Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Killers – Battle Born
Album of The Day

Album of The Day: The Killers – Battle Born 

Released by: Universal Music Indonesia

Empat tahun sudah semenjak Day & Age, dan The Killers pun dengan bangga mempersembahkan album ke empat mereka, Battle Born. Penantian yang lumayan panjang pun terbayarkan. Battle Born adalah album yang dipenuhi dengan segala yang kita harapkan dari The Killers. Rock dengan sentuhan melankolia yang prima.

Ambisius. Ritmis. Enerjetik. Duabelas lagu yang terdapat dalam Battle Born merupakan hasil kinerja Brandon Flowers, Dave Keuning, Ronnie Vannucci, Jr. dan Mark Stoermer dalam memberikan yang terbaik. Mereka masih bergerak dalam alur musikal yang sama semenjak Hot Fuss (2004), namun The Killers juga tak bermalas-malasan dengan hanya mengandalkan formula yan mirip. Well, bisa kita sebutkan serupa tapi tak sama.

Battle Born dibangun berdasarkan landasan rock dan new wave yang dulu telah dibangun dengan sukses. Kini sudah saatnya The Killers memberikan ornamen untuk memperkaya tampilan musik mereka. Album dibuka dengan Flesh and Bones yang diinfusi dengan synth-pop. Indikasi awal yang bisa menggambarkan album secara keseluruhan. It’s big. It’s bold. But occasionally moody.

Track berikutnya, Runaway, yang setelah didengar seolah mengembalikan kenangan kepada gaya bermusik The Killers di awak karirnya, yaitu semangat indie-rock dan post-punk revival yang keren. Lagunya sederhanya saja. Dibuka dengan tenang, lirih dan atmosfir yang lembut namun kemudian tiba-tiba menghentak dengan semangat anthemik yang menggebu. Seru! Vokal Brandon Flowers yang sangat khas memang tidak terdengar terlalu memakai aksen pseudo-British seperti biasanya, namun sama sekali tidak mengurangi ciri khas mereka.

Dengan pop rock cerah dan menyenangkan seperti The Way It Was atau yang terpengaruh U2 seperti A Matter of Time, sampai pop-punk ala 80-an seperti The Rising Tide atau From Here On Out, hingga Miss Atomic Bomb yang terdengar begitu meledak-ledak, The Killers mengajak kita untuk larut dalam nuansa rock yang tidak terlalu berat, namun tak terlupa bersenang-senang dalam semangatnya. Pop bukan hal yang tabu untuk dibalutkan disekelilingnya untuk memberi aksentuasi tersendiri.

Tentu saja masih ada balutan lagu-lagu galau yang rasa-rasanya memang terdengar sangat pas dinyanyikan oleh vokal khas Flowers, seperti Here With Me yang menghadirkan denting paiano dengan ekstensif, Heart of a Girl yang sedikit grungy dan melantun pedih atau Be Still yang menampilkan Flowers dalam gaya yang lembut dan penuh perasaan lara. Lagu-lagu ini berhasil karena Flowers mampu menghadirkan melankolia dengan sangat manis tanpa harus terdengar pahit atau getir. Sendu tanpa harus cengeng.

Album ditutup oleh Battle Born, salah satu lagu terbaik di album ini. Sempurna. Masih memiliki serat rock yang kental, namun juga menghadirkan sentimentil dalam tempo sedang yang menggerakkan lagunya. Gitar elektrik tak pernah tampil berlebihan menjadi pemandu sorak untuk gitar akustik yang mengalun sepanjang lagu. Sementara beat drum bedentum menghadirkan detak yang menjadi denyut lagunya. Sempurna.

Battle Born mungkin tidak terdengar inventif. Namun jelas terlihat upaya The Killers untuk menunjukkan jika mereka adalah salah satu band rock terbaik saat ini. Apakah Battle Born merupakan salah satu album terbaik yang dimiliki oleh mereka? Rasanya biarlah masa depan yang akan menjawab, saat ia berhasil melewati ujian waktu. Yang pasti, Battle Born adaalah album yang arkulatif, tertata dengan baik serta memiliki lagu-lagu yang berkualitas baik serta sangat menyenangkan untuk didengar. Hasilnya? Tentu saja Battle Born adalah album yang sangat memikat.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Flesh and Bone” 4:01
2. “Runaways” 4:04
3. “The Way It Was” 3:51
4. “Here with Me” 4:52
5. “A Matter of Time” 4:11
6. “Deadlines and Commitments” 4:22
7. “Miss Atomic Bomb” 4:53
8. “The Rising Tide” 4:17
9. “Heart of a Girl” 4:34
10. “From Here On Out” 2:27
11. “Be Still” 4:33
12. “Battle Born” 5:13

Related posts

Leave a Reply