Trending News

Blog Post

Album of The Day: Secondhand Serenade – A Naked Twist In My Story
Album of The Day

Album of The Day: Secondhand Serenade – A Naked Twist In My Story 

Masih ingat gak kalau dulu para musisi mancanegara suka merilis album yang bertajuk MTV Unplugged? Album tersebut adalah album hasil rekaman dari pertunjukan akustik sang musisi di acara tersebut. Sayangnya, album sejenis sudah jarang dirilis. Nah, rasa yang setipe mungkin dapat ditemukan dalam album terbaru Secondhand Serenade yang berjudul A Naked Twist In My Story, sebuah album remake akustik dari album lama mereka, A Twist In My Story (2008). Pasti ada alasan mengapa pentolan Secondhand Serenade, John Vesely, merasa perlu untuk menampilkan lagu-lagu dalam album tersebut dalam versi akustik.

Album kedua Secondhand Serenade tersebut memang merupakan album yang menarik untuk disimak karena memiliki materi yang renyah untuk disimak. Namun, saat mendengarkan A Naked Twist In My Story, kita dapat merasakan kekuatan Vesely dalam menulis lagu yang penuh dengan kekuatan emosi. Tidak mengherankan, karena dengan aransemen yang umumnya hanya bermodalkan gitar akustik atau ukulele, piano dan string section, membuat kita sebagai pendengar, terkonsentrasi pada vokal Vesely saat menyanyikan lagu-lagunya.

Tentu saja semangat pop-emo yang tebal masih terdengar saat Vesely bernyanyi, namun dengan segala kesederhanaan yang menyelubungi albumnya, membuat album A Naked Twist In My Story ini terdengar lebih manis dan syahdu. Album dibuka dengan Like a Knife yang langsung melambungkan pada perasaan melankolis. Bahkan tanpa kehadiran gebukan drum, chorusnya masih terdengar eksplosif. Bahkan mungkin terdengar jauh lebih megah daripada aslinya.

Begitu juga dengan lagu-lagu seperti Fall For You, Maybe atau Your Call, yang merupakan lagu-lagu yang populer dari album aslinya. Entah mengapa, tanpa iringan instrumen yang kompleks, lagu-lagu ini lebih berhasil dalam menyampaikan emosi yang tersurat di dalamnya. Memang penting untuk ditekankan jika kemudian vokal Vesely-lah yang menjadi sentra utama dari lagunya. Meski begitu, instrumen seperti gitar akustik atau piano atau strings pun tak kalah dari full band untuk mendukung Vesely.

Banyak yang tak menyukai album emo, karena dianggao terlalu menye-menye, terlepas dari musik yang gahar. Nah, dengan mendengarkan A Naked Twist In My Story, mungkin kesan tersebut bisa dijauhkan, karena entah mengapa, dengan konsep akustik, lantunan ala emo tersebut terdengar jauh lebih sesuai, pas dan juga romantis. Secondhand Serenade sendiri memang mengusung akustik sebagai sajian utamanya, namun A Naked Twist In My Story yang lebih minimalis, justru memberi performa yang lebih menarik.

Simak saja Stranger, yang mungkin bisa disebutkan sebagai lagu ter-romantis di album ini. Ditampilkan dengan denting ukulele yang harmonis, nuansa romantis tersebut terdengar menjadi lebih nyata dan menyolok. Seperti kekasih yang mendendangkan sebuah lagu cinta tepat di hadapan kita.

Sebagai versi remake, tentu saja Secondhand Serenade tidak melulu harus mengikuti ritme lagu aslinya. Di dalam album ini, lagu-lagu yang aslinya mengandalkan kekuatan instrumen, justru sekarang lebih mengedepankan vokal seperti Your Call atau Good Bye. Atau ada juga lagu-lagu yang mengalami pergantan tempo, demi mengikuti flow akustik yang diusung oleh album ini, seperti yang diusung oleh A Twist In My Story atau Pretend.

Sebagai bonus, dihadirkan lagu baru yang berjudul Belong To yang menjadi penutup album. Meski baru, namun lagu ini pun tak kalah juara dalam menghadirkan kekuatan emosional Secondhand Serenade. Kekuatan piano yang menyertainya menjadi amunisi ampuh dalam mewujudkan kekuatan lagunya.

Sebagai album akustik tentu saja kita tidak bisa lantas menyebutkan A Naked Twist In My Story lebih baik dibandingkan album aslinya. Namun, secara subjektif, album ini memang terdengar lebih manis, lebih lembut, lebih tenang dan lebih romantis. Dan meski hadir dengan format akustik, namun Secondhand Serenade cukup cermat untuk memproduksi sound-sound yang berbeda antara satu lagu dengan yang lainnya untuk menghindari monotonitas. Bisa dikatakan ia berhasil untuk itu.

Hasilnya, A Naked Twist In My Story adalah album renyah yang rasanya ingin dinikmati lagi, lagi dan lagi.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Like a Knife 4:04
2. Fall for You 2:57
3. Maybe 3:36
4. Stranger 3:58
5. Your Call 4:01
6. Suppose 3:50
7. A Twist in My Story 4:39
8. Why 4:10
9. Stay Close, Don’t Go 3:32
10. Pretend 3:22
11. Goodbye 4:50
12. Belong to (Bonus Track) 3:54

Related posts

Leave a Reply