Trending News

Blog Post

Concert Review : Katy Perry Live at SICC,Sentul
Concerts Review

Concert Review : Katy Perry Live at SICC,Sentul 

Salah satu konser yang sudah dinanti-nantikan sejak tahun 2011 lalu setelah sempat beredar rumor bahwa Katy Perry akan menggelar konser tahun lalu akhirnya terwujud pada awal tahun 2012 ini. Dipromotori oleh Ismaya Live, FM Live, Mahkota Production dan Walls Buavita, akhirnya pada hari kamis, 19 January 2012, Katy Perry dijadwalkan untuk tampil di Sentul International Convention Centre (SICC). Tiket langsung terjual habis dalam waktu singkat sejak hari pertama penjualan dan menurut promotor, total ada 7000 tiket yang dijual. Indonesia cukup beruntung karena Katy Perry memutuskan untuk memperpanjang California Dreams tournya yang seharusnya sudah berakhir pada akhir tahun 2011 lalu sehingga tidak heran apabila antusias penonton begitu tinggi terhadap konser ini.

Penonton sudah datang ke SICC sejak siang hari dimana Walls Buavita selaku promotor membuat sebuah konsep hiburan yang dinamakan Walls Buavita Land dengan berbagai games serta stand-stand yang menarik, tidak ketinggalan ada juga penampilan beberapa musisi Indonesia seperti Ran dan Raisa untuk menghibur para penonton. Pintu masuk ke dalam venue dibuka pada pukul 6 sore dan sebagian besar penonton yang sudah menunggu segera masuk ke dalam venue. Di dalam, penonton menunggu kira-kira selama 2 jam karena acara baru dimulai pada pukul 8 oleh penampilan DJ Skeet Skeet asal Los Angeles, Amerika Serikat. DJ Skeet Skeet adalah DJ yang menjadi opening act bagi Katy Perry di berbagai negara seperti di Inggris dan Australia. Tampil dengan memash-up berbagai lagu dari mulai We Found Love, Tik Tok, Somebody That I Used To Know, Princess Of China hingga Pumped Up Kicks, DJ Skeet Skeet tanpa kesulitan berhasil memanaskan suasana pada malam itu. Bermodalkan remix lagu-lagu top yang Ia remix sendiri, DJ Skeet Skeet berhasil membuat para penonton yang hadir bergoyang bersama. Tampil selama kurang lebih 30 menit, DJ Skeet Skeet menutup penampilannya dengan single terbarunya yang bisa di download secara gratis dari halaman facebooknya. Setelah penampilan DJ Skeet Skeet selesai,dibutuhkan waktu sekitar 30 menit lagi untuk penampilan Katy Perry.

Tepat pada pukul 9.15, lampu dimatikan dan tirai yang menutup stage perlahan terbuka yang disambut oleh teriakan histeris para penonton. Konser dibuka oleh sebuah footage film California Dreams dimana menceritakan Katy Perry bekerja di sebuah butchery dan ketika pulang Ia mampir ke sebuah toko kue dimana Ia sangat terpikat oleh sang penjaga toko kue tersebut yang Ia panggil bakery boy. Setelah sesampainya dirumah, Katypun tidur namun Ia tiba-tiba terbangun dari tidurnya dan melihat kucing peliharaannya keluar dari dalam kamarnya. Katypun segera keluar untuk mengikuti kucing tersebut dan dari sinilah California Dreams dimulai. Intro lagu Teenage Dream segera terdengar ketika footage film selesai dan Katy Perrypun naik ke atas panggung yang disambut oleh teriakan para penonton yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan penyanyi favoritnya ini. Tampil dengan kostum putih dihiasi oleh lolipop yang bisa berputar disekeluiling kostumnya, Katy tampil dengan sangat enerjik di lagu pertamanya ini. Para penontonpun tidak kalah enerjik dan tanpa perlu dikomando bernyanyi bersama Katy di sepanjang lagu. Setelah Teenage Dream, tanpa banyak basa basi Katy langsung melanjutkan dengan lagu Hummingbird Heartbeat. Setelah membawakan lagu ke-2, Katy menyempatkan diri untuk menyapa para penonton dan juga memberitahukan bahwa setelah perjalanan panjang selama 27 jam dari Los Angeles, Katy akhirnya bisa sampai ke Indonesia. Ini adalah kunjungan pertama Katy ke Indonesia dan Ia sangat senang akhirnya bisa menggelar konser disini. Lagu selanjutnya yang Ia bawakan adalah Waking Up In Vegas, penampilan pada lagu ini semakin heboh dengan munculnya backup dancer yang berpakaian seperti slot machine dan juga seorang backup dancer yang tampil seperti Elvis. Tidak sampai disitu, Katy beserta backup dancernya membagikan cokelat berbentuk koin dimana pada bungkus cokelatnya ada logo California Dreams Tour dan dibaliknya ada tulisan Katy Perry. Sebelum membawakan lagu selanjutnya, Katy kembali ke belakang panggung untuk berganti kostum dan footage film California Dreams pun dilanjutkan. Lagu selanjutnya adalah Ur So Gay dan kali ini Katy tampil seperti seorang putri dengan gaun berwarna biru dan pada lagu ini Katy tampil bersama 2 orang pantomim. Tidak hanya tampil enerjik tetapi suara Katypun tetap terjaga dan terdengar powerful sepanjang lagu. Selesai membawakan Ur So Gay, Katy melepas bagian bawah dressnya dan memasang hiasan bulu karena lagu selanjutnya yang Ia bawakan adalah Peacock. Bisa saya katakan bahwa koreografi serta kostum pada lagu ini sangat menawan dan Katy terlihat benar-benar seperti Peacock yang indah.

Setelah membawakan Peacock, Katy kembali berganti kostum namun kali ini Ia menggantinya di panggung dan hanya ditutupi oleh bulu-bulu yang dipegang oleh para backup dancernya. Katy tampil dengan dress berwarna hijau muda yang sexy. Katy berbincang-bincang dengan para penonton sebelum membawakan lagu selanjutnya. Katy mengatakan bahwa Ia ingin mencari seorang pacar dari Indonesia yang disambut oleh teriakan para penonton laki-laki. Ia juga menanyakan umur berapa yang legal untuk berpacaran di Indonesia dan bertanya siapa yang ingin menjadi pacarnya. Karena hampir semua penonton laki-laki mengangkat tangan maka Katy mengatakan bahwa laki-laki pertama yang melepaskan bajunya boleh naik ke atas panggung. Dengan sangat cepat, beberapa penonton laki-laki tanpa ragu segera melepas bajunya dan 1 diantaranya cukup beruntung karena ditunjuk Katy untuk naik ke atas panggung. Lelaki yang setelahnya dikethaui bahwa bernama Adry Julian ini bisa dikatakan lelaki paling beruntung pada konser pada malam itu karena tidak hanya berhasil mencium pipi Katy Perry 1 kali tetapi 3 kali. Setelah meberitahu Adry untuk turun panggung, Katy segera menlanjutkan acara dengan membawakan I Kissed a Girl. Pada verse pertama lagu ini, Katy membawakannya dalam versi yang lebih jazzy dan memasuki verse ke2 barulah music terdengar seperti music yang ditampilkan dalam record. Setelah I Kissed a Girl, Katy kembali ke belakang panggung untuk berganti kostum yang kesekian kalinya. Katy kali ini tampil dalam busana seperti kucing dan membawakan lagu Circle The Drain dengan suasana yang kelam. Suasana kelam itu tetap terasa dalam lagu selanjutnya yaitu ET. Bisa dikatakan ET adalah salah satu penampilan terbaik pada malam itu karena sinar laser yang keluar dari panggung terlihat begitu luar biasa. Dalam suasana yang gelap, laser yang berwarna-warni itu berhasil menerangi venue dan penontonpun takjub dibuatnya. Lagu selanjutnya yang dibawakan adalah Not Like The Movies dan The One That Got Away. Untuk membawakan kedua lagu tersebut,Katy berganti kostum menjadi gaun panjanga berwarna merah-putih dan Ia menduduki ayunan yang digantung cukup tinggi. Ketika membawakan Not Like The Movies, sebagai background terlihat potongan berbagai clip disney yang romantis. Untuk lagu The One That Got Away, Katy membawakannya dalam versi acoustic dan disinilah bisa terdengar dengan jelas kualitas suara seorang Katy Perry.

Setelah The One That Got Away, Katy kembali ke belakang panggung dan para backup dancer mengisi gap tersebut dengan membawakan lagu I Want Candy. Setelah break tersebut, terdengarlah intro lagu Hot and Cold yang tampaknya adalah salah satu lagu yang paling dinanti-nantikan oleh para penonton karena sepanjang lagu suara penonton terdengar begitu keras menyanyikan lagu ini. Lagi-lagi Katy menyuguhkan sesuatu yang spesial karena selama membawakan lagu ini Katy berkali-kali berganti kostum dalam waktu yang sangat cepat dengan hanya ditutupi oleh kain atau box layaknya seperti seorang pesulap. Lagu selanjutnya, Katy membawakan Last Friday Night. Hal yang menarik selama Katy menyanyikan Last Friday Night ini adalah pada layar terlihat bermacam-macam foto lucu dari crew Katy Perry mulai dari para crew mengenakan wig biru seperti Katy hingga ketika salah satu crew sedang tertidur. Parade hits yang dinyanyikan Katy Perry masih terus berlanjut dengan dinyanyikannya Fireworks. Pada lagu ini Katy mengenakan kostum berwarna putih yang dihiasi oleh bohlam di sekeliling bajunya dan bohlam ini tidak hanya menjadi hiasan tetapi juga bisa menyala. Memasuki paruh akhir lagu, panggung dihebohkan dengan adanya kembang api sungguhan yang menghiasi panggung dan sekali lagi, penontonpun berhasil dibuat takjub dengan production pada konser Katy Perry ini. Setelah membawakan Fireworks, lampu menjadi gelap dan Katy serta backup dancernya kembali ke belakang panggung. Setelah beberapa saat, footage film California Dreams dilanjutkan sekaligus ini adalah bagian akhir dari konser ini. Apalah artinya konser California Dreams ini tanpa Katy menyanyikan lagu California Girls. Ya, inilah lagu terakhir sebagai penutup dari konser ini. Tampil luar biasa heboh dengan banyaknya backup dancer yang muncul serta beberapa diantaranya berpakaian sebagai gingerbread man. Kemeriahan konser ini ditutup dengan Katy yang menembakkan tembakan berisi busa kepada penonton dan alhasil para penonton di bagian festival menjadi basah terkena busa ini. Sungguh sebuah cara mengakhiri sebuah konser yang luar biasa.

Secara keseluruhan, penampilan Katy Perry yang berlangsung selama sekitar 90 menit bisa dikatakan luar biasa menghibur dan waktu terasa berjalan sangat cepat karena penonton diajak untuk masuk ke dalam konser ini melalau footage film yang ditayangkan. Storyline dalam film untuk konser inipun berhubungan erat dengan lagu-lagu yang dibawakan Katy Perry. Setelah menyaksikan konser ini, terjawab sudah mengapa California Dreams Tour memenangkan Best Live Act pada MTV Europe Music Awards 2011 karena konsep yang ditawarkan pada konser ini memang bisa dikatakan luar biasa bagus dan cocok dengan image Katy Perry serta lagu-lagunya yang fun. Appresiasi lebih juga patut diberikan kepada promotor yang berhasil mengadakan konser ini dan sesuai dengan apa yang mereka janjikan yaitu sebuah konser dengan full production seperti apa yang ada di negara-negara lainnya. Sekali lagi, saya bisa meyakinkan bahwa California Dreams Tour ini adalah salah satu konser terbaik yang pernah ada di Indonesia dan dunia.

SETLIST
1. Teenage Dream
2. Hummingbird Heartbeat
3. Waking Up In Vegas
4. Ur So Gay
5. Peacock
6. I Kissed a Girl
7. Circle The Drain
8. E.T.
9. Not Like The Movies
10. The One That Got Away
11. Candy / Dance Break
12. Hot n Cold
13. Last Friday Night
14. Fireworks
15. California Girls

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply