Trending News

Blog Post

Album of The Day: Mika – The Origin of Love
Album of The Day

Album of The Day: Mika – The Origin of Love 

Released by: Universal Music Indonesia

Kagum adalah rasa yang mungkin akan tercipta setelah mendengarkan album studio ketiga penyanyi asal Inggris, Mika. Dalam album terbarunya yang diberi judul “The Origin Of Love“, Mika menyengaja diri untuk mengurangi kemeriahaan sound, namun tetap menyajikan porsi keceriaan yang tetap. Fungsinya adalah untuk menyisipkan keseriusan ke dalam musiknya. Ia mengajak Greg Wells, Dan Wilson, Benny Benassi, dan Klas Ahlund juga demi mencapai tujuan tadi, dan menjadikan Daft Punk dan Fleetwood Mac sebagai inspirasi.

Mendengarkan Mika di album ini, serasa menelanjanginya dari kericuhan yang sudah ia pikul sejak meluncurkan album perdananya di tahun 2007 lalu. ‘Origin Of Love’ dan ‘Lola’ terdengar jinak, easy listening betul. Dua lagu tersebut memang memperlihatkan sisi lain Mika, tapi kalau masih mau sisi Mika yang sama dengan ‘Love Today’ atau ‘Blame It On The Girls’ dengarkan saja ‘Stardust’ dan ‘Make You Happy’ yang adalah versi sederhana dari corak pop eksentrik standarnya.

Untuk menampilkan bukti bahwa ada keseriusan yang dimaksud dalam album, ada track berjudul ‘Underwater’. Intro pianonya sempat membias ke intro salah satu lagu Adele. Sementara untuk contoh yang mengambil pengaruh musik dari Fleetwood Mac adalah ‘Kids’ dan ‘Step With Me’. Kedua lagu ini punya konsep stripped dengan instrumen yang lebih organik. Percobaan lainnya adalah ‘Popular Song’ yang menampilkan Priscilla Renea. Lagu urban pop ini memberi pengertian lain ke dalam lingkup musik sang artis. Saya sempat berfikir kalau kehadiran Pharrell Williams dalam ‘Celebrate’ juga akan lebig meng-urban. Tapi justru ciri Pharrell tak terlalu berjaya disini, karena ‘Celebrate’ muncul sebagai sebuah lagu eurodancepop, bukan US urban swag track.

Fokus terhadap sound baru yang ditawarkan oleh Mika bukan menghilangkan spotlight dari fun yang biasa diboyong. ‘Love You When I’m Drunk’ seketika mengembalikan keadaan ke kebiasaan. Ini adalah bagian dimana kita enggak merasa asing dengan nama Mika. This is him. ‘Emily’ yang adalah versi Bahasa Inggris untuk ‘Elle Me Dit’ yang sudah dirilis sebagai single lepas sejak tahun 2011 lalu juga demikian. Heboh heboh girang. Mika berhasil mendapat apa yang ia buru untuk album ini. Memunculkan keseriusan dengan menjaga keceriaan. Tak sekedar eksperimental, tapi juga sebuah keberhasilan.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Origin of Love” Mika, Nick Littlemore, Paul Steel Nick Littlemore, Greg Wells, Mika 4:37
2. “Lola” Mika, Benjamin Garrett, Jodi Marr Mika, Benjamin Garrett 3:45
3. “Stardust” Mika, Wayne Hector, Benny Benassi, Alessandro Benassi Benny Benassi, Greg Wells 3:18
4. “Make You Happy” Mika, Benjamin Garrett, Jodi Marr Greg Wells, Benjamin Garrett, Mika 3:11
5. “Underwater” Mika, Nick Littlemore, Paul Steel Greg Wells, Mika 3:12
6. “Overrated” Mika, Jodi Marr Klas Åhlund, Greg Wells 3:38
7. “Kids” Mika, Nick Littlemore Mika, Nick Littlemore 3:04
8. “Love You When I’m Drunk” Mika, Jodi Marr Nick Littlemore, Mika 2:54
9. “Step with Me” Mika, Mathieu Jomphe, Hillary Lindsey Greg Wells, Mika 3:36
10. “Popular Song” (featuring Priscilla Renea) Mika, Priscilla Renea, Mathieu Jomphe, Stephen Schwartz Greg Wells, Mika 4:06
11. “Emily” Mika, Doriand Klas Åhlund, Greg Wells 3:34
12. “Heroes” Mika, Nick Littlemore, Jack Milas, Oli Chang Mika, Jack Milas, Oli Chang 3:16
13. “Celebrate” (featuring Pharrell Williams) Mika, Pharrell Williams, Benjamin Garrett Peter Mayes, Nick Littlemore, Benjamin Garrett 3:08

Related posts

Leave a Reply