Trending News

Blog Post

American Idol 12 Finale & Result
American Idol

American Idol 12 Finale & Result 

Masih ingat dulu sebelum season ini mulai, sudah ada kontroversi pertengkaran Nicki dan Mariah. Lalu season ini mulai dan terlihat jelas produser mencari pemenang perempuan. Kemudian terjadi pertama kali final 5 semua perempuan, dan akhirnya seperti yang kita semua tahu, pemenang perempuan ditakdirkan lebih sukses. Apakah Kree atau Candice yang akan bergabung dengan Kelly, Fantasia, Carrie & Jordin? Malam ini masing-masing grand finalist akan menyanyikan tiga lagu. Babak pertama adalah pilihan Simon Fuller, creator American Idol.

Round 1:
1. Kree Harrison – Angel by Sarah McLachlan
2. Candice Glover – Chasing Pavements by Adele

Mariah bangga melihat penampilan kedua finalis ini, sementara Randy tidak terlalu menyukai pilihan lagu Simon Fuller untuk kedua finalis. Mariah dan Randy menyukai lower register Candice dan menyukai Candice lebih mengambil kesempatan untuk memberikan lagunya feel yang lebih baru. Mariah menambahkan Kree juga tampil dengan manis, yang menurut Randy tidak cukup untuk babak ini.

Sejak season ini dimulai, saya adalah #TeamCandice dan saya suka dengan approach Candice di Chasing Pavements, dia mengeluarkan the right amount of power dan the perfect amount of low notes yang bikin lagu ini terdengar lebih fresh. Kree tampil sama seperti biasanya, mengandalkan feel dan subtle approach, hanya saja menurut saya lagu ini tidak cocok untuk Kree. Babak pertama ini, Candice yang unggul.

Menunggu babak kedua ada penampilan dari Carly Rae Jepsen menyanyikan ‘Take A Picture’ yang merupakan program Coca-Cola Perfect Harmony yang diluncurkan beriringan dengan American Idol season ini. Babak kedua Kree dan Candice akan menyanyikan lagu yang akan menjadi winning song mereka.

Round 2:
1. Kree Harrison – All Cried Out
2. Candice Glover – I Am Beautiful

Nicki mendengar different part of Kree’s voice di lagu kemanangannya kali ini dan terasa Kree bernyanyi berbeda dari biasanya. Keith menyebut final ini adalah soul vs soul, karena keduanya adalah penyanyi soul yang berbeda genre dan menurutnya kedua lagu ini pas untuk masing-masing. Nicki lebih menyukai lagu Candice karena pesannya dalam. Babak kedua dimenangkan oleh Kree menurut Keith, sementara menurut Nicki, Candice lebih unggul.

Tidak seperti tahun lalu, saat Phillip Phillips menyanyikan Home, nyaris semua sudah yakin itulah lagu kemenangan tahun 2012, tahun ini tidak ada real standout. Candice lebih unggul di suara, mungkin lagu ini akan terdengar lebih oke kalau aransemennya tidak se-pop ini. Lagu Kree terdengar lebih ‘chart friendly‘ dan menurut saya Kree menyanyikan lagu kemenangannya lebih ‘dalam’ dibanding Candice. Kree lebih oke di babak kedua, karena lagu-nya lebih ‘country masa kini’.

Babak terakhir adalah reprise penampilan mereka di babak sebelumnya


Round 3:
1. Kree Harrison – Up To The Mountain

Menurut Keith penampilan Kree ini sangat indah dan terasa spiritual. Nicki menyukainya juga; menurutnya aransemennya memberikan nilai tambah di penampilan Kree kali ini. Randy menyebut penampilan Kree kali ini penampilannya yang terbaik. Mariah menyukai diversity penampilan Kree malam ini dan menyukai Kree menunjukkan power suaranya.

Oh My God, i have been wanting to hear that power di ujung lagu ini, that’s the potential big voice yang harusnya lebih sering Kree keluarkan. Vocal run-nya walaupun tidak seheboh Candice, tapi berasa feel-nya.


2. Candice Glover – I (Who Have Nothing)

‘Incredible’ begitu menurut Keith. Nicki menyukai Candice’s legs, dan menyebut Candice commanding the stage saat menyanyikan lagu ini. Randy menyebutnya winning performance dan Mariah memuji kemampuan Candice menjadikan lagu yang dinyanyikannya sebagai perantara suaranya yang luar biasa.

The acapella, the vocal, the styling, the emotion, perfect. Dulu saya sempat bilang kalau Haley Reinhart yang paling bagus menyanyikan lagu ini, well, versi Candice kali ini pun sama bagusnya, if not better. Candice dan Kree memperoleh their last standing O, namun jelas Candice lebih baik di babak ketiga ini.

Nyaris di semua review sepanjang season ini, saya selalu menempatkan Candice sebagai yang terbaik di tiap minggu. Jika dievaluasi, Candice menang dari sisi vokal, sementara Kree akan lebih marketable dan pasar-nya lebih luas. Personally saya memilih Candice yang akan menang American Idol 12, that vocal is just undeniable. Fyi, Candice Glover sebelumnya telah ikutan audisi American Idol 9 (tereliminasi di babak Las Vegas Top 70), dan American Idol 11 (di group yang sama dengan Jessica Sanchez & Deandre Brackensick).

Sampailah saya di ujung review American Idol season 12. Terima kasih CreativeDisc yang sudah mempercayakan review tahun ini kepada saya. Terima kasih CreativeDisc readers atas responnya di kolom review sepanjang season. Menurut kalian siapa yang akan menjadi juara season ini? Apakah kalian #TeamCandice atau #TeamKree ? Until next time, guys.

(Rio Ichsan)

RESULT SHOW:
Ada penampilan dari JLo ft Pitbull, Psy, Mariah Carey, Keith Urban, Frankie Valli, The Band Perry, Jennifer Hudson, Aretha Franklin dan masih banyak lagi…

Top 10 membuka Result Show American Idol 12 ini dengan lagu “Glad You Came” (The Wanted), dengan kostum putih pastinya. Dilanjutkan dengan penampilan pertama dari The Band Perry “Done” duet dengan Janelle Arthur.

Ditampilkan Video kemenangan para cowok-cowok di American Idol sejak season 6. Selanjutnya, 5 finalis cowok membawakan medley lagu Frankie Valli, dan dilanjutkan oleh penyanyi aslinya yang muncul.

Dilanjutkan dengan penampilan Mariah Carey membawakan medley hits, dengan Randy Jackson membawakan bass. (Ini bukan LIVE, tapi merupakan rekamanan dari FINALE kemarin). Tak ketinggalan Mariah Carey juga membawakan lagu barunya #Beautiful.

Amber Holcomb membawakan “Next To Me”, duet dengan penyanyi aslinya, Emeli Sande. OK, Emeli outshine Amber.

Selanjutnya, the Youtube phenomenon, PSY dengan lagu barunya “Gentleman”. Heejun Han, where are you?

Keith Urban tampil dengan membawakan lagu barunya “Little Bit of Everything” yang juga sudah direkam semalam.

Candice Glover tampil selanjutnya, membawakan “Inseparable” (Natalie Cole), dan duet dengan Jennifer Hudson. Powerful duet!

Next, Angie Miller di piano membawakan “Titanium” dan duet dengan Adam Lambert!

Dan tamu yang tak diduga muncul adalah.. Jessie J! Juri The Voice UK yang sekarang gundul ini muncul dari belakang kursi juri dan membawakan “Domino”.

Sekarang giliran Finalis kedua, Kree Harrison dengan lagu “Where the Blacktop Ends” dengan all star band, yaitu Randy jackson (bass), Keith Urban (gitar) dan Travis Barker (drums). Great performance!

Sebelumnya Randy Jackson telah mengumumkan bahwa dia mundur jadi juri American Idol setelah 12 tahun, dan kini ditampilkan video montage Randy Jackson sejak season pertama.

Aretha Franklin, menyanyi selanjutnya dengan Top 5 Girls, tapi Aretha tampil di New York, duet ini dilakukan via satellite.

Mantan juri American Idol, Jennifer Lopez tampil dengan Pitbull, bawain Live It Up.

Duet Candice Glover & Kree Harrison

and the winner of American Idol 12 is.. CANDICE GLOVER

Related posts

Leave a Reply