Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kris Allen – Thank You Camellia
Album of The Day

Album of The Day: Kris Allen – Thank You Camellia 

Released by: Sony Music Indonesia

Sudah kira-kira tiga tahun lamanya sejak Kris Allen merilis album terakhirnya, Kris Allen. Kris sendiri bilang Thank You Camellia sudah “long time coming.”

Jangka waktu pembuatan album yang cukup lama banyak ngasih keuntungan buat Kris. Pertama, Kris jadi punya lebih banyak waktu dan ruang untuk menulis dan menyempurnakan 11 lagu (plus 3 bonus lagu di versi deluxe) yang ada di Thank You Camellia. Kedua, Kris juga merasa lebih punya banyak waktu untuk introspeksi diri, sehingga akhirnya bisa menawarkan lagu-lagu yang lebih personal dan emosional.

Alhasil, album baru si penyanyi yang sudah 3 ½ tahun menikah dengan istrinya, Katy, ini dipenuhi oleh lagu-lagu bertemakan baik-buruknya cinta. Misalnya, tembang pembuka “Better With You,” yang sepertinya berkisahkan soal hubungan long distance antara Kris dengan sang istri.

Tapi, meskipun ditulis berdasarkan pengalaman personal Kris, lagu-lagu dalam Thank You Camellia bisa dengan mudah relate dengan orang lain. Apalagi album ini didominasi tembang-tembang upbeat yang dijamin bikin ketagihan, misalnya “My Weakness” dengan siulan yang membuat lagu ini tambah charming dan “Rooftops” yang groovy; keduanya punya potensi besar jadi single kedua setelah “The Vision of Love.”

Kris juga mendalami sisi gelap dari cinta dengan lagu-lagu seperti “Out Alive” dan “Leave You Alone” yang berirama lebih lambat daripada lagu-lagu lainnya. Sementara itu, tema yang sama juga muncul di duet apik Kris dengan artis indie Meiko, “Loves Me Not;” bedanya, lagu yang menceritakan tentang pasangan yang saling pelit menunjukkan rasa sayangnya ini dibawakan dengan nada ceria yang bisa membuat pendengarnya tersenyum dan segera memencet tombol rewind.

Lagu yang paling dark dari album ini adalah “Monster,” yang di dalamnya Kris menceritakan bahwa ada sisi lain dari dirinya yang mungkin tidak terlihat orang kebanyakan. Sekedar info, kalau merasa familiar dengan bunyi instrumen di intro “Monster”, itu karena Kris menggunakan gamelan untuk menghiasi lagu ini.

Meskipun Thank You Camellia diisi dengan kisah naik-turunnya cinta (di “Blindfolded” Kris bernyanyi “If I were blindfolded.. I’d still find you,” tapi di “Teach Me How Love Goes” Kris malahan meminta tolong agar diberi nasehat dalam bercinta), album ini berakhir dengan optimis. Di tembang penutup “You Got a Way” Kris bernyanyi soal kekasihnya yang selalu punya cara membuat dirinya nggak bisa pergi: “You got a way for making me stay.”

Setelah mendengarkan Thank You Camellia dari awal sampai akhir, akan sangat terasa kalau Kris benar-benar menggunakan waktu hiatus-nya dengan baik. Setiap momen di studio digunakan Kris untuk membuat album ini layak dengar; setiap lagu diproduksi dengan baik, sehingga tidak ada yang namanya album filler, alias tembang yang ditulis hanya untuk menuh-menuhin album. Good job, Kris!

Best tracks: My Weakness, Loves Me Not, Better With You.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Bere Wangge)

TRACKLIST
1. “Better With You” Kris Allen, Jason Reeves, Rune Westberg Tim Pagnotta 3:14
2. “The Vision of Love” Allen, Adam Messinger, Nasri Atweh The Messengers 3:34
3. “My Weakness” Allen, Isaac Hasson, John Clark Jr., J Bonilla Bonilla 2:43
4. “Out Alive” Allen, Isaac Slade, Pagnotta Pagnotta 3:42
5. “Monster” Allen, Cale Mills Curt Schneider 3:35
6. “Blindfolded” Allen, Lindy Robbins, Toby Gad Bonilla 3:09
7. “Teach Me How Love Goes” Allen, Mills Pagnotta 3:26
8. “Rooftops” Allen, Kevin Kadish, Per Kristian “Boots” Ottestad Kadish, Ottestad 3:02
9. “Leave You Alone” Allen, Mills, Schneider Schneider 4:22
10. “Loves Me Not” (featuring Meiko) Allen, Nolan Sipe, Ryan Petersen Schneider 3:33
11. “You Got a Way” Allen, Mills Schneider 3:30

Related posts

Leave a Reply