Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ronan Keating – Fires
Album of The Day

Album of The Day: Ronan Keating – Fires 

Released by: Universal Music Indonesia

Bisa jadi kini orang lebih mengenal nama Ronan Keating dibanding kumpulannya dulu, Boyzone. Banyak faktor penentu hal itu bisa terjadi. Pertama, Ronan punya album lebih banyak dibanding Boyzone. Kedua, rentang karir Ronan secara solo juga lebih panjang dibanding boyband-nya. Sehingga sah-sah saja kalau hal tersebut kejadian. “Fires“, album terbaru dari Ronan merupakan koleksi kesembilan dalan diskografinya yang berwarna: ada album Natal, album duet, album bertemakan ibu, dan lain-lain. Dan “Fires” berada dimana? Berada di album tema umum yang dibercaki musik rock dan alternative dalam adonan popnya.

‘Fires’ sebagai track pertama memanglah cerminan album secara keseluruhan. Pop yang nge-brit, atau sebutan populernya britpop adalah panduan musiknya, dengan ketenangan yang terkandung dalam vokal Ronan. Sesaat akan membuat kita mengerutkan dahi, tapi berikutnya malah terbiasa dengan sound tersebut. ‘I’ve Got You’, dan ‘Nineteen Again’ demikian pula adanya. Yang Ronan coba juga adalah memberikan hook di lagu-lagu ini dengan tujuan membuatnya gampang diingat. Entah itu mengulang-ulang bagian-bagian chorus-nya ataupun membuat kreasi “ooh, ooh” sebagai senjatanya. Ronan juga bermain di lahan itu.

Kenyataan bahwa Ronan mempersempit keterlibatannya dalam penyelenggaraan lagu demi membuat musiknya terkesan baru adalah pengambilan risiko yang patut diperhitungkan. Bukan sepenuhnya angkat kaki, tapi memberikan kesempatan artis-artis yang sudah lebih dulu berada di bidang rock/alternative itu untuk gabung di album ini. Rick Nowels, Gregg Alexander, Gary Go, Lee DeWyze, juga Jamie Hartman terlibat untuk pemantapan pijakan baru Ronan ini. ‘Close Your Eyes’, ‘Get Back To What Is Real’, hingga ‘The One You Love’ adalah lagu-lagu yang sound-nya akrab dengan konsep musik full band. Kita akan mendengar gitar disana, drum disana, bass disana.

Tak cuma itu, jualan lainnya dalam “Fires” adalah beberapa lagu bernuansa oldies yang dihadirkan dalam track yang punya groove dan vibe asyik. ‘Love You And Leave You’ dan ‘NYC Girl’ berada dalam nuansa klasik yang berbeda satu sama lain; ‘Love You And Leave You’ menyentuh mereka yang tengah galau, sementara ‘NYC Girl’ memeriahkan suasana hati yang tengah kasmaran. Masing-masing ditambahi dosisi ‘Lullaby’ (feat. K.I.Z) dan ‘Oxygen’ akan membuat yang galau semakin parau, dan yang kasmaran semakin berbunga-bunga.

Nah, kalau yang ingin killer ballad khasnya Ronan cs di Boyzone, ada ‘Easy Now My Dear’ yang pasti membawa kita power dari sebuah lagu yang ngena ke hati pendengar. Lagu ini bisa jadi lagu paling kita sukai atau justru lagu yang paling kita hindari kalau tidak mau ikutan hanyut dalam kemellowan di dalamnya. Naik turunnya emosi dalam album ini membuktikan bahwa ada dinamika yang ditawarkan sembari mengejar goal lain yang sudah ditetapkan sebelumnya. Produktivitas Ronan bukan sekedar pengejaran target perilisan karya musik, tapi juga melibatkan mutu dari musik yang ia ciptakan. Sehingga “Fires” bukan tampil asal-asalan, tapi matang dan dipertimbangkan!

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Fires 3:52
2. I’ve Got You 3:53
3. Love You And Leave You 3:15
4. Nineteen Again 3:21
5. Wasted Light 4:03
6. Lullaby (feat K.I.Z.) 3:57
7. Easy Now My Dear 3:46
8. NYC Girl 3:48
9. Oxygen 3:19
10. Close Your Eyes 3:59
11. Get Back To What Is Real 3:20
12. The One You Love 4:42

Related posts

Leave a Reply