Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: Justin Timberlake
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: Justin Timberlake 

Dengan koleksi tiga buah album di dalam diskografinya, Justin Timberlake memang tidak terlalu royal dalam menghadirkan video musik. Tidak heran jika dalam polling yang dilakukan terhadap pembaca Creativedisc.com via twitter yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, hanya terjaring delapan buah video yang menjadi favorit. Oleh karenanya, untuk memenuhi kuota 10 video, maka dimasukkan juga dua buah video penyanyi lain dimana Justin Timberlake hadir sebagai featuring artist. Tanpa banyak berbasa-basi lagi, berikut 10 video terbaik versi Creativedisc.com:

10. Love Sex Magic featured by Ciara (Alb. Fantasy Ride, 2009)

Apa jadinya jika Justin Timberlake bekerjasama dengan Ciara? Maka sensualitas dan seksi terpampang dengan nyata baik di lagu yang mereka bawakan maupun dalam MV yang hadir untuk lagu tersebut. Love Sex Magic merupakan single andalan Ciara untuk album ketiganya, Fantasy Ride. Salah satu sutradara MV terkenal, Diane Martel, bertugas untuk menggarap videonya. Dan Diane tampaknya memang berniat mengeksplorasi secara penuh “kemesraan” Justin dan Ciara. Termasuk dengan memperlihatkan gestur-gestur seksi seperti Ciara yang menjilat telinga Justin misalnya. Dan tentu saja tidak lengkap tanpa dance-duet yang bergelora.

09. 4 Minutes featured by Madonna (Alb. Hard Candy, 2008)

Bahkan Madonna pun sulit melawan pesona Justin Timberlake. Dalam album Hard Candy, dimana Timbaland menjadi salah satu produsernya, nama Justin Timberlake memang terletak di urutan paling atas dalam menemani sang diva. Oleh karenanya tidak heran jika single pertama untuk album tersebut turut menjual nama Justin. Dance masih menjadi menu utama, akan tetapi yang unik adalah pamer efek khusus yang cukup mencengangkan dimana kita bisa melihat “bagian dalam” orang-orang yang terdapat di dalam MV-nya. Menurut konsepnya, Madonna dan Justin adalah sepasang superheroes yang harus melewati berbagai rintangan dalam menjalankan misinya. Duo asal Perancis, duo Jonas & François, memutuskan London menjadi lokasi yang paling tepat untuk syuting MV-nya.

08. Señorita (Alb. Justified, 2002)

Sutradara MV kenamaan, Paul Hunter bertugas untuk membuat Señorita yang merupakan single keempat Justin untuk album debutnya, Justified. Sesuai judul dan irama latin yang diusung, sensasi sensual menjadi daya tarik utama yang ingin diperlihatkan. Perempuan berbusana merah menantang menjadi objek utama dalam konsep videonya. Berlokasi di sebuah bar, Justin diperlihatkan tengah menyanyi di panggung. Sementara itu, Timbaland terlihat memasuki bar tersebut sedangkan Pharrell bermain drum. Penampilan Justin begitu memikat perhatian para perempuan yang ada di bar tersebut. Aktor Owen Wilson bersama kekasihnya saat itu, Carolina Cerisola, juga tampak hadir sebagai cameo.

07. Like I Love You (Alb. Justified, 2002)

Like I Love You merupakan single pertama Justin Timberlake untuk album debutnya, Justified. Oleh karenanya jika MV sebagai sarana promosi dihadirkan dengan sememikat mungkin. Dan untuk itu, jualan utamanya adalah kemampuan dance Justin yang menawan. Bersama sekumpulan penari latar, mereka menampilkan tarian enerjik dan memukau. Sebagai sampingan, diperlihatkan adegan Justin yang “bermesraan” dengan seorang perempuan. Secara umum, meski Justin terlihat tampil beda dari era ‘N Sync, namun sulit dinafikan pengaruh itu masih ada. Selain Pharrel yang menemani, gerai convenience store ternama, 7-11, hadir sebagai latar.

06. My Love (Alb. FutureSex/LoveSounds, 2006)

My Love adalah single kedua Justin untuk album sophomore-nya, FutureSex/LoveSounds. Paul Hunter lagi-lagi didapuk sebagai sutradara videonya. Sebenarnya konsep videonya sederhanya saja. Dengan hitam putih mendominasi layar, video My Love murni memperlihatkan Justin yang menari dengan sangat kinetis bersama partnertnya, bergerak sesuai dinamika lagunya. Sebelum masuk ke videonya, ada semacam prelude yang dihadirkan, yakni “Let Me Talk to You yang menampilkan Timbaland. Rapper T.I yang hadir sebagai featuring artist pun hadir di dalamnya.

05. SexyBack (Alb. FutureSex/LoveSounds, 2006)

MV untuk SexyBack disutradarai Michael Haussman yang video Take A Bow miliknya adalah favorite Justin dan telah menjadi sumber inpirasi untuk pengerjaan SexyBack. Tidak mengherankan jika syuting dilakukan di Barcelona, Spanyol dan menampilkan aktris Elena Anaya (The Skin I Live In). Berlokasi di sebuah gedung besar yang mewah, MV SexyBack menampilkan plot yang terkesan berliku dan misterius juga menegangkan. Tensi yang dibangun antara Justin dan Elena pun ternyata tak jauh-jauh dari kesan sensual yang mengundang. Mendebarkan!

04. Cry Me A River (Alb. Justified, 2002)

Cry Me A River merupakan single kedua Justin Timberlake untuk album debutnya, Justified. Ditulis oleh Justin, Cry Me A River berangkat dari hubungannya dengan Britney Spears yang kemudian harus kandas. Tidak mengherankan jika MV yang disutradarai oleh Francis Lawrence pun mengekspos hal ini. Dengan menampilkan model yang wajahnya nyaris tak pernah jelas kelihatan, Justin diperlihatkan seperti membayangi sang model. Berdasarkan siluet sang perempuan yang terlihat sangat mirip dengan Ms. Spears, bisa kita simpulkan tentang apa sebenarnya konsep video ini. Sosok perempuan itu tentu saja buka Britney Spears, namun melainkan seorang model bernama Lauren Hastings.

03. What Goes Around… Comes Around (Alb. FutureSex/LoveSounds, 2006)

Samuel Bayer mengerjakan video untuk What Goes Around… Comes Around dengan memakai konsep sebuah film pendek. Aktris ternama Scarlett Johansson serta aktor Shawn Hatosy juga “berperan” di video ini yang menampilkan kisah cinta antara mereka bertiga. Hadirnya aktor-aktor “beneran” ini memang bertujuan untuk menghadirkan atmosfir film seutuhnya. Skripnya sendiri dikerjakan oleh sutradara Nick Cassavetes (The Notebook) yang sebelumnya sudah pernah mengarahkan Justin Timberlake di film Alpha Dog. Dengan dukungan aspek sinematis yang kuat ini, tidak heran jika MV What Goes Around… Comes Around terasa dramatis, romantis dan juga…menegangkan.

02. Suit & Tie (Alb. The 20/20 Experience, 2013)

Suit & Tie merupakan single pertama yang dilepas Justin Timberlake untuk aksi comebacknya ke skena musik melalui album ketiganya, The 20/20 Experience. Kedewasaan tampak terlampir dengan kuat jika melihat penamppilan Justin di sini. Tidak tanggung-tanggung, sutradara terkenal David Fincher yang sebelumnya pernah mengarahkan Justin di film The Social Network, terjun langsung mengarahkan. Dengan mengadopsi gaya retro, MV hitam putih ini memperlihatkan Justin tampil disebuah klub. Jay Z pun tampil menemani. Suasana yang loungy meski terkesan vintage namun tetap terlihat urban. Dan menyenangkan sekali melihat pembawaan JT yang terlihat semakin mapan.

01. Mirrors (Alb. The 20/20 Experience, 2013)

Meski baru seminggu dirilis, namun tampaknya banyak sekali yang menjadikan video Mirrors sebagai favorit mereka. Padahal sebagian besar MV berdurasi 8:21 menit ini diisi oleh sepasang kakek-nenek dan Justin baru muncul mengisi video di menit ke 5. Sutradara kawakan Floria Sigismondi tampaknya terpengaruh pada film pemenang di festival film Cannes dan juga Oscar karya Michael Haneke, Amour, yang berkisah tentang kisah cinta diusia senja. Tak luput pula oleh semacam kilas balik saat mereka masih muda. Justin Timberlake memang mendedikasikan video ini kepada kedua kakek-neneknya, William and Sadie. Nuansa romantis tidak hanya hadir dalam bentuk lirik yang disebutkan sebagai wujud cintanya kepada sang istri, Jessica Biel, namun juga kisah kedua sepuh yang begitu menyentuh. Seperti disebutkan sebelumnya, mulai menit kelima, sesuai pergerakan notasi lagunya, Justin pun muncul dengan bernyanyi-menari disebuah ruangan yang penuh dengan, tentu saja, cermin!

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply