Trending News

Blog Post

Album of The Day: Meiko – The Bright Side
Album of The Day

Album of The Day: Meiko – The Bright Side 

Released by: Universal Music Indonesia

iTunes menyebutkan musik yang diusung oleh Meiko adalah perpaduan antara indie-pop dengan coffehouse folk. Tidak ada salahnya juga, karena setelah menyimak album debutnya, Meiko (2008), kita bisa menyimak lagu-lagu ringan yang menyenangkan namun tetap memiliki kedalaman tidak hanya dari segi tematis namun juga estetika yang terjaga. Kini, setelah empat tahun, Meiko datang lagi membawa album sophomore yang bertajuk The Bright Side. Lantaskah, apakah musik asyik ala Meiko tersebut masih bisa kita temui di sini? Jangan kuatir. Meiko tetap menjanjikan lagu-lagu yang pasti memuaskan penikmat musik indie-pop-folk.

Mendengarkan Meiko itu memang paling pas saat bersantai, duduk-duduk sambil menyesap kopi atau minuman sejenis, dan sembari (mungkin) membaca buku. Bisa juga menjadi teman saat berkendaraan dengan jarak tempuh yang jauh. Nah, dengan mengembel-embeli albumnya dengan kata-kata bright, jelas Meiko mengindikasikan jika album ini memilki koleksi lagu-lagu yang lebih “cerah” lagi. Setelah mendengarkan albumnya, kita kemudian akan mengerti apa maksudnya.

The Bright Side dibuka dengan Stuck on You, sebuah lagu centil dalam versi Meiko. Dalam artian, light, breezy, easy listening and catchy. Dibuka dengan beat drum yang berdentum, merdunya gitar kemudian hadir menemani. Notasi yang sederhana tapi mempunyai melodi yang gampang dicerna menjadi kekuatan lagunya. Sesuai dengan judulnya, kita akan stuck on it dan like to play it over and over again.

The Bright Side memiliki banyak lagu setipe sebenarnya. Yang menjadi kelebihan Meiko, ia mampu menghadirkan semacam pembeda atau pun warna yang membedakan antara satu lagu dengan yang lainnya. Simak saja track kedua, I’m In Love yang hadir dengan bantuan synthesizer. Terdengar sangat nge-pop namun jauh dari kesan cheesy. Lagu serupa, namun hadir dengan tempo yang sedang dan melankolis adalah Let It Go atau I’m Not Sorry.

Yang lebih organis, dalam artian hadir dengan format akustik dan tidak memakai gimmick untuk memberi tekstur pada musiknya adalah Thinking Too Much. Sementara itu, banyak juga hadir lagu-lagu yang hadir dengan teknik produksi yang lebih rumit dan kompleks, meski tetap tak menghilangkan ciri khas folky Meiko, seperti When The Door Close yang sedikit jazzy; Leave The Light On yang agak mengingatkan akan The Bird and The Bee; Real Real Sweey yang tampaknya mengadopsi reggae dalam bentuk yang paling ringan.

Jangan sampai lewatkan pula Good Looking Loser, salah satu track terbaik dari album ini, dimana Meiko menunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi dengan lebih lirih dan penjiwaan yang prima. Ia sangat berhasil memberi sentuhan emosional yang diperlukan oleh lagunya. Begitu menyedot perasaan bagi kita yang mendengarkannya.

Meiko itu seperti versi yang lebih sederhana dari Sara Bareilles namun bukan berarti hanya mampu menghadirkan dengan lagu-lagu yang tampil seadanya dan secukupnya. There’s something cute by the way she sang her songs, akan tetapi tidak lantas terdengar kekanak-kanakan atau terlena untuk tampil bermanis-manis. Setiap lagu dalam The Bright Side tidak ada yang tak menarik. Masing-masing hadir dengan kekuatan yang setara dan pada akhirnya memberi asupan positif pada albumnya secara keseluruhan.

Mungkin akan terdengar sedikit naif jika menyebutkan The Bright Side sebagai salah satu album terbaik di tahun ini, akan tetapi secara kualitas, jelas sangat bisa dipertanggungjawabkan. Hadir dengan tingkatan emosi yang berbeda-beda, kaya akan variasi dan tidak jenerik. Meski tentu saja kita tidak bisa menafikan jika pilihan musik yang diambil Meiko bisa jadi kurang menarik bagi pendengar musik komersial yang awam.

Di antara nama-nama seperti Ingrid Michelson, Lisa Mitchel, Lenka, Priscilla Ahn, Schuyler Fisk atau pun Yuna dan Zee Avi, Meiko jelas merupakan yang terdepan. The girl and her albums need a better recognition. She’s a true artist. Compose and sing her own songs is one thing, but being passionately adamant and able to bring wittiness to her musicjelas merupakan nilai lebih.

Direkomendasikan!

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
01. “Stuck on You” (3:06)
02. “I’m in Love” (3:46)
03. “When the Doors Close” (3:50)
04. “Thinking Too Much” (3:36)
05. “Leave the Lights On” (4:08)
06. “Lie to Me” (3:40)
07. “I’m Not Sorry” (3:16)
08. “Let It Go” (3:46)
09. “Real Real Sweet” (3:45)
10. “Good Looking Loser” (3:56)
11. “I Wonder” (3:36)

Related posts

Leave a Reply