Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ólafur Arnalds – For Now I Am Winter
Album of The Day

Album of The Day: Ólafur Arnalds – For Now I Am Winter 

Released by: Universal Music Indonesia

Kita mungkin hanya mengenal Sigur Rós atau Björk sebagai musisi mapan dari Islandia. Mungkin. Padahal mereka masih punya banyak nama paten antara lain Lay Low, Of Monsters And Men, Emilíana Torrini dan banyak lagi. Satu lagi yang sebenarnya cukup menonjol adalah Ólafur Arnalds. Pria 27 tahun ini dikenal sebagai produser dan juga multi-instrumentalis berbakat. Dan For Now I Am Winter merupakan album ke empatnya.

For Now I Am Winter adalah album yang eklektik. Itu sudah pasti. Ini merukan sebuah album pop kontemporer. Namun di saat lain merupakan sebuah kumpulan aransemen orkestral yang menggugah. Ia mengandung serat-serat elektronika yang kental dengan ambient dan trip-hop memenuhi ruang udaranya. Kadang dia mengambil tune jazzy namun di kesempatan tertentu terdengar nge-rock.

Meski begitu, For Now I Am Winter bukanlah album yang kompleks atau sulit untuk dicerna. Harus dicatat jika Ólafur Arnalds adalah seorang multi-instrumentalis dan juga produser. Ia bahkan pernah mengerjakan film scoring untuk beberapa film. Latar belakangnya inilah yang membuat album ini kemudian terdengar begitu kaya.

Akan tetapi, yang pasti aransemen klasik menjadi dasar bergerak dari For Now I Am Winter. Album dibuka dengan sebuah lagu berambient pekat berjudul Sudden Throw. Denting piano serta string section yang tajam mengantarkan atmosfir kelam yang memenuhi ruang lagunya. Yang langsung disambung dengan Brim, namun kali ini hadir dengan tempoyang lebih cepat dan mengandalkan beat ala elektro-pop, meski string section di latar tetap terdengar begitu tajam menghantui.

For Now I Am Winter bukan melulu album instrumental, karena Arnalds mengajak Arnor Dan untuk mengisi vokal di beberapa lagu seperti yang menjadi judul album, For Now I Am Winter. Sebuah balada gelap yang menghadirkan vokal Arnor Dan yang melirih, seolah penuh dengan kontemplasi. Sementara string dan piano memberi imbuhan klasik, disudut lain beat elektronika modern memberi kesan trip-hop. Perpaduan yang seharusnya bertabrakan malah terdengar harmonis.

Namun yang mencuri perhatian mungkin adalah track Old Skin, karena menghadirkan vokal Arnor Dan yang menyentuh dengan beat elektro-pop lembut serta bebunyian eksperimental yang eklektik menjadikan single ini terdengar indah untuk didengar. Vokal Arnor Dan tampaknya memang ditakdirkan untuk bernyanyi dengan sedikit menyayat-nyayat dan penuh dengan emosi, sehingga tidak mengherankan jika lagunya terdengar begitu menarik ulur perasaan.

Mendengarkan album For Now I Am Winter ini memang seolah mendengarkan sebuah album soundtrack, yang tidak hanya saja dikarenakan aransemen instrumental yang begitu melodius dan kental dengan string section, akan tetapi juga lagu-lagu yang memiliki notasi yang terdengar dramatis, seperti sebut saja We (Too) Shall Rest atau Carry Me Anew yang seolah-olah mengajak kita untuk larut dalam sebuah adegan penuh dengan haru yang mengguncang perasaan.

This Place Was A Shelter dapat menjadi latar sebuah adegan menuju klimaks dari sebuah drama yang menguras emosi namun ada sedikit ketegangan yang menghiasinya. Sementara itu dalam Words of Amber kita seolah diajak mengintip sebuah adegan yang intim dan romantis namun penuh dengan keraguan yang mengundang.

Dalam Hands, Be Still, Arnalds terdengar kontemplatif-meditatif meski menghadirkannya dalam konsep ambient yang pekat dan dalam A Stutter, sepuah balada epik yang diantarkan oleh vokal Arnor Dan, Arnalds pun mengajak kita menyusuri tubir-tubir penuh perasaan yang kadang terdengar pilu namun di saat lain, romantis.

So, For Now I Am Winter mungkin terdengar melodramatis dan juga diisi oleh sisi-sisi emosionil yang kental, namun sebagai seorang multi-instrumentalis, Ólafur Arnalds tidak terjebak dalam lagu-lagu yang steril. Ia justru mampu menghadirkan sesuatu yang sifatnya hidup berkat romantisme dalam melodinya. Bahkan ia terdengar puitis, meski tanpa vokal dan lirik sekalipun.

For Now I Am Winter mengadopsi berbagai gaya musik, namun alih-alih bertabrakan ia cukup mampu mencairkan mereka dalam satu wadah dan kemudian memadatkan dalam musiknya yang eklektik dan sangat mengundang perhatian. In short comment, it’s hauntingly beautiful!

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Sudden Throw 3:16
2. Brim 4:42
3. For Now I Am Winter (feat. Arnor Dan) 5:05
4. A Stutter (feat. Arnor Dan) 5:09
5. Words Of Amber 3:22
6. Reclaim (feat. Arnor Dan) 4:01
7. Hands, Be Still 3:39
8. Only The Winds 5:21
9. Old Skin (feat. Arnor Dan) 4:08
10. We (Too) Shall Rest 2:05
11. This Place Was A Shelter 3:50
12. Carry Me Anew 3:30
13. No. Other (feat. Arnor Dan) 4:18

Related posts

Leave a Reply