Trending News

Blog Post

May Artist Highlight – Fun.
Reviews

May Artist Highlight – Fun. 

Image and video hosting by TinyPic
Sebagian dari kita mungkin masih kurang familiar dengan nama band yang satu ini. Fun. adalah band yang jadi sorotan pecinta musik sejak single mereka menduduki posisi 1 Billboard HOT 100 selama 6 minggu berturut-turut. W-What up???!! Kalau kamu termasuk orang yang belum kenal Fun. , we suggest you to read this carefuly!

Fun. adalah band pop-indie / alternative yang berasal dari New York, beranggotakan Nate Ruess (vokalis), Jack Antonoff (gitaris) dan Andrew Dost (Pianis). Nama-nama mereka tidak asing lagi buat penggemar musik indie Amerika. Nate Ruess dulunya adalah vokalis band pop indie, The Format. Jack Antonoff adalah vokalis/gitaris utama dari band indie rock Steel Train, Sedang Andrew Dost adalah vokalis/pianis dari band folk/indie rock Anathallo. Nate mengenal Andrew dan Jack karena pernah tour bersama ketika mereka semua masih berada di band lama masing-masing. Nate mengaku pernah membuat semacam list “dream team” yang dia harapkan untuk berada dalam band bersama dia. Nama Jack dan Andrew berada di top list -nya. Setelah The Format dinyatakan “berpisah”, Nate “merekrut” Andrew dan Jack, dan terbentuklah Fun. pada tahun 2008. Musik Fun. sendiri bisa dikatakan adalah gabungan dari The Format, Steel Train dan Anathallo. Awalnya mereka menamakan diri mereka Fun, tapi karena ternyata ada band metal bernama sama, mereka menambahkan tanda titik dibelakang nama FUN.

Fun. mengeluarkan single pertama, At Least I’m Not As Sad I Used To Be pada tanggal 6 April 2009. Debut album Fun., dengan judul Aim And Ignite kemudian dirilis dibawah label Netwerk pada tanggal 25 agustus 2009. Album ini mendapat sambutan positif dan menduduki peringkat 71 di Billboard 200. Lirik yang sederhana namun cerdas dari tiap lagu dan musik yang “kaya” menjadi daya tarik album ini. Aim And Ignite menjadi semacam statement bahwa Fun. bukan band pop indie biasa, Fun. punya musikalitas dan kreativitas tinggi. Fun. kemudian memulai tour sebagai band pendukung Jack’s Mannequin dan Paramore.

Tahun 2010 Netwerk merilis sebuah album penampilan live Fun. di Fingerprints. Album ini hanya berisi 5 lagu dari album perdana mereka. Album ini bisa kamu jadiin album live favorit karena selain semua lagu dibawa dengan sangat “clean” dan dengan format yang sama sekali berbeda dengan di album, percakapan antar personel Fun. bisa membuat kamu ngerasa berada disana, menonton penampilan mereka dan ikut tertawa mendengarkan jokes mereka. They’re bunch of funny guys. They’re Fun!

Tanggal 4 Agustus 2010, Fun. mengumumkan mereka dikontrak oleh Fueled By Ramen, anak perusahaan Warner Music Group, label yang sama yang membawahi Panic! At The Disco, Paramore dan Fall Out Boy. Disinilah awal mula Fun. semakin dikenal penikmat musik Amerika, bahkan dunia.

Tahun 2011 Fun. Mulai menyiapkan materi untuk album kedua mereka. Lagu We Are Young adalah single pertama dari album kedua Fun. yang bertitel Some Nights. Dalam proses pembuatan album Some Nights, Jeff Bhasker sang produser memuji Nate dengan bilang “Nate is like, one of the best, if not the best songwriter I’ve ever worked with”. Lagu We Are Young dibagi oleh Fun. secara gratis kepada fans mereka pada akhir November 2011. Lagu ini masuk Billboard hot 100 pada bulan Desember tapi perlahan turun dari Chart dan kembali menempati posisi 1 ketika dicover ulang oleh Glee Cast dan juga dijadikan lagu buat iklan mobil Chevrolet edisi Super Bowl. Fun. dengan lagu We Are Young bertahan di Chart Billboard hot 100 selama 6 minggu.

Kesuksesan lagu We Are Young disusul oleh kesuksesan album Some Nights. Album Some Nights resmi dirilis pada tanggal 21 Februari 2012. Namun pada kenyataannya, Fun. memberikan link untuk mendengarkan keseluruhan album Some Nights kepada penggemar mereka pada tanggal 14 Februari 2012 dengan sebuah note dari Nate yang cukup mengharu biru buat Fans mereka. Hal ini membuktikan bahwa mereka adalah pure musisi yang bermusik agar karya mereka dapat memberi sumbangsih positif bagi industri musik, bukan sekedar mencari keuntungan semata. Meski link mendengarkan album ini gratisan, album Some Nights tetap sukses laku di pasaran dan menduduki posisi 3 US Billboard 200, posisi 1 di US Rock Albums dan posisi 1 pada US Alternative albums. W-W-W-What UP??!!! I mean… come on!! Don’t you want a CD and high quality version of an awesome album, to show it to your grand children, how good music should be? 😉

Mendengarkan album Some Nights bisa membuat kita “hilang akal” dan mengagumi kekreatifan mereka. Jika album Aim And Ignite saja sudah bisa mendapat kata “WOW”, album Some Nights harusnya mendapat kata “WOWWW”. Semua lagu masih dalam satu tema yang bisa membuat kamu merenung tentang arti hidup, memberi kamu motivasi buat move on with your life, merindukan keluarga dan orang-orang yang kamu kasihi, menangis mendengarkan emosi dalam suara Nate, dentingan piano Andrew, melodi gitar Jack, kids choir, strings dan keseluruhan aransemen, lalu tertawa, ikut merayakan keindahan musik yang baru kamu dengerin. Bukan sesuatu yang perlu dipertanyakan, jika Fun. nantinya jadi nominator Grammy 2013.

Satu kata tentang Fun.?? JENIUS!!
So… Wanna have some FUN. now??? What are you waiting for?? GET THEIR ALBUM NOW!! Cuz its officially released in Indonesia by Warner Music Indonesia… dan Fun. juga terpilih jadi New Artist Highlight di bulan Mei ini!

Baca review album “Fun – Some Nights” disini

Official Twitter: @ournameisfun
Official Website fun.

(Lisa)

Related posts

Leave a Reply