Trending News

Blog Post

Album of the Day: Jay Sean – Neon
Album of The Day

Album of the Day: Jay Sean – Neon 

Released by: Universal Music Indonesia

Sesaat Jay Sean kehilangan arah. Album “Freeze Time” merupakan sesuatu yang ia sesali namun harus move on darinya. Pergantian ke “Worth It All” dan beberapa kali pemunduran jadwal perilisan album studio terbarunya tidak membuat artis berdarah India ini berkecil hati. Dan dalam hitungan waktu yang cukup singkat (dibandingkan dengan proses “Freeze Time”), album studio tersebut akhirnya dirilis di pertengahan tahun 2013 dengan judul “Neon“, dengan harapan album ini bisa menjadi pencerah karir Jay yang sempat redup, atau kehilangan arah tadi.

Title track ‘Neon’ membuka album dan bam! Ini adalah sebuah kejutan. Jay tidak membantai pendengar dengan heavy dance beat. Irama yang santai dalam arahan musik yang kental organiknya membukakan pintu bagi pengalaman dengar baru. Ya, baru! Buktinya, vibe yang serupa juga diboyong oleh track #2, ‘Luckiest Man’. Seolah bahu-membahu mereka menyajikan Jay Sean yang baru di atas meja. Impressed? Harus. Karena Jay tidak kehilangan magic yang ia punya untuk membuat pendengar terpana.

“Drama” berlanjut dalam ‘Words’. Impresi semakin terjaga, terima kasih atas konsistensi dalam menghadirkan produk organik. Dengan cara ini pula kita mendapati kemurnian vokal Jay yang beberapa saat dulu tenggelam dalam aroma dance. Put the motion in emotion, kesimpulan awal adalah album ini melampaui ekspektasi. Kerjasama Jay dalam album ini membuka pandangan yang lebih luas. Dan itu juga berarti kenikmatan yang bertambah.

Mix and match terjadi dalam ‘Where You Are’, saat tempo mulai meningkat. ‘Guns n’ Roses’ seolah mempertegas pandangan Jay sebagai one man band yang pernah ia ungkapkan menjadi sosok one man boyband. Excuse me, tapi ini terdengar sangat BSB atau 98 Degrees tercetak di sekujurnya. Barulah ‘Mars’ terdengar dalam ranah R&B. Pengaruh Rick Ross yang hadir sebagai artis pendukung? Pasti. Karena lagu-lagu lain terdengar dalam alunan pop yang merajalela: ‘Miss Popular’, ‘Worth It All’, ‘Deep End’.

Selain Rick, Ace Hood dan Busta Rhymes juga punya kesempatan untuk memberi sokongan bagi Jay. ‘All On Your Body’ menampilkan Ace, sementara Busta hadir dalam ‘Break Of Down’. Ya, mereka punya andil yang cukup besar untuk menciptakan pesona masing-masing demi sebuah harga album yang dinamis. Tapi bukan hanya mereka yang berperan demikian, karena solo track ‘Close To You’ adalah pijakan terakhir yang seolah mengatakan tak sepenuhnya lupa untuk memberi dance track pada pendengar, sesuatu yang menyerahkan kesempata breakthrough dalam moment popularitas yang ia pegang di tahun 2009 lalu. “Neon” adalah pencerah, juga berarti worth it all: the wait, the delay, the keep name changing. I salute Jay for his moves on this one.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Neon 3:38
2. Luckiest Man 3:23
3. Words 4:27
4. Where Are You 3:12
5. Guns n’Roses 3:34
6. Mars (feat. Rick Ross) 3:12
7. Miss Popular 4:24
8. Cloase To You 3:46
9. Deep End 3:31
10. Passenger Side 3:12
11. Worth It All 3:32
12. All On Your Body (feat. Ace Hood) 2:49
13. Break Of Dawn (feat. Busta Rhymes) 2:54
14. Sucka For You 3:04
15. Universe 4:12

Related posts

Leave a Reply