Trending News

Blog Post

Single of The Day: Foster The People – Houdini
Single of The Day

Single of The Day: Foster The People – Houdini 

Released by: Sony Music Indonesia

Band indiepop asal Amerika yang satu ini mencuat namanya sejak akhir tahun lalu. Di awal 2012, mereka mengadakan konser di Jakarta yang bisa dibilang berakhir dengan cukup sukses. Single utamanya yang paling terkenal adalah Pumped Up Kicks. Yep, 100 jika kalian menebak Foster The People! Band yang digawangi oleh Mark Foster, Mark Pontius, dan Cubbie Fink ini memang jago dalam hal membuat para penggemarnya berjoget ria mendengar lagunya. Kini, di pertengahan Mei, mereka mengeluarkan single terbarunya yang masih diambil dari album yang sama, Torches, yang berjudul Houdini.

Dibuka dengan beat yang menghentak dengan permainan piano juga synth yang mengiringi, lagu ini sudah mampu membuat kita untuk menggoyangkan badan sedari awal. Vokal Foster lalu masuk dan memberi warna unik pada liriknya, yang akan membuat kita untuk turut bernyanyi bersama — terutama pada bagian chorusnya, yang diiringi dengan uuh-huu-uuh,– yang sukses membuat terlena sebelum akhirnya ledakan dari synth masuk dan membuat kita berjoget all over again. Liriknya sendiri juga sangat catchy, yang membuat kita betah untuk menyanyikannya sampai akhir – dimana nada paling intens berada dan akan membuat kita bersemangat untuk menuntaskannya. Tentu, ini menjadikan Houdini sebagai sebuah lagu yang menyenangkan dengan permainan tempo yang dinamis.

Dilihat dari judulnya, lagu yang satu ini akan mengingatkan kita tentang ilusionis sekaligus escapologist kenamaan abad 20 bernama Harry Houdini, yang kebanyakan aksinya adalah harus melarikan diri dari jebakan yang membahayakan dengan tangan dan kaki terikat. Terlebih lagi, bagian dari liriknya sendiri seperti mengibaratkan bagaimana rasanya berada dalam posisinya: Got shackles on, my words are tied/Fear can make you compromise/Fasten up, it’s time to hide/Sometimes I wanna disappear/. Secara keseluruhan, lagu ini mengisahkan tentang bagaimana tertekannya perasaan seseorang karena kehebatannya– yang membuat ia menjadi incaran orang-orang yang menginginkan dirinya. Oleh karena itu, berulang kali Foster menyanyikan lirik You gotta focus on your ability/, yang seakan mengingatkan kita untuk percaya pada kemampuan diri sendiri dan tidak bergantung sepenuhnya pada orang lain.

Video klipnya sendiri ‘menggelitik’ dengan alur cerita yang simpel: para personil Foster The People tewas dalam sebuah kecelakaan kecil saat latihan dan bukannya menguburkan mereka, sang manajer malah mengubah mereka menjadi robot agar konser tetap dapat berjalan. Hal ini merupakan sindiran halus terhadap sifat dasar manusia yang serakah, dimana– even if you’re dead, people still making money out of you. Overall, single ini adalah single menarik yang saya yakini tidak akan dapat kamu tolak.

Lihat videonya

Official Website

Rate this single: [ratings]

(Natya Sekar Arum / CreativeDisc Contributor)

LYRIC
Rise above, gonna start the war!
What you want, what you need, what’d you come here for?
Well, an eye for an eye and an ‘F’ for fight
They’re taking me down as the prisoners riot
Got shackles on, my words are tied
Fear can make you compromise
Fasten up, it’s time to hide
Sometimes I wanna disappear

When I feel kinda bad and don’t want to stress
Pass it off on a better day
Well you got what you want, and what you never knew
Perfect gift from me to you

Got shackles on, my words are tied
Fear can make you compromise
Fasten up, it’s time to hide
Sometimes I wanna disappear

(It’s up to your ability)
You never knew what I could find
What would come when we realize
I don’t want to compromise

(It’s up to your ability)
Yeah I’m scared but I disappear
Running around before it corners you
I can’t go because my life’s a wreck

(It’s up to your ability)
I know that you want me
‘Cause it’s simple to see of my ability

(It’s up to your ability)
Yeah you’re undecided
Yeah it’s the right feeling
Yeah I don’t wanna runaway

You gotta focus on your ability
Focus on your ability
Now focus on your ability
Focus on your ability

Again again what they want to steal
Again again what they want to steal
Then again again what they want to steal
Again again what they want to steal

Related posts

Leave a Reply