Trending News

Blog Post

Album of The Day: Jewel – Greatest Hits
Album of The Day

Album of The Day: Jewel – Greatest Hits 

Released by: Warner Music Indonesia

Setelah hampir dua dekade dan 7 album studio dan 23 single, It’s about time for Jewel to release her Greatest Hits album. Dan tampaknya ia memilih bulan penuh cinta di tahun 2013 ini untuk merayakan karirnyanya tersebut. Sayangnya, meski memiliki junmlah hits single yang melimpah, album ini hanya “dikaruniai” 16 buah lagu saja. Apakah mereka sudah akan cukup memuaskan untuk mencakup perjalanan karir seorang Jewel?

Tentu saja jawabannya adalah relatif, karena bagaimanapun akan lebih komprehensif dalam mencermati perjalanan karir seorang penyanyi dengan menyiap setiap albumnya satu persatu. Namun begitu, sebagai sebuah highlight, album Greatest Hits milik Jewel ini sudah cukup memadai karera mencakup banyak lagu familiar yang pasti tidak hanya disukai oleh kalangan fans namun juga pendengar Jewel secara umum.

Yang pasti Jewel menyajikan lagu-lagu yang terdapat dalam album ini secara kronologis, mulai dari Who Will Save Your Soul yang terdapat dalam album debutnya, Pieces of You hingga Satisfied dari album terakhirnya Sweet and Wild. Dan tak terlupa pula memasukkan track cover version lagu legendaris Somewhere Over the Rainbow yang terdapat dalam album anak-anaknya, Lullaby.

Beberapa hits klasik seperti Foolish Games, Hands, atau Break Me dipastikan akan membuat jiwa-jiwa galau akan semakin galau saja karena lagu-lagu tersebut sudah terbukti dapat membawa rasa haru yang kental kepada para pendengarnya. Satu yang memang menjadi andalan Jewel adalah penghayatan yang memukau dalam lagu-lagu bercorak balada dan juga komposisi lagu yang syahdu dan menggugah.

Akan tetapi Jewel juga memiliki semangat country/folk yang cukup pekat, sehingga album ini menghadirkan lagu-lagu semacam Good Day atau Stronger Woman. Beda Jewel dengan musisi lain yang membawakan lagu sejenis, ia sangat kuat di lirik yang puitis yang menghanyutkan. Dan lagu-lagu bertempo cepatnya pun tak terluput dari lirik sedemikian.

Oleh karenanya tidak mengherankan jika album eksperimentalnya, 0304, hanya menyumbang satu lagu yaitu Intuition ke dalam album ini. Dengan beat hiphop yang menyelubunginya, lagu ini memang terdengar jauh berbeda dengan kebanyakan lagu Jewel yang mengandalka aransemen organis dan mengandalkan band. Lagu yang bagus sebenarnya, akan tetapi pada akhirnya memang terdengar out-of-place dari sejumlah lagu yang terdapat di sini.

Padahal sebenarnya 0304 juga menyediakan beberapa single juara lainnya seperti Stand atau 2 Become 1 yang sangat disayangkan tidak dikutsertakan sebagai bagian hits terbaik Jewel. Jangan kecewa, karena dua lagu tersebut tidak satu-satunya, karena banyak lagi lagu lain dari discography Jewel dan mungkin menjadi favorit kita, tidak dimasukkan.

Inilah yang mungkin menjadi sedikit kelemahan Greatest Hits milik Jewel, karena album ini terdengar dikerjakan dengan setengah-setengah. Alangkah baiknya jika saja Jewel melimpahi album ini dengan semua lagu hitsnya dalam paket yang istimewa, ketimbang hanya menjadi semacam nightlight semacam ini.

Dan apalah artinya album Greatest Hits tanpa kehadiran lagu baru. Jewel menyediakannya. Hanya satu memang, yaitu track terakhir yang berjudul Two Hearts Breaking, sebagai penambah semarak, lagu yang kental dengan ciri khas seorang Jewel, pop alternatif dengan sedikit sentuhan folk dan country. Perpindahan notasi yang istimewa pun menjadi pilihan yang cantik.

Sebagai bonus tambahan, Jewel menyiapkan dua track istimewa, yaitu rekaman ulang dua lagu lawasnya dengan menampilkan artis tamu, yaitu You Were Meant for Me yang menampilkan Pistol Annies dan Foolish Games dengan penampilan khusus dari Kelly Clarkson.

Jika You Were Meant for Me tidak mengalami perubahan yang begitu berarti, maka Foolish Games mendapatkan perombakan yang cukup signifikan. Vokal Clarkson yang perkasa membuat Jewel menggubah kompsisi Jewel Game dalam semangat rock yang cukup kuat. Meski belum bisa menandingi sensasi yang dihadirkan oleh lagu aslinya, akan tetapi upaya ini boleh juga buat disimak.

Terlepas dari beberapa kecewaan yang dialamatkan kepada album ini, bisa disebutkan jika Greatest Hits milik Jewel ini sudah cukup memadai untuk merangkum perjalanan karirnya. Album ini membuktikan jika Jewel merupakan salah satu artis hebat dekade 90-an yang memiliki karakteristik khas yang membuat dia mampu untuk tetap bertahan hingga sekarang ini.

Tentu saja ditunggu karya Jewel berikutnya.

Official Website

Beli CD Jewel “Greatest Hits” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini
(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Who Will Save Your Soul” (from Pieces of You) (LP version) 4:00
2. “You Were Meant for Me” (from Pieces of You) (Album edit) 3:49
3. “Foolish Games” (from Pieces of You (Radio edit) 4:10
4. “Hands” (from Spirit) 3:54
5. “Down So Long” (from Spirit) 4:19
6. “Jupiter (Swallow the Moon)” (from Spirit) (Remix)
7. “Standing Still” (from This Way) 4:30
8. “Break Me” (from This Way) (Radio edit) 3:58
9. “Intuition” (from 0304) 3:49
10. “Good Day” (from Goodbye Alice in Wonderland) (Album version) 3:44
11. “Stronger Woman” (from Perfectly Clear) (Radio edit) 3:49
12. “Somewhere Over the Rainbow” (from Lullaby) 4:25
13. “Satisfied” (from Sweet and Wild) (LP Version) 4:08
14. “You Were Meant for Me” (featuring Pistol Annies)
15. “Foolish Games” (featuring Kelly Clarkson)
16. “Two Hearts Breaking”

Related posts

Leave a Reply