Trending News

Blog Post

American Idol 12 Top 6: Burt Bacharach & A Song I Wish I Had Written
American Idol

American Idol 12 Top 6: Burt Bacharach & A Song I Wish I Had Written 

Tema untuk American Idol Top 6 tahun ini adalah tema ulangan. Tapi tetap saja menarik karena bagaimana Jimmy Iovine membimbing keenamnya dalam upaya menyediakan versi yang relevan tak hanya dengan citra masing-masing finalis, tapi juga dengan komersialitas saat ini.


Angie Miller – Anyone Who Had A Heart

Tak terkejut dengan sosoknya yang youthful, Angie ternyata penikmat musik hardcore. Tapi bukan itu yang penting, penampilannya dalam membawakan tema Bacharach/Hal David yang lebih penting. Sayangnya, penampilan Amber bisa dinilai berada di bawah harapan. Keith menginginkan PASSION dari Angie, Nicki melihat kekurangan tersebut bisa jadi dikarenakan oleh lagunya dan menambahkan bahwa penampilan ini kuno, yang kemudian disetujui oleh Randy. Dan akhirnya Mariah menutup komentar juri dengan memuji pelafalan yang sempurna dari Angie.


Amber Holcomb – I Say A Little Prayer

Amber sepertinya adalah finalis yang kerap memenuhi ekspektasi juri. Dalam penampilannya yang cukup namun tidah begitu wow ini, Nicki mengklaim bahwa Amber adalah cewek yang paling ia favoritkan disini. Randy mengeluarkan komentar yang provokatif dengan menyebut bahwa kompetisi baru saja dimulai. Meskipun ada sedikit kritik dari Mariah, tapi ia menyebut apa yang dilakukan Amber jenius. Dan Keith menambahi daftar pujian untuk penampilan pertama Amber ini dengan menyebutnya tidak berlebihan.


Lazaro Arbos – Close To You

Ini baru kejutan. Lazaro suka berburu! Semua yang dihadirkannya tampak seperti kebalikan dari Angie. Angie punya lafal yang sempurna, sementara Lazaro punya yang acak adut. Randy sampai kehilangan kata dan menyimpulkan penampilan Lazaro mengerikan. Mariah banyak berkomentar, karena ia mencoba untuk mencari kata-kata yang tidak terlalu kasar untuk pemuda ini. “Key” menjadi kata yang paling berpengaruh dalam komentar-komentar untuk Lazaro. Keith menunjuk kalau kuncinya terlalu rendah. Sementara Mariah berkomentar, Nicki melakukan rolling eyes.


Kree Harrison – What The World Needs Now

Kree cinta rodeo, dia resmi menjadi seorang gadis country. Well hey, bagaimana dengan penampilannya? Ia memulainya dengan akapella, dilanjutkan dengan aransemen yang berbeda dan it works! Mariah memuji aransemen tersebut, Keith merasakan kehangatan dan haru tatkala mendengarkannya, Nicki menyatakan bahwa Kree sudah siap untuk menjadi artis rekaman, dan Randy bilang ia suka Kree hadir setelah Lazaro. Seperti membersihkan kekacauan yang telah terjadi, huh?!


Janelle Arthur – I’ll Never Fall In Love Again

Kelihatan bahwa tema ini sedikit membuat Janelle tidak nyaman. Bukan wheelhouse-nya. Tapi syukurnya, Keith menyukai Janelle menghadirkan hal lain, tak seperti biasa. Nicki menyatakan bahwa Janelle bisa mencapai kesuksesan komersil, tapi penampilan yang satu ini membosankan. Randy memilih bahasa yang lain, ia menyebutnya tak bersemangat. Bagaimana dengan Mariah? Ia menyukai bagian awal yang sederhana, namun tak suka bagian kedua. Ia merasa Janelle tidak mengeluarkan kemampuan sepenuhnya disana.


Candice Glover – Don’t Make Me Over

Candice menyanyikan dialek dari pulau yang ia tinggali. Untuk penampilannya, ia berlaku seperti Kree, merubah aransemen lagunya. Dengan ini, ia berkesempatan untuk mengakhiri lagunya dengan sodoran high note yang memukau. Nicki menyebut penampilan ini tidak kuno, Randy menyebutnya penampilan terbaik malam ini, Mariah menyatakan Candice menjadikan yang klasik terdengar kini, dan Keith memasukkan Candice ke dalam Top 3-nya.

Untuk bagian kedua acara adalah saatnya mendengarkan lagu-lagu pilihan finalis yang mereka harap mereka adalah penulisnya. Dengan tema ini, juri, produser, dan penonton berharap bahwa pilihan mereka adalah yang benar-benar mereka kenal dan kuasai. Tahun lalu, Hollie Cavanagh menyanyikan lagu ‘I Can’t Make You Love Me’ untuk tema ini, yang bagi Jimmy Iovine adalah sesuatu yang aneh, Ia memilihnya, tapi tidak benar-benar menguasai konsep lagunya. Dan bagaimana dengan tahun ini?


Angie Miller – Love Come Down

Lagu yang kurang dikenal, itu menurut pengakuan Angie sendiri. Ini adalah lagunya Kari Jobe. Angie memutuskan untuk kembali bermain piano di penampilan keduanya ini. Randy menyukainya, karena inilah jati diri Angie. Mariah bilang kalau Angie dan piano itu tak terkalahkan. Keith melihat prospek ke depan, bahwa dalam tur nanti, Angie pasti akan lebih nyaman untuk tampil. Nicki menyatakan kalau Angie tidak meningkatkan performanya, trofi bisa direbut oleh Kree, Candice, dan Amber.


Amber Holcomb – Love On Top

Whoa! Amber bisa jadi ingin bunuh diri sebelumnya memutuskan memilih lagu ini. Tapi kalau ia berhasil menanggungjawabi pilihannya, ia pasti menuju puncak penampilan terbaik. Hasilnya? Mariah mengaku kalau ini bukan penampilan favoritnya, Keith suka pilihan lagunya, Nicki ingin Beyonce berhati-hati, dan Randy kembali dengan jargon “in it to win it”. Duh?!


Lazaro Arbos – Angels

Lazaro harus menguasai Angels. Ketika ia tidak bisa menyentuh pitch perfect versi Jessica Simpson, ia bisa mencoba kemanisan versi David Archuleta, atau bahkan kesederhanaan versi original Robbie Williams. Sesaat ia menyanyikan lagu dengan cukup baik, tapi ada moment fals dan…. membosankan. Keith menyukai warna suara Lazaro, dan itulah alasan para juri memilih dirinya. Nicki berkata, “What he said”. Randy menyebut penampilan keduanya ini lebih baik, dan Mariah bilang kalau ini dalam range yang lebih baik untuk Lazaro.


Kree Harrison – Help Me Make It Through The Night

Kree punya banyak rasa untuk lagu ini, dan lagunya sendiri juga banyak dinyanyikan ulang oleh pahlawan musiknya. Tak cuma vokal yang bagus, tapi Kree juga menawarkan emosi dalam penampilannya ini. Nicki membandingkan Kree dengan Janelle. Ia menyebut Kree membuatnya percaya, sementara Janelle tidak. Randy menyebutnya penyanyi alami. Mariah pernah menyanyikan ulang lagu ini, dan ia bilang memang begitulah cara menyanyikannya. Kaith memprediksi Kree akan bergabung di keluarga Grand Ole Opry suatu hari nanti.


Janelle Arthur – The Dance

Vokal Janelle yang indah dieksploitasi dalam penampilan ini. Membawakan lagu Garth Brooks, ia terdengar jauh lebih baik ketimbang penampilan pertamanya tadi. Meskipun bukan penampilan terbaik Janelle, tapi Randy “percaya” padanya. Mariah belum pernah mendengarkan lagu ini. Keith menyarankan lagu ini untuk lebih “dikelupas”. Dan meskipun Janelle sudah meningkatkan penampilannya, tapi Nicki merasa itu belum cukup untuk menyamai cewek-cewek yang lain.


Candice Glover – Love Song

Seperti tak ingin takhtanya dirampas oleh Kree, Candice menghadirkan penampilan yang tak kalah powerful di vokal dan menyentuh di emosi. Kembali, ia menutup penampilannya dengan nada tinggi yang membuat penonton heboh. Lagu The Cure ini berubah menjadi lagu olimpiade vokal. Mariah menyebarkan glitter kepada Candice, Randy menyebutnya sebagai penampilan terbaik sepanjang sejarah idol (duh?!), Keith berkata bahwa bintang-bintang berjajar malam ini.

RESULT

Acara pengumuman dibuka dengan penampilan Top 6 yang membawakan medley lagu-lagu Bacharach/David: ‘You’ll Never Get To Heaven’, ‘I Don’t Know What To Do With Myself’, ‘There’s Always Something There To Remind Me’, dan diakhiri ‘That’s What Friends Are For’.

Result: Kree dan Candice digabung ke dalam satu grup, dan Lazaro membuat satu grup baru.
Penampilan bintang tamu: Scotty McCreery – See You Tonight
Result: Janelle bergabung dalam grup dengan Angie, dan Amber masuk ke dalam grup Lazaro.
Penampilan bintang tamu: Kelly Clarkson – People Like Us

Result: Kree dan Candice – Top 2
Angie dan Janelle – Middle 2
Lazaro dan Amber – Bottom 2

Eliminated: Lazaro Arbos

Terlihat sudah, tahun ini Jawara American Idol dipastikan adalah cewek, dan ini bakal jadi yang pertama kali semenjak Jordin Sparks menjadi jawara American Idol 6.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)


Related posts

Leave a Reply