Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: Keane
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: Keane 

Diskografi Keane terdiri atas empat album studio, dua album live, enam EP dan 22 singles. Sebagaimana umumnya musisi sekarang, musik video memainkan peranan penting sebagai sarana promosi dan pada akhirnya juga menjadi ajang pamer kreatifitas serta estetika seni pemusik itu sendiri. Ada tujuh belas MV yang dipolling di website CreativeDisc, untuk mengetahui 10 MV yang menjadi pilihan para pembaca. Pada akhirnya, terpilihlah daftar berikut ini yang dianggap pembaca sebagai jajaran video terbaik milik Keane.

10. A Bad Dream (Alb. Under the Iron Sea, 2007)

A Bad Dream merupakan single ke enam yang dirilis Keane untuk album kedua mereka, Under the Iron Sea. Sayangnya, single ini hanya menduduki posisi tertinggi di urutan 23 di tangga lagu Inggris dan menjadi satu-satunya single mereka yang tak mampu mencapai 20 besar. Terlepas dari itu, A Bad Dream memiliki konsep MV yang menarik. Padahal MV ini memiliki konsep yang sangat sederhana, yaitu vokalis Keane, Tom Chaplin berada di sebuah ruangan yang benar-benar gelap. Selarik cahaya putih kemudian terlihat, yang semakin lama semakin jelas terlihat dan melebar sampai ruangan pada akhirnya menjadi terang benderang. Namun, tak lama kemudian larik cahaya hitam yang muncul dan pada akhirnya ruangan kembali menjadi gelap. Cukup menantang memang konsep videonya.

09. This Is The Last Time (Alb. Hopes and Fears, 2004)

Sebelum bergabung dengan label Island Record, Keane telah merilis beberapa single, termasuk untuk lagu This Is The Last Time ini yang kemudian dirilis ulang untuk menjadi single resmi dari album debut mereka, Hopes and Fears. Terdapat beberapa versi MV untuk single This is The Last Time ini. Namun yang kita bahas kali ini adalah versi ke empat dan terakhir serta yang paling awam dipertunjukkan. Dalam versi ini kita akan melihat Keane yang tengah melakukan pertunjukan di tengah jalan. Untuk lebih leluasa “mengekspresikan diri”, Chaplin memutuskan untuk berjalan menjauh, namun sayangnya panjang kabel microphone-nya tak mendukung, sehingga ia menggunakan radio taksi, yang sayangnya juga tak bisa jauh-jauh karena masalah yang sama, kabel. Skena kemudian berpindah ke sebuah toko CD dan menampilkan Keane bermain di sana, setelah sebelumnya Chaplin memecahkan jendela toko tersebut untuk masuk ke dalamnya. Sekeliling toko dipenuhi oleh orang yang menyaksikan penampilan mereka.

08. Sovereign Light Café (Alb. Strangeland, 2012)

Sovereign Light Café merupakan MV paling baru yang dirilis oleh Keane. Lagunya sendiri merupakan single ke tiga dari album ke empat mereka, Strangeland. MVnya difilimkan di bulan May yang lalu di daerah Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris. Sesuai nama lokasi sutingnya, seting MV Sovereign Light Café memang berlokasi di pinggir pantai dan sepanjang durasi kita akan diperlihatkan Chaplin yang berjalan menyusuri pantai dan bernyanyi, sementara di sekitarnya diperlihatkan rupa-rupa orang yang tengah melakukan aktifitas, yang kebanyakan adalah olah raga, seperti senam, karate, bersepeda dan banyak lagi. Video kemudian berakhir di sebuah cafe terbuka dimana personel Keane yang lain sudah menunggu Chaplin.

07. Crystal Ball (Alb. Under The Iron Sea, 2006)

Crystal Ball adalah single ke tiga untuk album sophomore Keane, Under The Iron Sea. Videonya hadir dengan cukup dramatis. Menampilkan aktor yang berasal dari Amerika, Giovanni Ribisi. MVnya sendiri berkisah tentang agen real estate yang kehilangan jati dirinya. Alur MVnya memang benar-benar mengikuti skrip yang dikerjakan sebelumnya, dengan intercut penampilan dari Keane. Jadi Ribisi berperan sebagai seorang suami dan ayah si sebuah keluarga. MV bermula dari kegiatan di pagi hari dimana sang istri membantu dirinya serta anak mereka yang hendak berangkat kerja dan pergi sekolah. Sepulang kerja, ia menemukan jika anak dan istrinya bersama dengan pria lain dan mereka berprilaku selayaknya keluarga. Muatan psikologis di dalam MV ini rasa-rasanya cukup kental, dimana sepanjang durasi akan diperlihatkan upaya Ribisi dalam mengklaim jatidirinya kepada orang-orang yang disayanginya.

06. Bedshaped (Alb. Hopes and Fears, 2003)

Bedshapes adalah single ketiga dari album debut Keane, Hopes ad Fears. MVnya dikerjakan oleh Corin Hardy dan memiliki konsep animasi stop-motion berdasarkan film pendeknya yang berjudul Buterfly. Meski memakain teknik animasi, lantas bukan berarti tema yang diusung oleh MV ini ringan-ringan saja atau cocok untuk dikonsumsi anak-anak. MVnya menampilka seorang pria, telanjang, yang luntang-lantung dan pemabukan. Ia terlihat murung dan sedih. Kemudian terlihat menulis semacam grafiti di dinding yang berisik lirik lagu dari MV ini. Sebagaimana objek di MV ini, Keane pun ditampilkan secara stop-motion. Untuk mengetahui apa itu lebih jelasnya stop-motion animation, mungkin bisa dibaca di wikipedia. Yang pasti konsep tersebut malah membuat MV Bedshaped ini sukses menyiratkan atmosfir moody dan muram dari lagunya itu sendiri.

05. Silenced by The Night (Alb. Strangeland, 2012)

Silenced by The Night adalah judul single pertama untuk album ke empat Keane, Strangeland. Konsep MV yang disutradarai oleh Christopher Sims sebenarnya sederhana saja. Sepanjang durasinya kita akan diperlihakan sepasang kekasih yang tengah melakukan perjalan melintasi daerah-daerah di seputar Amerika. Istilah kerennya road trip. Dengan beat dan tempo lagunya yang cukup cepat, konsep road trip yang diusung oleh MVnya memang cukup cocok disandingkan. Tidak hanya kita bisa melihat konsep perjalanan sebagai bagian dari unsur tematis lagunya, namun juga kita, penonton, dapat melihat berbagai panorama yang menyenangkan untuk dilihat.

04. Is It Any Wonder? (Alb.Under The Iron Sea, 2006)

Secara fisik, Is It Any Wonder single pertama Keane untuk album ke dua mereka, Under The Iron Sea, namun secara umum bia disebutkan sebagai single ke dua setelah Atlantic yang dirilis secara digital. Konsep MVnya sederhana saja. Jadi sepanjang durasi kita akan diperlihatkan Keane membawakan lagunya. Menjadi menarik saat sang sutradara, Kevin Godley, memutuskan untuk menggunakan reelway semacam rollercoaster untuk penataan sudut pengambilan gambar oleh kamera. Begitu seterusnya, repetitif sampai akhir MV. Berkat pengambilan gambar yang tak biasa ini, kita sebagai penonton dapat merasakan sensasi yang juga sama tidak biasanya. Seru dan mendebarkan akhirnya justru yang didapat setelah menyaksikan penampilan Keane disini.

03. Somewhere Only We Know (Alb. Hopes and Fears, 2003)

Secara konsep, MV untuk salah satu lagu paling populer milik Keane ini sebenarnya sederhana saja. Keane ditampilkan tengah memainkan lagunya di sebuah sungai dimana para personel memainkan instrumen dengan kondisi menggenaskan. Diselingi dengan adegan Keane yang melakukan perjalan menuju lokasi sungai di mana Keane ditanpilkan bernyanyi. Menjadi unik karena diperlihatkan juga sosok misterius berbentuk mahluk kecil berkulit hitam yang membayangi Keane. Makhluk tersebut terkesa seperti berasal dari negeri dongeng yang memberi kesan sureal pada MVnya. Animasinya memang tidak terlalu luar biasa, namun cukup meyakinkan. Di akhir, ditunjukkan jika mahluk tersebut tidak sendirian dan serombongan mereka menyaksikan penampilan Keane.

02. Disconnected (Alb. Strangeland, 2012)

MV Disconnected memiliki konsep yang sangat menarik dan filmis sekali. Uniknya lagi, genre yang dipilih adalah…horor! Duo sutradara asal Spanyol, Juan Antonio Bayona dan Sergio G. Sánchez yang sebelumnya sukses mengerjakan film horor The Orphanage, bertugas untuk mengarahkan MV Disconnected yang merupakan single ke dua untuk album terbaru Keane, Strangeland. Duo sutradara tersebut menampilkan Disconnected dengan tradisi ala film-film horor era 70 atau 80-an. Konsep vignette dan scratch pun ditampilkan untuk menampilkan kesan retro yang lebih otentik. Uniknya lagi, MV ini memang tampil layaknya film pendek yang sangat seru untuk ditonton. Tentu saja duo sutradara boleh diandalkan dalam menampilkan adegan-adegan seram. Akan tetapi, inti dari MVnya sendiri tetap romansa, yang kali ini dihadirkan dengan lebih kelam.

01. Everybody’s Changing (Alb. Hopes and Fears, 2003)

Dan MV Keane yang paling banyak dipilih pembaca CreativeDisc adalah……Everybody’s Changing. Single pertama untuk album debut mereka, Hopes and Fears ini memang sukses mengangkat nama Keane dipermukaan dan mengedepankan mereka sebagai salah satu band yang harus dicermati. Sebenarnya ada tiga versi MV untuk single ini, namun untuk kali ini kita akan menampilkan yang paling jamak diketahui orang awam, yaitu versi internasional. Dalam versi ini tata artistik benar-benar dijaga oleh Keane dan memperlihatkan jika mereka memang memiliki standar tinggi untuk setiap video yang nantinya akan mereka rilis. Konsepnya sederhana saja, namun eksekusinya cukup gemilang. Jadi Keane ditampilkan dalam sebuah ruangan dan diperlihatkan tengah memainkan lagu ini. Dalam prosenya mereka kemudian bertransformasi menjadi sosok lain yang berbeda.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply