Trending News

Blog Post

Album of The Day: Frank Ocean – Channel Orange
Album of The Day

Album of The Day: Frank Ocean – Channel Orange 

Released by: Universal Music Indonesia

Who is Frank Ocean? Kenapa akhir-akhir ini namanya dibicarakan dimana-man? Apa istimewanya? Well, saat kita mendengarkan Channel Orange, album debut artis pengusung RnB dan neo-soul yang bernama panjang Christopher Francis Ocean ini, tahulah kita mengapa ia menjadi buah bibir. Dengan balutan komposisi yang berkelas dan matang, Channel Orange menyalurkan kemampuan istimewa Frank Ocean yang tidak hanya jago bernyanyi namun juga dalam menulis lagu.

Dibuka dengan Thinkin Bout You yang romantis, Channel Orange mengindikasikan sebuah album pop RnB yang ultra-catchy. Sensual, personal dan intim. Itu yang bisa kita simak saat mendengarkan lagu ini. Hook yang kuat di dalam chorusnya memang membawa kita perasaan mengawang-awang yang manis, meski lirik juga menyiratkan jika kisah cinta yang ditawarkan oleh Ocean tidak melulu manis, namun juga getir dan ironis.

Selain tentu saja lagu-lagu dengan lirik yang lebih lugas, Frank Ocean juga tidak pantang untuk bermain-main dengan banyak metafora dan kiasan dan akan banyak kita temukan dalam Channel Orange. Hits sepanjang 9.53 menit berjudul Pyramid mungkin bisa menjadi contoh bagaimana ambisiusnya musik yang dibawakan oleh Ocean. Dengan pendekatan elektropop, Pyramid terdengar esay listening namun sekaligus kompleks, dengan perpindahan tempo ditengah-tengah, seolah-olah dua buah lagu yang dipadu menjadi satu namun sebenarnya perlu untuk mengabstraksi temanya.

Channel Orange membuktikan jika Frank Ocean itu memilih pop sebagai balur musiknya namun cheesy bukan kalimat yang terdapat dalam kamusnya. Simak saja Sweet Life atau Pilot Jones yang terdengar sophisticated, urban dan soulful, dengan aransemen yang matang. Sementara itu Lost mungkin bisa menjadi contoh bagaimana Ocean memiliki subtilitas tersendiri dalam vokalnya, sehingga meski musik bergerak cepat, namun vokalnya mengalun lembut dan terdengar sangat personal dan juga…sensual. Tidak hanya penghayatan yang prima dari Ocean namun juga dengan cara bernyanyinya yang intim.

Channel Orange juga mempunyai beberapa lagu yang menampilkan featuring artist sebagai penyemarak. Sebut saja Earl Sweatshirt dalam Super Rich Kids, dawai gitar John Mayer dalam White, André 3000 dalam Pink Matter dan Tyler, The Creator dalam epic 8 menit yang menjadi penutup lagu The End/Golden Girl.

This unrequited love / To me it’s nothing but / A one-man cult / And cyanide in my styrofoam cup / I could never make him love me

Potongan lirik dari Bad Religion ini mungkin terlihat seperti metafora tentang Tuhan, namun juga bisa jadi sebagai pernyataan Ocean tentang siapa dirinya, sehingga tidak heran jika Channel Orange akan banyak hadir kata-kata him instead of her. Yep, Frank Ocean is gay and he’s proud of it. Namun jangan lantas preferensi seksualnya mempengaruhi penilaian terhadap album ini, karena Channel Orange adalah album yang memoles RnB dengan sangat mengkilap dan sangat layak untuk disimak.

Frank Ocean adalah seorang musisi. Ia hanya tidak bernyanyi atau menulis lagu namun juga konseptor ulung. Pop. Hip hop. House. RnB. Channel Orange hadir dalam skala produksi yang gemilang. Tentu saja mungkin akan sedikit sulit untuk diapreasiasi bagi yang terbiasa dengan gemerlap Hip hip atau RnB yang kental dengan nuansa dance seperti yang banyak beredar saat ini, namun percayalah, Frank Ocean tidak akan mengajak kita ke saluran yang salah. Saluran Oranye is a must heard!

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Start” 0:46
2. “Thinkin Bout You” 3:22
3. “Fertilizer” 0:40
4. “Sierra Leone” 2:29
5. “Sweet Life” 4:23
6. “Not Just Money” 1:00
7. “Super Rich Kids” (featuring Earl Sweatshirt) 5:05
8. “Pilot Jones” 3:04
9. “Crack Rock” 3:44
10. “Pyramids” 9:53
11. “Lost” 3:54
12. “White” (featuring John Mayer) 1:16
13. “Monks” 3:20
14. “Bad Religion” 2:55
15. “Pink Matter” (featuring André 3000) 4:29
16. “Forrest Gump” 3:15
17. “End/Golden Girl” (featuring Tyler, The Creator) 8:43

Related posts

Leave a Reply