagu, namun dimanfaatkan dengan cukup maksimal. 100-Nichi Kinenbi (100th Day Anniversary) memang masih diiringin oleh musik yang sedikit berenerji, namun ini adalah sebuah lagu cinta romantis. Sedang untuk balada yang hadir dengan lebih sendu dan mengalun ada pada Hanarete Ite Mo (Even When We’re Apart), yang mengingatkan akan dorama-dorama Jepang yang romantis dan lembut.

Setelah didengarkan secara penuh, Republic of 2PM tampaknya mempunyai visi yang kuat untuk album berbahasa Jepang mereka. Lagu-lagunya hadir dengan solid dan memiliki benang merah yang sama, sehingga ruang-ruang terisi dengan baik tanpa harus terdengar jomplang akibat hadirnya berbagai jenis lagu yang berbeda-beda, hanya karena ingin menujukkan ke-serba-bisa-an. Meski Bahasa Jepang bukanlah bahasa ibu mereka, namun dari segi pelafalan hadir dengan cukup sempurna. Nyaris tidak terdengar cengkok Korea mereka dan bernyanyi layaknya seorang Jepang sejati.

Tentu saja kita tidak bisa tidak untuk membandingkan Republic of 2PM dengan album-album berbahasa Korea mereka sebelumnya. Namun yang pasti, ini adalah album yang sangat menyenangkan untuk didengar. Tidak ada lagu yang membosankan. Keseluruhan materi album memiliki kualitas estetika bermusik yang cukup dapat dipertanggungjawabkan. Pastinya ada pesan tersendiri mengapa 2PM mengembel-embeli album ini dengan kata-kata republik. Tampaknya, mereka ingin mendeklarasikan sebuah kumpulan pemuda yang tidak hanya cemerlang bernyanyi namun juga memiliki kekuatan pop yang seru. Sekarang tinggal kepada para pendengarya saja, apalah bersedia menjadi warganegaranya atau tidak. Hmmm, pilihan yang sulit untuk ditolak.

Official Website

Rate This Album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “I’m Your Man” 3:14
2. “Ultra Lover” 3:22
3. “I’ll Be Back” (Japanese version) 3:39
4. “Stay With Me” 3:30
5. “Without U” (Japanese version) 3:23
6. “Crazy in Love” 3:31
7. “100th Day Anniversary” (100????, 100-Nichi kinenbi) 3:47
8. “Take Off” 3:24
9. “Hands Up” (Japanese version) 3:21
10. “Fate” (??, Unmei) 3:40
11. “Heartbeat” (Japanese version) 3:19
12. “Even When We’re Apart” (??????, Hanarete ite mo) 4:44

Related posts

Leave a Reply