Trending News

Blog Post

American Idol 12 Top 10
American Idol

American Idol 12 Top 10 

Layaknya Xtina diganti Shakira, J.Lo diganti Mariah, Creative Disc’s regular American Idol judge, Ai Hasibuan, digantikan oleh saya, Rio Ichsan. Berhubung Ai sedang rehat dari kompetisi menyanyi dan fokus ke kompetisi modelling, you’ll be sailing with me in the journey of American Idol crowning its first female winner (hopefully) since Jordin Sparks won 6 seasons ago.

Seandainya saya yang jadi juri beneran di American Idol, maka 8 dari Top 10 adalah kontestan perempuan. Saya hanya akan meloloskan 2 kontestan laki-laki yang paling oke, Burnell Taylor & Devin Velez. Unfortunately produser membagi rata kontestan tahun ini. And here goes our Top 10 dengan tema lagu juara American Idol/yang pernah dinyanyikan sang juara American Idol.

1. Curtis Finch, Jr. (I Believe – Fantasia)
Keith berkomentar Curtis agak berlebihan dalam bernyanyi. Nicki Minaj belum datang, karena terlambat jadi tidak melihat penampilan perdana Curtis di Top 10 kali ini. Randy ingin Curtis bawain sesuatu yang beda di lain waktu. Mariah cuma bilang “I love what you did tonight.”. Ow Really, Mariah?
Menurut saya, I Believe adalah salah satu lagu kemenangan yang dinyanyikan dengan ‘niat banget’ oleh Fantasia, tapi Curtis tidak bisa se-‘niat banget’ Fantasia menyanyikannya. Emosi lagu ini malah flat & fake, sama seperti his fake humble face.

2. Janelle Arthur (Gone – Montgomery Gentry) dibawakan oleh Scotty McCreery
Keith suka sentuhan klasiknya dilagu ini. Nicki akhirnya datang, dia suka kepercayaan diri yang ditunjukkan Janelle. Randy cuma bilang “the song didn’t lead anywhere.”. Mariah lebih suka Janelle membawakan lagu ballad atau mid-tempo. Menurut saya, Janelle is a lovely girl, great personality, tapi saya setuju dengan Nicki & Randy, menurut saya Janelle salah pilih lagu. Niatnya menghibur tapi jatuhnya jadi mediocre dan monoton. Our recent country girls seperti Lauren Alaina & Skylar Laine jauh lebih bagus dibanding Janelle versi ini. Ah, no wonder Janelle gagal lolos di season 10 dan 11.

3. Devin Velez (Temporary Home – Carrie Underwood)
Keith merasa ini bukan penampilan terbaik Devin, dia merasa Devin agak tidak percaya diri, dan salah pilih lagu. Nicki sebaliknya, dia tidak setuju, dia merasa ini adalah ‘comfort zone’ buat Devin. Randy juga bilang lagunya terlalu aman dan Mariah merasa Devin punya kemampuan lebih dari yang disuguhkan malam ini.
Menurut Saya, Devin paling keren waktu menyanyikan victory song-nya saat pengumuman Top 10, a bit uptempo dengan vocal run yang pas. Saya sangat setuju dengan Randy & Keith kali ini, Devin terlalu safe, jadinya membosankan.

4. Angie Miller (I Surrender – Celine Dion) dibawakan oleh Kelly Clarkson
Keith suka nada tinggi yang dinyanyikan Angie. Nicki suka dengan kostumnya, “Your legs are giving me everything I need in life.”. Randy bilang, “America the competition starts now…In it to win it…I think you can win anything.” Mariah: “stellar.”. Menurut saya, saat ini Angie Miller adalah kandidat terkuat pemenang tahun ini. We’ve seen her playing instruments, sing original song, dan kali ini Angie menunjukkan kalau dia juga bisa melakukan pitch perfect vocal run. Buat saya kali ini Angie terlalu old school, tidak ada feel kontemporer-nya, but it’s just my preference.

5. Paul Jolley (Amazed – Lonestar) dibawakan oleh Scotty McCreery
Keith merasa penampilan Paul kali ini lebih baik dari sebelumnya, Nicki merasa dia terstimulasi oleh Paul. Randy suka pilihan lagunya, walau dia merasa Paul bisa menyanyikan ‘lebih’ dari itu. Mariah juga gak ingin Paul untuk menahan diri, dan bisa lepas dengan vocalnya. Menurut saya, lagunya bagus tapi mediocre performance. Saya masih menunggu Paul lebih menjelajah kemampuan musikalitasnya, karena banyak kompetitor yang punya suara lebih bagus. Saat ini Paul adalah kontestan yang paling ‘plain’.

6. Candice Glover (I Who Have Nothing – Ben E. King) dibawakn oleh Jordin Sparks
Keith merasa Candice punya aura seperti Shirley Bassey. Nicki juga bilang ini merupakan penampilan favoritnya, Randy pun juga memujinya “You really worked that song out, One of the greatest performances on the show, Season 12 Idol!”. Mariah juga memujinya. Sedangkan saya adalah #TeamCandice this year. Tapi menurut saya tidak ada yang lebih bagus menyanyikan cover lagu ini, dibanding Haley Reinhart. Note that, Mr. Jackson, Haley Reinhart!! Kembali ke Candice, semoga dia akan lebih cenderung menyanyikan lagu-lagu soul kontemporer seperti Joss Stone atau Jill Scott, then doing lots of vocal gymnastics. I love me some vocal belting!

7. Lazaro Arbos (Breakaway – Kelly Clarkson)
Lazaro adalah finalis yang spesial, karena dia gagap apabila berbicara, tapi bisa menyanyi dengan baik dan lancar. Keith merasa lagu ini tidak cocok untuknya. Nicki (dalam bahasa Spanish) bilang Lazaro mirip dengan Ricky Ricardo, dan bertanya kenapa Lazaro seperti kehilangan kepercayaan dirinya. Randy merasa lagu itu terlalu ‘besar’ untuknya. Mariah bilang para penonton jatuh cinta karena keberanian Lazaro. Menurut saya, sepertinya Lazaro ini yang akan cukup jauh perjalanannya di Idol, and we’re gonna be like ‘eliminate him already!’. Range lagu ini terlalu tinggi makanya tidak pas untuk Lazaro dan sepertinya die-hard Kelly Clarkson fans akan benci mendengar lagu klasik ini jadi ‘rusak’.

8. Kree Harrison (Crying – Roy Orbison) dibawakan oleh Carrie Underwood
Keith suka dengan vocal Kree dan merasa dia bisa menyanyikan lagu apa saja. Nicki membandingkan vocal Kree dengan wafel, yup! “Smooth, delicious, fun. I would enjoy that if I was in front of the TV eating waffles. ”. Randy suka dengan Kree membawakan lagu ini dengan perasaan. Mariah juga suka dengan pilihan lagunya. Menurut saya, Kree punya semua modal untuk jadi pemenang, vokal & tone-nya bagus, likeable, punya identitas, cuma satu yang kurang ‘Star Power’. Untuk itu Kree butuh banyak ‘star’ moments di kompetisi ini untuk bisa jadi the real frontrunner, bukan underdog lagi.

9. Burnell Taylor (Flying Without Wings – Westlife/Ruben Studdard)
Keith suka timbre suaranya, dan memberi sebutan “Burnellisms”. Nicki suka lagunya dan bilang “You put your own twist on this songs,”. Randy juga bilang Burnell kembali ke zonanya, Mariah suka pilihan lagunya. Saya setuju banget sama Keith Urban, timbre suara Burnell bagus banget. Menurut saya dia bisa jadi penyanyi R&B klasik 90-an tapi bisa juga masuk ke urban soul masa kini. Tentang performance-nya kali ini, menurut saya masih biasa, tapi dibanding 4 penyanyi cowok sebelumnya, he’s the best.

10. Amber Holcomb (A Moment Like This – Kelly Clarkson)
Semua juri kasih standing ovation kecuali Mariah karena dress yang terlalu ketat. So, penampilan terakhir ini sangat disukai para juri. Keith bilang “effortless”, Nicki juga bilang penampilan terbaik malam ini, dan membandingnkannya dengan Whitney Houston. Randy pun bilang kalo lagu kemenangan Idol terbaik sepanjang masa ini dibawakan dengan cantik dan sempurna. Mariah cuma bilang “hashtag.. POW”. Ya, juri dan penonton setuju Amber nyanyi-nya effortless dan bagus. Buat saya satu yang kurang yaitu emotion, kayak kurang afdol gitu kalau nyanyi tapi ga dapat ‘feel’-nya. Walaupun begitu menurut saya Amber sama kayak Angie, komersial dan sudah siap jadi artis.

Setuju nggak kalau show Top 10 ini cenderung membosankan? Juri-nya kurang kritis, terlalu banyak memuji, terutama Mariah Carey. As the real singer in the panel, harusnya dia yang memberikan kritik yang konstruktif. Ranking dari saya malam ini:

1. Candice
2. Angie
3. Kree
4. Amber
5. Burnell
6. Janelle
7. Devin
8. Paul
9. Curtis
10. Lazaro

Menurut kalian siapa yang terbaik di show perdana AI season 12 ini?

(Rio Ichsan)

RESULT SHOW:
Tahun ini Result American Idol akan memberitahu hasil votingnya, walau 3 besarnya tidak ditampilkan urutan 1-3 nya. Penampilan bintang tamu malam ini adalah Bon Jovi “Because We Can” dan juga Phillip Phillips dengan lagu barunya “Gone gone gone” yang jadi Goodbye Song American Idol 12 ini.

Walau tidak ada wild card contestant, tapi setidaknya ada 1 orang yang bakal ikut American Idol Tour tahun ini, yaitu dipilih antara Charlie Askew dan Aubrey Cleland.

Dan hasil Voting dari 26 juta vote yang masuk adalah:
Top 3:
Candice Glover
Kree Harrison
Angie Miller
4th place – Lazaro Arbos
5th place – Amber Holcomb
6th place – Janelle Arthur
7th place – Burnell Taylor
8th place – Paul Jolley
9th place – Devin Velez
10th place – Curtis Finch Jr. (Eliminated)

Tahun ini, “Safe” masih ada, sayangnya tidak dipakai untuk menyelamatkan Curtis Finch Jr. Minggu depan tema American Idol Top 9 adalah Lennon dan McCartney. Besoknya di Result Show ada penampilan Jessica Sanchez & Ne-Yo dengan lagu barunya “Tonight”.


Related posts

Leave a Reply