Trending News

Blog Post

Album of the Day: The Band Perry – Pioneer
Album of The Day

Album of the Day: The Band Perry – Pioneer 

Released by: Universal Music Indonesia

Formula yang menggabungkan pop dalam country terbukti dapat mendongkrak penjualan. Tapi untuk membuat sebuah rekaman yang menjual, The Band Perry masih malas memakai formula tersebut. Mereka justru menggunakan rock untuk dikawinkan dengan country, sehingga muncul semacam edge dalam melodi dan memancarkan passion yang lebih terasa dibanding rekaman sebelumnya. “Pioneer” adalah album yang kita bicarakan ini, yang menurut kritik adalah gambaran extraordinary bagi pendatang baru karena mendapatkan kematangan musik hanya dengan dua album perdana mereka.

‘Better Dig Two’ tampil sebagai single perdana dari album ini sekaligus track pembuka album. Faktor suprise-nya sudah didapat dengan tempo yang bergerak lebih cepat dibanding beberapa lagu standar TBP sebelumnya. Namun revolusi terbesar adalah ‘Done’, yang demikian fierce, seolah mengancam keberadaan vokalis country cewek senior untuk sedikit memperhitungkan Kimberly Perry sebagai saingan berat mereka. Siapa kira vokal yang begitu sendu bisa begitu garang.

Tampaknya ini bukan suatu kebetulan, tapi TBP jelas tak ingin menguras seluruh kreativitas yang mereka punya untuk kehabisan ide di masa mendatang. Maka dari itu, ‘Don’t Let Me Be Lonely’ dan ‘Pioneer’ bercorak pada kesan pertama pendengar mengenal mereka. Tampilan yang ini jelas dengan mudah akan menjadi favorit penggemar. Balada yang menyayat, seolah sebuah tindakan penghalalan galau.

Dan ketika kita berfikir bahwa kejutan itu sudah berakhir, ‘Forever Mine Nevermind’ menghadirkan semangat rock’n’roll. I mean come on, siapa yang menyangka kalau TBP akan memiliki sebuah lagu sorak seperti ini. Dan meskipun lagu fade out dengan cara yang melambai, tapi gertakan-gertakan yang terjadi sepanjang lagu memang perlu pendinginan dengan cara demikian. Kesan klasik tersebut terjaga hingga ke track selanjutnya, ‘Night Gone Wasted’, hanya saja arahan musiknya lebih meng-country dalam track yang satu ini.

“Pioneer” adalah album dengan passion yang lebih dari sebelumnya. Bukan hanya lebih berani dalam mengangkat tema cinta, dinamika lagu ini juga berisi lirik yang bercerita mengenai relationship lainnya. Dan cara terbaik dalam menyampaikan lirik yang heatfelt adalah dengan meredakan tempo. ‘I Saw The Light’ dan ‘Mother Like Mine’ mewujudkan impian pendengar yang ingin dijamah hatinya. Dan saat album sudah hinggap pada track penutup, ‘End Of Time’, kepuasan pun didapat. Exceed expectation.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Better Dig Two” 3:15
2. “Done” 3:25
3. “Don’t Let Me Be Lonely” 4:11
4. “Pioneer” 4:18
5. “Forever Mine Nevermind” 3:56
6. “Night Gone Wasted” 3:37
7. “I Saw a Light” 4:08
8. “Mother Like Mine” 3:51
9. “Chainsaw” 3:48
10. “I’m a Keeper” 3:30
11. “Back to Me Without You” 3:57
12. “End of Time” 4:19

Related posts

Leave a Reply