Trending News

Blog Post

Album of The Day: Justin Bieber – Under The Mistletoe
Album of The Day

Album of The Day: Justin Bieber – Under The Mistletoe 

Released by: Universal Music Indonesia

Dalam rentang waktu kurang lebih 3 tahun berkarir di industri musik, Justin Bieber tampaknya sudah mempunyai hampir semua jenis album mulai dari acoustic hingga remix dan pada akhir tahun ini Ia kembali merelease sebuah jenis album yang belum pernah Ia punya sebelumnya yaitu sebuah album natal yang diberi judul Under The Mistletoe. Walau sedang sibuk proses recording untuk album keduanya yang akan dijadwalkan release tahun 2012, Justin Bieber menyempatkan diri untuk membuat sebuah album natal dimana Ia mengatakan bahwa ingin memberikan sebuah album baru untuk para fansnya untuk didengarkan sepanjang holiday season dan pilihan untuk membuat album natal adalah pilihan yang tepat. Dengan campuran beberapa lagu baru dan lagu daur ulang, seperti apakah album natal versi Justin Bieber ini? Mari kita simak bersama-sama.

Melihat lebih jauh ke dalam album berisi 11 track untuk standard version dan 15 track untuk deluxe version ini, Under The Mistletoe diproduseri oleh nama-nama besar di industri musik mulai dari The Messengers hingga Tricky Stewart. Membuat sebuah album natal bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah karena dibutuhkan sebuah kreatifitas yang cukup tinggi untuk membuat sebuah album natal agar tidak terkesan generic. Album dibuka oleh sebuah lagu original berjudul Only Thing I Ever Get for Christmas. Sebuah lagu dengan instrumen gitar acoustic dan balutan beat RnB ini memiliki hook di chorusnya dan terdengar sangat pas dinyanyikan oleh Justin. Track selanjutnya ada Mistletoe, lagu yang direlease sebagai single andalan untuk album ini. Mistletoe dibuka oleh bebunyian lonceng ala natal serta permainan gitar acoustic bergaya reggae membuat lagu ini sangat bernuansa natal dan pastinya berhasil menarik perhatian siapa saja untuk mendengarkan lagu ini, ditambah dengan chorus yang catchy maka sangat tepatlah apabila lagu ini dijadikan single pertama untuk album ini.

Apa jadinya album Justin Bieber tanpa kehadiran sang mentor Usher? Dalam album inipun Usher turut menyumbangkan suaranya dalam sebuah lagu daur ulang berjudul The Christmas Song. Secara keseluruhan tidak ada sesuatu yang spesial dalam lagu ini karena beberapa lagu natal memang sudah mempunyai struktur yang sangat kuat sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan sang penyanyi untuk bisa berimprovisasi, hal ini juga terjadi pada lagu Silent Night dimana Justin membawakan lagu ini dalam versi original dengan diiringi oleh iringan piano. Dalam lagu Santa Claus Is Coming To Town Justin berhasil memberikan sentuhan modern dalam lagu ini dan membuat lagu ini terdengar segar. Namun,kalau ada 1 lagu yang harus anda dengarkan dalam album ini itu adalah Drummer Boy dimana Ia mengajak rapper Busta Rhymes. Justin tetap menyanyikan bagian chorusnya yang juga merupakan signature dari lagu ini dalam versi original namun ketika lagu memasuki verse Justin dan Busta Rhymes mengisi bagian ini dengan rap. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Justin selalu berusaha untuk mencoba ngerap dan usahanya kali ini tidaklah buruk.

Tidak hanya Usher, Justin juga mengajak beberapa musisi lainnya untuk berkolaborasi dalam album ini. Ia menyanyikan sebuah lagu berjudul Fa La La bersama Boyz II Men, sebuah lagu dalam balutan RnB yang kental ini dikabarkan akan direlease menjadi single selanjutnya untuk album ini. Menyandingkan vokal Justin bersama Boyz II Men bukanlah sebuah keputusan yang tepat karena ketika mereka menyanyikan bagian chorusnya bersama-sama,walaupun vocal Boyz II Men ditampilkan sebagai latar namun tetap terdengar lebih dominan. Pada lagu All I Want For Christmas Is You, Justin mengajak original singer dari lagu ini untuk berduet bersamanya yaitu Mariah Carey. Dari segi musik, tidak ada perubahan yang berarti dengan versi original namun vocal Justin berhasil membawa suasana kekinian untuk lagu ini. Justin juga mengajak band country yang dikenal dengan lagu If I Die Young daun yaitu The Band Perry untuk menyanyikan lagu berjudul Home This Christmas. Sebuah lagu bernuansa pop-country namun tetap dalam suasana natal dan untuk mendapatkan feel tersebut kita bisa mendengar bunyi lonceng disepanjang lagu ini.

Dengan dukungan jutaan fansnya di US, Justin Bieber berhasil menempatkan Under The Mistletoe pada posisi 1 US Billboard 200 album dengan penjualan sebanyak 210.000 di minggu pertamanya. Secara keseluruhan, saya bisa katakan apabila tujuan Justin adalah untuk memberikan sebuah album yang bisa didengarkan oleh para fansnya pada hari natal maka album natal ini akan cukup menghibur untuk didengarkan pada hari natal bersama keluarga dan teman-teman. Bagi para Belieber pastinya tidak akan melewatkan album yang satu ini dan bagi anda yang sedang mencari sebuah album untuk didengarkan pada hari natal nanti, album ini bisa dijadikan sebuah pilihan.

Official Website

Rate this album: [ratings]

Ikuti CD Quiz berhadiah 15 CD Justin Bieber “Under The Mistletoe” here

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Only Thing I Ever Get for Christmas
2. Mistletoe
3. The Christmas Song (Chestnuts Roasting on an Open Fire) (ft. Usher)
4. Santa Claus Is Coming to Town
5. Fa La La (ft. Boyz II Men)
6. Christmas Love
7. All I Want for Christmas Is You – Duet with Mariah Carey
8. Drummer Boy (ft. Busta Rhymes)
9. All I Want Is You
10. Home This Christmas (ft. The Band Perry)
11. Silent Night
Deluxe Version
12.Christmas Love
13.Fa La La (acapella) (ft. Boyz II Men)
14. Pray
15. Someday at Christmas

Related posts

Leave a Reply