Trending News

Blog Post

Single of The Day: 30 Seconds to Mars – Walk on Water
Single of The Day

Single of The Day: 30 Seconds to Mars – Walk on Water 


Released by : Universal Music Indonesia

Selama 4 tahun terakhir, kita lebih sering melihat wajah Jared Leto, vokalis band 30 Seconds to Mars dalam film, ketimbang di konser atau musik video. Aktingnya sebenarnya tidak buruk; mulai dari transgender di Dallas Buyer Club yang menghasilkan piala Oscar hingga peran ikonik sebagai Joker di film Suicide Squad. Tapi bagi penggemar setianya (saya salah satunya), karya baru dari 30 Seconds to Mars adalah sesuatu yang tidak bisa digantikan oleh wajah penuh make-up di layar kaca sekalipun.

Jadi tidak heran, saat band ini akhirnya merilis single baru bertajuk ‘Walk on Water’, semua sontak bersorak sorai. Single ini sekaligus menjadi penanda album kelima, setelah album terakhir Love, Lust, Faith and Dreams (2013).

Leto mengungkapkan bahwa “Walk on Water” adalah lagu untuk semua orang (Amerika) karena pesan yang bersifat universal. Ini berkaitan dengan topik seperti kebebasan, perubahan dan pertarungan untuk apa yang diyakini orang-orang. “Ini adalah seruan untuk melakukan perlawanan tapi juga penuh dengan semua optimisme dan harapan yang merupakan bagian integral dari impian Amerika,” kata Jared Leto, dalam sebuah pernyataan pers.

Pada bulan Juli, 30 Seconds to Mars meminta para penggemar mereka di seluruh negara bagian Amerika mengirimkan video rumahan dari perayaan kemerdekaan sebagai bentuk “potret film mengenai Amerika”. Tak disangka; puluhan klip yang berhasil dikumpulkan tersebut; mulai dari pemandangan indah, anak-anak, latihan militer, demonstrasi dan kembang api, hingga wajah Donald Trump ternyata dijahit untuk menjadi menjadi latar belakang dari baris-baris kalimat di dalam video lirik ‘Walk on Water’. .

Adanya unsur politis pada lirik Walk on Water memang terasa tidak ditutup-tutupi “A thin line, the whole truth,” nyanyi Leto. “The far right, the left view/ Breaking all those promises made/ Times are changing.”, seakan menyindir tentang politik Amerika berserta kontroversi kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintahan belakangan ini. Diusung dalam anthem rock, dengan synth keras dan setumpuk drum, suara Leto meraung-raung menyerukan persatuan pada ‘Walk on Water’, seakan mendorong kita untuk berdiri teguh pada kebersamaan, bukan saling membangun ‘dinding’ satu sama lain.

Lihat penampilan mereka di MTV VMAs 2017:

Related posts

Leave a Reply