Trending News

Blog Post

Album of the Day: Charice – Chapter 10
Album of The Day

Album of the Day: Charice – Chapter 10 

Setahun ke belakang yang kita dengar dari Charice adalah perubahan penampilannya yang ekstrem plus pengakuan orientasi seksualnya. Too much for a one year period, huh?! Maka dari itu, untuk tidak mengaburkan pandangan publik terhadap musiknya, Charice bergabung dengan label lamanya, Star Records yang berbasis di Filipina dan merilis album “Chapter 10“. Supaya orang enggak ikut mikir bahwa ia juga telah kehilangan suaranya.

It’s the killer ballad that defines her the most as a vocalist. ‘Unexpected Love’, ‘Anything For You’, tipikal balada yang membumbungkan kualitas vokal pada puncak kemampuannya. Lyrically, mendengarkan lagu-lagu ini seperti melanggar privasi. Nilai personalnya membuat pendengar seolah membuka diary si artis dan membaca ungkapan demi ungkapan cinta yang ia tuangkan dalam tulisan. Musically, tempo yang kelewat sendu membawa hawa jengah. Pembawaan yang terlalu mendayu membuat gairah terbang menghilang dari pendengaran.

Charice mencoba menghidupkan suasana dengan memberi dinamika lewat ‘Everything I Do, I Dot It For You’, ‘When You Say Nothing At All’, dan ‘How Could An Angel Break My Heart’. Olahan musik R&B dalam beat yang smooth berusaha keras untuk membangun gairah yang sempat lenyap di sesi balada yang dominan. Dramatisasi yang diboyong ‘Sometimes Love Just Ain’t Enough’ merupakan kondisi paling UP. Tak ubahnya dalam tempo dengan 3 track di atas, tapi emosi yang memancing dalam lirik yang membuat lagu ini selangkah di depan untuk memporakporandakan hati pendengar. Potensi attention seeker itu yang membedakannya. ‘Sometimes’ terdengar lebih istimewa ketimbang ‘How Could’ yang menampilkan duet pasangan Charice dan Alyssa Quijano.

Pengelupasan musik dalam ‘The One That Got Away’ dan ‘Titanium’ nyaris berhasil. Kalau tujuannya adalah untuk menjauhkan versinya dengan kadar original, ia berhasil. Alih-alih menempatkanya di atas, jarak jauh yang tercipta justru memojokkan. Degradasi musik terjadi pada dua track tersebut, membuatnya less interesting. Meskipun demikian, yang namanya gagal jauh dari ‘Do You Know Where You Going To?’. Lagu ini cerdik, tampil mendekati penghujung untuk membuat paruh kedua album hidup. Pergantian tempo yang hiper di 4 track terakhir sejujurnya bukanlah gerakan yang mulus. Estafet ‘Makita Kang Muli’ – ‘Titanium (Brian Cua Club Mix Full)’ – ‘Titanium (Brian Cua Club Mix Edit)’ – ‘Yakap’ justru memancing kritik jika dilihat secara keseluruhan.

Bintang muda ini menyatakan bahwa lagu yang ada dalam album ini adalah personal. Di dalamnya terdapat lagu-lagu yang difavoritkan berikut lagu-lagu yang terkait secara emosional dengan hidupnya. Alasan pemilihan judul juga memiliki kisah pribadi, dimana angka 10 berkenaan dengan banyak event di sekitar Charice (ulang tahunnya, ulang tahun ibunya, anniversary ia dan sang kekasih), sehingga menyandingkan angka tersebut dengan kata “Chapter” di awalnya seperti buku kehidupan yang ia jalani. Jadi paling tidak kita bisa merasakan sedikit perasaan yang Charice punya dengan mendengarkan album ini. Well, that’s priceless.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Unexpected Love 4:30
2. Everything I Do, I Do It For You 4:09
3. Sometimes Love Just Ain’t Enough 4:25
4. When You Say Nothing At All 3:40
5. Anything For You 3:46
6. How Could An Angel Break My Heart (feat. Alyssa Quijano) 4:11
7. The One That Got Away 3:46
8. Titanium 3:35
9. Do You Know Where You’re Going To 3:39
10. Makita Kang Muli 4:22
11. Titanium (Brian Cua Club Mix Full) 6:39
12. Titanium (Brian Cua Club Mix Edit) 3:56
13. Yakap 4:34

Related posts

Leave a Reply