Trending News

Blog Post

Album of The Day: Four Year Strong – In Some Way, Shape or Form
Album of The Day

Album of The Day: Four Year Strong – In Some Way, Shape or Form 

Released by Universal Music Indonesia

Semenjak terbentuk di tahun 2001, band pop-punk asal Amerika, Four Year Strong, rasanya cukup konsisten dengan genre yang dipilihnya. Begitu juga dengan album yang menjadi karya mereka. Ini terbukti dengan dirilisnya album ke empat mereka, In Some Way, Shape or Form. Dengan amunisi 12 lagu, album ini masih menampilkan kemampuan mereka dalam menyusun komposisi musik yang keras namun tetap melodik dan sangat mudah dinikmati. Jika kemudian ada yang menyebutkan subgenre yang dibawakan oleh Four Year Strong sebagai pop dalam balutan punk, mungkin tidak salahnya, akan tetapi semangat menggebu yang dibawa oleh Dan O’Connor, Alan Day, Joe Weiss dan Jake Massucco boleh mendapat apresiasi tersendiri.

Tentu saja sepanjang karir selama satu dekade mereja, tidak bisa dinafikan jika ada pergerakan yang cukup signifikan dalam balutan musik yang mereka usung. Demikian yang bisa kita simak saat mendengarkan album ini. Dengan mendengarkan Just Drive, yang merupakan single pertama untuk album ini, kita pun sadar jika Four Year Strong lagi-lagi memberi sentuhan melodik dalam musik mereka yang gahar. Lagu yang memiliki unsur rock yang tebal dengan riff gitar yang kasar serta tetabuhan drum yang enerjik. Sang vokalis, Dan O’Connor pun bernyanyi dengan semangat rock yang kental, dan tetap terdengar intens tanpa harus menggunakan teknik growling. Selain melodik, Just Drive juga terdengar cukup organis, karena kali ini Four Year Strong telah mengeliminir arsiran synth yang biasanya terdapat di musik mereka. Tentu saja ini juga disebabkan karena mereka telah ditinggal oleh kibordis mereka.

Dengan menjadikan Just Drive sebagai teaser, Four Year Strong mengindikasikan jika lagu-lagu yang gampang dicerna memang memenuhi album ini. Bagi yang familiar dengan band ini pasti menyadari jika ada peruban dalam gaya musik mereka. Unsur pop-punk tetap menjadi rumus utama, akan tetapi terlihat jika kumpulan ini lebih mengejar melodi yang cenderung easy listening dan menghindarkan aransemen yang ruwet. Coba saja simak The Security of the Familiar, the Tranquility of Repetition, Bring On The World, atau mungkin The Infected. Formula yang dipakai terasa terlalu familiar dan mungkin bahkan terdengar repetitif. Namun jangan kuatir, In Some Way, Shape or Form masih mempunyai materi yang sangat layak untuk disimak, seperti Fight The Future yang bergemuruh, Sweet Kerosene yang berderap atau Unbreakable yang  anthemik. Bahkan jika merindukan Four Year Strong dalam corak lama mereka, masih bisa menemukan di Fairweather Fan, yang intens dan gelap.

Mungkin bagi beberapa kalangan fans, album In Some Way, Shape or Form tidak terdengar seperti apa yang biasa mereka kenal. Bahkan nyaris mirip dengan banyak band-band sejenis yang ada, contohlah Sum 41, All American Rejects atau Fall Out Boy. Akan tetapi jangan langsung memberi cap jelek, karena pada dasarnya Four Year Strong masih bisa diandalkan dalam memberi kita pengalaman rock yang seru. Pilihan-pilihan lagunya mungkin tidak variatif akan tetapi kita masih bisa merasakan antusiasme dalam musik mereka. Bahkan, jika kita menilik lirik-lirik yang melekat di lagu-lagu yang terdapat di album ini, ada nuansa gelap dan juga emosinil dalam tema-temanya. Tentu ini menjadi catatan lebih, daripada sekedar menyanyikan tentang kemarahan atau jatuh cinta misalnya.

Mungkin ada alasan mengapa Pete Wentz dari Fall Out Boy menyukai hibrida hard core, pop, punk dan semangat indie Four Year Strong hingga mengajak mereka untuk bergabung ke dalam Decaydance Records. Jika kemudian ada yang menganggap masuknya Four Year Strong ke dalam label tersebut sama dengan hijrah ke ranah yang lebih mainstream, itu juga merupakan anggapan yang dapat ditolerir. Apa pun pilihan yang diambil oleh Four Year Strong, hal tersebut merupakan bagian dari perjalanan musikalitas mereka. Meski mungkin In Some Way, Shape or Form bukan merupakan album terbaik mereka, akan tetapi album ini tetap menarik untuk disimak. Urusan suka atau tidak, itu urusan pribadi masing-masing. Mengutip Dan O’Connor, “This is what we do. Love us or hate us, we are Four Year Strong.”

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Infected” 3:17
2. “The Security of the Familiar, the Tranquility of Repetition” 3:28
3. “Stuck in the Middle” 3:42
4. “Just Drive” 3:32
5. “Fairweather Fan” 3:30
6. “Sweet Kerosene” 3:22
7. “Falling on You” 3:36
8. “Heaven Wasn’t Built to Hold Me” 3:06
9. “Unbreakable” 3:12
10. “Bring on the World” 3:12
11. “Fight the Future” 3:04
12. “Only the Meek Get Pinched, the Bold Survive” 3:51

Related posts

Leave a Reply