Trending News

Blog Post

Album of The Day: Matchbox Twenty – North
Album of The Day

Album of The Day: Matchbox Twenty – North 

Released by: Warner Music Indonesia

Masih ingat dengan lagu-lagu seperti Bent, If Your’re Gone atau Unwell?? Ya, Matchbox 20 lah yang membawakan lagu-lagu tersebut dan pada tahun ini mereka kembali dengan album ke-4 mereka yang diberi judul North. Matchbox 20 adalah sebuah band pop rock asal Orlando, Amerika yang sudah berkecimpung di indsutri musik selama lebih dari 15 tahun dan sudah menjual puluhan juta kopi album di seluruh dunia. Matchbox 20 sempat hiatus sebanyak dua kali antara tahun 2003-2007 dan 2008-2010 dikarenakan beberapa personilnya melakukan side project dimana salah satunya adalah sang vokalis Rob Thomas yang sempat mengeluarkan 2 buah album dan keduanya cukup sukses. Pada tahun 2010 lalu akhirny Matchbox 20 kembali bersama dan mulai menggarap album ke-4nya ini yang memakan waktu kurang lebih selama 2 tahun hingga akhirnya direlease pada tanggal 4 September lalu. Cukup lamanya waktu hiatus yang mereka lakukan apakah akan membawa perubahan dalam musik Matchbox 20? Jawabannya ada di dalam album North ini.

Melihat lebih jauh kedalam album berisi 12 tracks ini, sebagian besar lagu dalam album ini ditulis oleh Rob Thomas dan album ini diproduseri oleh Matt Serletic, musi producer yang juga menangani 2 album solo Rob Thomas. Bagi anda yang khawatir akan musik Matchbox 20 dalam album ini tampaknya bisa bernafas lega karena dalam album ini Matchbox 20 masih mengusung genre musik yang membesarkan namanya. North dibuka oleh sebuah lagu berjudul Parade dimana petikan gitar electric mengisi bagian intro dan kita langsung disambut oleh suara Rob Thomas yang bernyanyi dengan lirih dan ditambah iringan string section berhasil menambah kesan lirih dalam lagu ini. Track selanjutnya ada sebuah lagu berjudul She’s So Mean yang juga menjadi single andalan untuk album ini. She’s So Mean dibuka oleh melodi dari rhythm gitar yang cukup catchy serta dentuman drum yang menggebu dan tensi lagu menjadi semakin naik ketika lagu memasuki chorus. Keputusan merelase She’s So Mean sebagai single pertama memang cukup tepat karena ini adalah sebuah lagu yang mencerminkan Matchbox 20 dan juga radio friendly. Salah satu lagu dalam album North yang juga memiliki intro yang cukup catchy adalah Put Your Hands Up dimana intronya juga diisi oleh melodi dari rhythm electric guitar dan sedikit mengingatkan akan salah satu lagu mereka terdahulu yang berjudul Disease. Bagi anda yang kangen dengan lagu-lagu downtempo dari Matchbox 20, bisa coba mendengarkan lagu Overjoyed dalam album ini. Overjoyed adalah sebuah lagu pop downtempo ala Matchbox 20 dan juga memiliki lyric yang romantis, bisa menjadi pilihan sebagai salah satu lagu pernikahan. Selain Overjoyed, ada juga I Will yang mengandalkan kekuatan vocal Rob Thomas yang bernyanyi diiringi oleh petikan gitar acoustic. Lagu ini juga memiliki lyric yang romantic bercerita tentang kesetiaan sebuah pasangan ketika sang wanita ternyata menderit penyakit Alzhemeir , sang pria tetap setia untuk tetap berada disampingnya. Salah satu lagu yang cukup mencuri perhatian mungkin adalah The Way karena ketika anda mendengarkan lagu ini anda akan sadar bahwa yang menyanyikan lagu ini bukanlah Rob Thomas melainkan sang gitaris yang bernama Kyle Cook. Lagu ini ditulis oleh Kyle sendiri dan Kyle memang juga adalah seorang penyanyi ,diluar Matchbox 2 Ia sudah mempunyai beberapa lagu yang Ia tulis, nyanyikan dan direlease.

Secara keseluruhan, album North ini adalah sebuah lagu pop rock yang masih bercirikan Matchbox 20 dan dipastikan akan mengobati kangen para fansnya yang sudah menunggu cukup lama untuk mendengarkan materi dari album Matchbox 20. Hal itu dibuktikan dengan berhasilnya album ini debut pada posisi 1 US Billboard Album chart dengan terjual sebanyak 97.000 kopi. Bagi anda yang suka dengan lagu-lagu uptempo Matchbox 20 terdahulu seperti Bent atau How Far We’ve Come atau lagu downtempo mereka seperti Unwell, kedua hal tersebut bisa anda temukan dalam album North ini sehingga rasanya tidak ada alasan untuk melewatkan album yang satu ini.

Official Website

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Parade
2. She’s So Mean
3. Overjoyed
4. Put Your Hands Up
5. Our Song
6. I Will
7. English Town
8. How Long
9. Radio
10. The Way
11. Like Sugar
12. Sleeping at the Wheel

Related posts

Leave a Reply