Trending News

Blog Post

The X Factor US 2 – Episode 3-4 Auditions
The X Factor US

The X Factor US 2 – Episode 3-4 Auditions 

Astaga! Simon Cowell sakit. Sehingga ia tidak dapat menyambangi Kansas City untuk audisi The X Factor USA. Diterbangkanlah Louis Walsh, rekan Simon selama 15 tahun dalam membangun karir sejumlah artis ternama UK yang juga menjabat sebagai mentor di The X Factor UK. Nah, bersama L.A. Reid, Britney Spears, dan Demi Lovato, Louis menemukan betapa asyiknya Kansas City. Dan bagaimana dengan bakat-bakat disana? Mereka berteriak riang mengetahui Simon tidak dapat menghadiri audisi.

Rizzloe Jones – free-style rap

Cowok muda berusia 18 tahun ini sungguh sangat percaya diri. Ia memberi energi positif lewat audisinya. Rizzloe baru tamat sekolah menengah atas. Demi melihat tampilannya dan berfikir Rizzloe adalah seorang penyanyi country. Saat ia mengatakan bahwa ia adalah seorang free-style rapper, L.A. menantangnya untuk nge-rap tentang X Factor. Jadilah panggung berapi-api dengan penampilannya yang luwes dan lancar jaya. 4 YES dari juri untuk Rizzloe Jones.

CeCe Frey – Unchained Melody / Ain’t No Other Man

CeCe sempat ditampilkan dalam sebuah percakapan dengan Rizzloe, juga sempat membuka kelas konsultasi hubungan dengan sepasang kontestan lain. CeCe yang orangnya banyak omong ini adalah seorang pekerja di kantor pos. Gaya CeCe yang fierce membuat kita tak menyangka ia akan membawakan lagu ‘Unchained Melody’. Well, melodinya melenceng dan sebelum audisinya berubah menjadi bencana, L.A. menghentikannya dan menyuruhnya untuk mengganti lagu lain. Ternyata ia mempersiapkan sebuah lagu upbeat milik Christina Aguilera. Ia memukau. Para juri menyukainya. 4 YES untuk CeCe Frey.

Istirahat sejenak untuk menikmati penampilan Britney Spears menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk L.A. Reid sekaligus membawakan kue ulang tahun tanpa lilin nomer ultah padanya.

Vino Alan – Trouble

Pria ini adalah seorang kontestan yang sulit untuk dilupakan. Bukan karena usianya yang paling tua atau ia punya suara yang paling menggelegar, tapi lebih karena ia menato (atau men-tattoo) kepalanya. Ia punya seorang anak yang berusia 15 tahun, dan demi sang anak ia beraudisi. Suaranya nge-blues, kata Britney. Juri yang lain setuju. 4 YES dari juri untuk Vino Alan, dan YES beterbangan di udara, hingga kontestan berikutnya muncul.

Deangelo Wallace – With You

Saat kita berfikir Simon adalah raja sarkasme, perkenalkan Deangelo Wallace. Ia punya komentar hampir untuk segala hal. Ia bahkan menyatakan bahwa dirinya lebih baik dari seorang Justin Bieber. Louis tampak muak dengan perbincangan dan sesegera mungkin menyuruh Deangelo untuk bernyanyi. Dan saat ia bernyanyi, bumi gonjang ganjing. Suara buruknya memaksa juri untuk meninggalkan kursi mereka dan penonton tak henti berteriak “boo”. Ultimate 4 (juta) NO untuk Deangelo. Seakan tak ingin lepas dari sorotan kamera, ia membawa lari mikropon seharga 3 ribu dollar. Pihak kepolisian sampai diturunkan untuk menangkap Deangelo.

Tate Stevens – Anything Goes

Rapper, dapat. Penyanyi pop, dapat. Penyanyi blues, dapat. Sekarang giliran untuk mendapatkan penyanyi country. Tate Stevens adalah seorang yang jenaka. Ia sempat berkelakar genre-nya rap saat Demi menanyakan hal itu padanya. Lagu country yang dibawakannya memukau juri dan para penonton. Britney menyatakan bahwa Tate adalah favoritnya sejauh ini. Antusiasme akan penampilan Tate juga terlihat di belakang panggung saat anak dan istrinya menyaksikan audisi Tate dari layar televisi. 4 YES dari juri untuk Tate.

elesai dari Kansas. Louis bertolak kembali ke negaranya. Dan kembali ke San Fransisco, dimana Simon Cowell dan komentas pedasnya menambah semarak suasana.

Citizen – Don’t Let Go

Semarak tak hanya datang dari Simon, tapi dari 5 pria tampan dalam boyband Citizen. Mereka membuat penonton teriak histeris. Sejauh ini, mereka yang tampil tak meyakinkan malah justru membuat kemenangan. Ini membuat kita jadi berfikiran negatif pada Citizen yang mungkin adalah lelucon untuk acara ini. Tapi ternyata tida. Mereka tampil cukup solid, membawakan koreografi sederhana yang menjadilan penampilan mereka mendapat nilai plus. L.A. suka pilihan lagunya, sedangkan Demi tak mengharap lagu itu yang dibawakan. Tapi L.A., Demi, dan Britney kompak bilang ya. Alasan Simon mengatakan tidak adalah boyband ini kadaluarsa. 3 YES dari juri untuk Citizen dan mereka melaju ke babak selanjutnya.

Kembalinya Simon juga membuat kembalinya penolakan demi penolakan. Ada sebuah komentar yang membuat Demi mengatakan Simon kelewat kejam. Seorang wanita yang disebutnya sebagai “lilin bernyanyi”, ia terus seolah meleleh di atas panggung. Menurut Simon, yang ia lakukan adalah memberi kritik membangun. Termasuk kepada cewek 14 tahun bernama Amanda yang membawakan lagu ‘Rumour Has It’ milik Adele. Simon sudah menyatakan kalau ia benci lagu ini. Dan jelas, ia melarang kontestan untuk membawakan lagu Adele.

Diamond White – It’s A Man’s Man’s World

Inilah gadis muda yang tinggal di sebuah apartemen kotak sepatu. Ia menyebutkan demikian karena merasa tempat tinggalnya itu tidak layak. Seperti Rachel Crow 2.0. Ayahnya meninggalkan ia dan ibunya. Simon melarangnya menyanyikan lagu Adele. Ia membawakan lagu soulful yang membuatnya tampak punya banyak potensi. Kompak, keempat juri menyukai penampilan gadis muda ini. 4 YES dari juri untuk Diamond White.

Melaju ke Austin…
Ally Brooke – On Ky Knees

Ally sempat bertemu dengan Simon dan L.A. sebelum audisinya. Ia membawa pasukan keluarga yang mengenakan kaos bertulisan “ALLY BROOKE IDOLA KITA”. Oke, bukan secara gamblang tertulis demikian, tapi kira-kira begitulah terkesan. Nah, Ally ini punya keinginan untuk menjadi sebesar Beyonce. Ally punya suara bagus, kebagusan malah, hingga saat musik berhenti ia tidak rela menyelesaikan audisinya. Kesimpulannya, 4 YES dari juri untuk Ally Brooke.

Berikutnya, juri juga mengatakan YES untuk peserta-peserta berikut:
Brandan Hassan – Trouble
Normani Hamilton – Chain of Fools
Sister C (trio) – Hell On Heels
Jeremiah and Josh (kembar) – lagu original

Panda Ross – Bring It On Home

Audisi menggegerkan saat seorang wanita bertubuh besar pecinta Simon Cowell hadir. Ia mengenakan kalung bertuliskan “SINGLE” untuk menarik perhatian Simon. Sebenarnya keceriaannya yang tak henti mengundang gelak tawa yang paling menarik perhatian. Itu sebelum ia bernyanyi. Karena ketika ia mulai angkat suara di depan mic, ia mengeluarkan suara bombastis. Enggak ada yang enggak suka sama penampilan Panda. Britney menyebutnya witty and hilarious, Demi mengatakan ia soulful, L.A. menyebutnya menggemparkan, Simon mencintainya. 4 YES dari juri unruk Panda.

Tapi sebenarnya bukan hanya itu cerita Panda. Karena sehari sebelum audisi ia keluar dari rumah sakit setelah dirawat karena pneumonia. Ia sempat kesulitah bernafas setelah audisinya. Demi sempat memeluknya ketika bertemu di belakang panggung. Hal ini membuat Simon menggodanya. Menyarankan Demi untuk dikarantina supaya tidak ada yang melakukan kontak dengannya karena pneumonia sangat menular.

Jessica Espinoza – Nobody Knows

Sampailah kita di audisi terakhir episode 3. Jessica, seorang gadis yang kurang beruntung secara finansial. Ia memiliki emosi yang terkoneksi bagus dengan lagu sehingga memunculkan penampilan di atas rata-rata. L.A. menyebutnya istimewa, Britney menyukai suaranya. Demi memanggilnya luar biasa. Simon mencintai penampilannya. 4 YES dari juri untuk Jessica Espinoza.

Pick of the day: Tate Stevens dan Citizen.
Jangan lupa untuk menyaksikan The X Factor USA bersama BChannelTV. Dosis 4 kali seminggu. Kamis dan Jumat di pukul 21.00 WIB, dan re-run plus teks Bahasa Indonesia di hari Sabtu 20.00 dan Minggu 17.45

Episode ke-4

Mari melanjutkan perjalanan audisi The X Factor USA ke Greenboro, North Carolina. Aksi yang ditampilkan dalam acara ini semakin jelas terlihat, dimana nyanyian bukanlah harga mati sebuah nama melanjut ke babak berikutnya. Tapi kepribadian dan kharisma yang menentukan. Masih banyak babak yang dipersiapkan untuk menggodok superstar a la The X Factor kalau mereka lulus tahap awal ini. Dan inilah Greensboro, yang dimulai dengan aktivitas pagi dari masing-masing mentor yang bergegas untuk menuju tempat audisi. Seluruh orang di kota bertumpuk di tempat audisi The X Factor USA diselenggarakn! Membuat jalanan lengang. Tapi ternyata Simon masih menyempatkan diri mengunjungi sebuah kedai kopi dan membuat yang lain menunggunya.

Willie Jones – Your Man

Keluarga besarnya rela ikut dalam 17 jam perjalanan darat dari kediaman mereka menuju lokasi audisi demi menyemangati pria muda ini. Usia Willie baru 17 tahun. Ia sangat tampan dan menawan. Demi sudah memuji tampilan fisik pria ini, menyebut gayanya sangat oke. Ga disangka-sangka, cowok berkulit hitam ini adalah penyanyi country. Ingat lagu legendaris Scotty McCreery (juara American Idol Season 10) yang liriknya “baby lock them door and turn the lights down low…”? Nah, itulah lagu yang dibawakan oleh Willie. Sebenarnya saat ia menekan suaranya untuk memproduksi vokal yang berat, warna vokalnya adalah kualitas vokalis kulit hitam. Tapi genre country yang diambilnya membuatnya menjadi di-luar-ke-biasa-an, L.A. bahkan menyebutnya original dan Simon memanggilnya sensasional. 4 YES dari juri untuk Willie Jones.

Kalvin McManigle – California

Aksi pengerikan dari pria tua yang seluruh giginya sudah tanggal. Ia mengenakan topi cowboy yang membuat tampilannya tambah seram. “I’m scared I’m related to you,” kata Britney. Kalvin hanya sekedar hiasan. Karena bakat sesungguhnya adalah cewek berikutnya.

Julia Bullock – Pumped Up Kicks

Julia tak hanya akan meninggalkan band nya kalau ia lulus audisi ini, tapi ia juga harus meninggalkan mantan kekasihnya yang ada di dalam band itu. Mengapa Julia tak membawa serta mereka? Well, mereka bukanlah grup vokal sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk masuk dalam acara ini. Julia dalam waktu singkat menjadi favorit. Ia punya gaya yang edgy, nyanyian yang solid, dan penampilan yang luwes. Britney menyukai Julia karena keunikannya, Demi setuju akan hal itu. 4 YES dari juri untuk Julia Bullock, dan resmi dirinya menjadi artis solo.

Krysten Colon – Don’t You Remember

Masih membekas di ingatan betapa Simon sangat membenci lagu-lagu Adele. Bukan karena apa, tapi karena karakter Adele yang kuat yang popularitasnya yang menonjol, membuat orang-orang yang hendak menyanyikan lagu-lagunya terikut gaya Adele atau tersapu oleh bayang-bayang sang artis. Begitu pula dengan Krysten. Ia kehilangan jati diri saat membawakan lagu ini. Sehingga Simon memberi kesempatan kedua baginya untuk mencari lagu klasik yang bisa ia bawakan dengan cirinya sendiri. Dan kembali mengikuti audisi setelah dia benar-benar siap untuk itu.

Jeffrey Gutt – Hallelujah

Jeffrey pun akan sangat gampang menjadi salah satu favorit. Ia adalah ayah dari seorang putra. Ia mengikuti audisi untuk memperbaiki kehidupan keluarganya. Putranya sangat imut dan menggemaskan. Hal lain yang membuat gampang jatuh cinta pada Jeffrey adalah ia seorang rockstar! Rock on! L.A. adalah penggemarnya. Yang lucu adalah saat Demi hendak berkomentar, gemuruh mulai menyapa, sehingga ia mengatakan Tuhan nge-rock bersama Jeffrey. 4 YES dari juri untuk Jeffrey Gutt.

Setelah Jeffrey, keadaan memburuk di Greenboro. Baik dari segi cuaca maupub bakat-bakat yang hadir. Petir sahut-menyahut dari satu kontestan ke lainnya yang memperburuk suasana. Atap juga pake acara bocor segala. Hingga akhirnya saat untuk Krysten Colon kembali ke atas panggung untuk kesempatan keduanya.

Krysten Colon – I Have Nothing.

I Have Nothing memenuhi syarat sebagai lagu klasik, tapi terlalu besar untuk dibawakan oleh Krysten. Ia tidak punya vokal maut yang pantas untuk membawakan lagu ini. Hasilnya adalah, para juri kompak menyatakan tidak untuknya. Lalu, masalah listrik terjadi dalam penolakan juri tersebut untuknya, dikarenakan oleh petir. Britney menjerit histeris saat petir besar menyambar. Keluar dari panggung, Krysten marah, mengutuk, membuang air, melempar kursi, sampai-sampai sekuriti turun tangan untuk menanganinya. Gadis manis itu berubah menjadi iblis.

Pick of the night: Willie Jones, Julia Bullock, dan Jeffrey Gutt.

Selesai sudah episode 4 yang menampilkan tak begitu banyak bakat tapi cukup banyak hiburan. Tetap saksikan The X Factor USA, pencarian artis rekaman yang akan dikontrak senilai 5 juta dollar oleh SyCo dan Sony Music. Hanya di BChannelTV dan jaringannya. Kamis dan Jumat 21.00 WIB, dan re-run dengan subtitle Indonesia Sabtu 20.00 WIB dan Minggu 17.45 WIB

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply