Trending News

Blog Post

Album of The Month: Rihanna – Talk That Talk
Album of The Day

Album of The Month: Rihanna – Talk That Talk 

Released by: Universal Music Indonesia

Banyak yang menyangka kalau album Loud akan dirilis ulang pada tahun ini, namun dalam statementnya, Rihanna mengatakan bahwa Loud merupakan album utuh yang memiliki satu kesatuan tersendiri dan tidak dapat di ganggu gugat, “Kalian semua berhak mendapatkan sesuatu yang baru!!” dan Talk That Talk adalah jawabannya. Setelah berputar 180 derajat dari album ke-empatnya dan berevolusi melalui Loud, Talk That Talk semakin memantapkan Rihanna sebagai penyanyi wanita yang sangat produktif dalam merilis album dan juga hits. Setelah banyak perubahan melalui Loud, dengan Talk That Talk Rihanna seolah mengajak penggemarnya untuk berinteraksi dengan musik yang ia tawarkan. Rihanna terus berubah menjadi wanita yang makin matang, dewasa dan nakal tentunya. Ditambah label Parental Advisory/Explicit content, album ke-enam Rihanna ini memang memuat nuansa sensual serta sedikit vulgar.

Dari materi musik yang disediakan, meski tidak berbeda dengan Loud, nuansa dubstep yang kian populer dipilih oleh Rihanna. Sebut saja “You Da One”, hingga kedua track berikutnya. Merupakan suatu keberuntungan sekali bisa bekerja sama dengan Dr. Luke mengandalkan irama reggae down-tempo, tidak tedengar berat dan perhatikan liriknya “You the one that I dream about all day, You the one that I think about always, You Are The One So I Make Sure I Behave!, My love is your love, your love is mine” earcatchy dan dapat menjadi anthem baru. Jangan terkejut mendengar hasil tangan dingin Dr. Luke berikut ini, “Where Have You Been” meski terdengar berat, perpaduan electro, techno dan trance seakan membakar lantai dansa, it’s a club banger! Nuansa clubbing masi berlanjut dengan “We Found Love”, dengan mengandeng DJ kenamaan Calvin Harris, musik upbeat tempo yang disajikan simple dan tidak terlalu rumit untuk dicerna, semakin memantapkan Rihanna dengan musikalitas yang terus berkembang.

Tinggalkan dentuman musik electro, apa yang terjadi dengan dua buah track berikut? melalui “Talk That Talk” Rihanna kembali mengajak rapper Jay-Z, yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan menghasilkan monster hits “Umbrella”. “Talk That Talk” sendiri mengambil sampling lagu milik The Notorious B.I.G.’s, yakni “I Got A Story To Tell”, begitu pula dengan track”Cockiness (Love It)” meski kedua track hip hop tersebut masih dalam kategori earcatchy, sayangnya bermuatan lirik yang terkesan kasar dan vulgar, begitu juga dengan “Birthday Cake”, merupakan track interlude yang memang dibuat singkat, be wise to hear it!.

Bagaimana dengan track balladnya? Mari nikmati “We All Want Love” dimana vokal Rihanna terdengar maksimal dan dibalut dengan gitar akustik serta pukulan drum yang tidak begitu keras. Melalui “Drunk On Love”, Rihanna masih mengandalkan kerja sama dengan dedengkot lamanya StarGate dan Ester Dean, mengambil sampling musik milik band asal Inggris The XX melalui lagu “Intro” track ini dipengaruh musik trance dan sedap untuk dinikmati. Mendengarkan “Roc Me Out”, seolah mendengarkan perpaduan antara “S&M” serta “Rude Boy” dan Rihanna mencoba menambah nuansa rock dan berhasil. berlanjut dengan “Watch n’ Learn” masih berpadu dengan irama reggae dan hip hop dan ditutup dengan “Farewell” track ballad yang sempurna.

Tampaknya tidak menjadi sesuatu yang sia-sia buat Rihanna ketika memutuskan merilis album baru, ketimbang merilis ulang album sebelumnya yang memang banyak menghasilkan hits. Kejadian tersebut cukup hanya dialbum ketiganya saja, Good Girl Gone Bad:Reloaded. Mendengarkan Talk That Talk seolah mengajak pendengar ke dunia Rihanna yang manja, glamour, hingar bingar tapi diselingi sedikit yang berbau vulgar tentunya. Berterima kasihlah kepada Calvin Harris, Chase & Status, Dr. Luke, Ester Dean, StarGate, The-Dream serta beberapa nama lain yang menjadi produser dan peramu musik, di samping Rihanna juga bertindak sebagai penulis dan executive produser. Dengan membawa nuansa musik yang beragam, tidak heran album ini nantinya akan menghasilkan banyak hits, atau tidak? Hanya waktu yang bisa menjawab. Namun melihat perjalan Rihanna sampai saat ini, dipastikan banyak hits yang akan dihasilkan, tunggu saja dan pastinya rugi banget melewatkan album ini. So, now it’s time to have, to talk and to hear, that’s why it call Talk That Talk, enjoy!

Official Wesbite

Rate this single: [ratings]

Ikutin CD Quiz berhadiah 25 CD Rihanna “Talk That Talk” disini

(Joe Ari Darius/CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “You Da One” 3:20
2. “Where Have You Been” 4:02
3. “We Found Love” (featuring Calvin Harris) 3:35
4. “Talk That Talk” (featuring Jay-Z) 3:29
5. “Cockiness (Love It)” 2:58
6. “Birthday Cake” 1:18
7. “We All Want Love” 3:57
8. “Drunk on Love” 3:32
9. “Roc Me Out” 3:29
10. “Watch n’ Learn” 3:31
11. “Farewell”4:16

Vote your favourite Track here:

Artist Of The Month Rihanna by creativedisc

Related posts

Leave a Reply