Trending News

Blog Post

Sungha Jung Live in Jakarta, 16 Nov 2012
Concerts Review

Sungha Jung Live in Jakarta, 16 Nov 2012 

Image and video hosting by TinyPic

Tepat pukul 19.00 WIB lampu di Nusa Indah Theatre pun dipadamkan. Mulai terdengar teriakan dari para penonton ketika tirai panggung dibuka, dan benar saja Sungha Jung muncul dari sisi kiri panggung dengan membawa gitar andalannya tersebut yang disambut dengan riuhan tepuk tangan. Tampil casual dengan mengenakan kemeja biru berlengan putih, Sungha pun menyapa penggemarnya dengan ramah. “Hai, Apa Kabar? I’m Sunga Jung from Korea, this is my first concert in Indonesia and I’m so excited”. Tanpa berlama-lama gitaris muda berbakat ini akhirnya memainkan gitar akustiknya. Lagu berjudul ‘Irony’ yang juga menjadi title di album ke dua Sungha ini dimainkan dengan luar biasa. Penonton seperti tersihir oleh petikan gitar akustiknya tersebut.

Setelah men-set gitar andalannya, Sungha melanjutkan penampilannya dengan memainkan lagu hits dari Maroon 5 ‘Payphone’ yang memang menjadi salah satu lagu favoritnya Sungha. Penonton begitu menghayati permainan gitar dari Sungha Jung, lighting yang mendukung pun semakin membuat penonton menghayati lagu tersebut.

“K-pop sangat terkenal disini kan? Saya akan memainkan lagu ‘Lonely’ dan ‘Monster‘” ujar Sungha yang disambut dengan teriakan seisi venue. Tak berlama-lama lagi, Sunghapun memainkannya dengan sangat apik. Sayup-sayup terdengar suara penonton yang ikut bernyanyi. Gitaris muda kelahiran 2 September 1996 ini mengatakan bahwa minggu kemarin ia telah melakukan recording dengan gitaris asal Jepang. dan Sungha memperkenalkan lagu yang akan ia mainkan selanjutnya berjudul ‘Nostalgia’. Lagu ini juga akan ada di album kolaborasi bersama lima gitaris jepang akan dirilis sekitar bulan desember mendatang.

Setelah dibuat mellow oleh lagu ‘Nostalgia’ kini giliran lagu milik Jason Mraz berjudul ‘Geek in the Pink’ yang ia mainkan dengan sangat memukau. Sungha memang benar-benar menunjukan kelasnya sebagai seorang finger-style guitar acoustic yang sangat berbakat. Ia juga memainkan lagu berjudul ‘My Favorite Things’ yang merupakan original Soundtrack film ‘Sound of Music’ dan untuk penutup di sesi pertama ini Sungha memainkan lagu “Lupin III” yang juga diaransemen oleh sahabatnya sendiri.

Setelah istirahat sekitar 15 menit, Sungha Jung kembali menaiki panggung dengan membawa ukulele di tangannya. Ia kembali menyapa penonton dalam bahasa Inggris. “Hi again. In this session I’m gonna start with ‘Somebody That I Used To Know’ song by Gotye. ” Petikan dari ukulele dari Sungha sukses membuat penonton terpukau melihatnya. Gitaris berwajah imut ini juga memainkan theme song dari games yang sangat lengendaris yaitu ‘Mario Bros’. Penonton dibuat tertawa ketika dengan mahirnya Sungha memainkan nada-nada yang menjadi khas dari theme song games Mario Bros tersebut.

‘I’m Yours’ dari Jason Mraz menjadi song list selanjutnya. Rasanya penonton pun ingin ikut mengiringi Sungha dengan menyanyikan lirik lagu tersebut bersama-sama. ~ I’m Youuurrss~. Sungha kembali dengan gitar akustiknya tersebut dengan membawakan lagu dari personel Big Bang, G-Dragon yang berjudul ‘Missing You’. Hal ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar k-pop khususnya. Karena memang sebelumnya Sungha pernah berkolaborasi dengan G-Dragon lewat lagu ‘That XX’.

Interaksi dari Sungha ke penonton pun memang tak banyak. Karena mungkin ia ingin fokus memberikan penampilannya yang terbaik. Tapi hal itu langsung ditepis ketika ia sedang kembali men-set gitarnya, tiba-tiba saja terdengar teriakan penonton perempuan mengatakan ‘ I LOVE YOU’ !! Dan dengan santainya gitaris imut itu menjawabnya ‘ I LOVE YOU’ hahahaha hal ini langsung disambut teriakan seisi auditorium Balai Kartini.

Lagu berjudul ‘Friends’ yang merupakan lagu ciptaan nya sendiri dibawakan dengan sangat menakjubkan kemudian disusul dengan memainkan original sountrack dari film jepang berjudul ‘Howl’s Moving Castle’ dan juga lagu opera terkenal, yaitu ‘Phantom of the Opera’. Sungha pun mengatakan bahwa lagu bergenre country yang berjudul ‘Freight Trein’ adalah lagu penutup acara konsernya nya. Dan Ia juga sangat berterima kasih kepada penonton karena telah datang ke konsernya tersebut. Kemudian ia membungkukan badannya kepada para penonton dan berpamitan meninggalkan panggung. Namun penonton terus meneriakan nama Sungha Jung daaaan akhirnya Sungha kembali naik ke atas panggung dan mempersembahkan encore nya yang berjudul Boogie Guitar.

Ya, ‘Sungha Jung Live in Jakarta 2012’ benar-benar selesai. Sungha membungkukan badan kembali dan melambaikan tangannya pada penonton. Sungha pun benar-benar meninggalkan pangg

Sampai jumpa di ‘Sungha Jung Live in Bandung 2012’ Minggu 18 November 2012

Untuk foto2 lengkap konser Sungha Jung di Jakarta lihat disini

Special Thanks to: MahanaLive

(Reni Fitriah)
Photo by Dita Annissa

Related posts

Leave a Reply