Trending News

Blog Post

Album of the Day: John Legend – Love in the Future
Album of The Day

Album of the Day: John Legend – Love in the Future 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

John Legend masih terdengar super seksi dalam album keempatnya, Love in the Future. Namun, dengan judul album seperti itu, apakah Legend ingin menyatakan jika materi yang diusungnya terdengar berbeda dari album-album sebelumnya? Jawabannya ya dan tidak. Yang pasti ia masih mampu menghadirkan pop-rnb-soul yang memikat.

Setelah baru saja memeriahkan album soundtrack film Quentin Tarantino, Django Unchaines, John Legend hadir kembali dengan single terbarunya, Who Do We Think We Are. Kali ini ia hadir dengan semangat nu-soul yang dipadu dengan RnB tentu saja. Hadirnya rapper Rick Ross memberi aksentuasi tersebut. Namun pada utuhnya, ini merupakan lagu midtempo yang dalam dan penuh makna, lengkap dengan gaya nyanyi khas ala John Legend yang tetap terdengar seksi, meski mungin dia tidak berniat untuk itu.

John Legend memang salah satu musisi pria yang berkarakter serta memiliki kekuatan musik yang mumpuni. Dalam Love in the Future, soul yang menjadi ciri khasnya khasnya dibalut dengan sentuhan etnik, rock dan elektro. Splendid! Dan dengan materi yang cukup berlimpah, 16 untuk versi standar dan 20 untuk versi deluxe, Love in the Future jelas berniat untuk memanjakan pendengar dengan John Legend.

Secara umum, Love in the Future banyak diisi oleh nomor-nomor mid-tempo dan balada. Berbeda dengan Robin Thicke misalnya atau pun Justin Timberlake yang baru saja melakukan come-back, Legend tampaknya tidak mengejar sesuatu yang prestisius. Lagu-lagu yang terdapat dalam album ini pada umumnya adalah bersifat romantis dan sensual dengan aransemen yang tidak terlalu kompleks atau eksperimental.

Sebenarnya ini bukanlah hal yang aneh, karena di tiga album sebelumnya, ia juga menghadirkan gaya yang setipe. Akan tetapi, dengan embel-embel future, tentunya kita mengharapkan sesuatu yang berbeda, sebuah janji akan pergerseran dari masa lalu.

Yang membedakan mungkin dari segi tema, dimana flirting yang dilakukan Legend tidak melulu kepada sosok asing ataupun berbau affair. Kali ini ia nyaman dengan sosok yang sama dan menyanyikan lagu cinta yang sama untuk memuja sosok tersebut.

Maka simak saja track-track seperti All of Me atau Made to Love juga Wanted Be Loved yang terdengar personal dan intim juga romantis namun beraroma domestifikasi. Ini bukan ada hubungannya dengan status barunya sebagai seorang suami. Legend memang baru saja menikah dengan model Chrissy Teigen.

Kedewasaan ini mungkin memiliki contoh sempurna dalam You & I (Nobody in the World), yang tampaknya merupakan sebuah pernyataan yang solid dari Legend. Kali ini bukan janji manis, akan tetapi pernyataan sikap. Simak juga Caught Up yang seolah mengindikasikan jika Legend siap untuk settle down.

Dalam The Beginning, ia mengambil sampel lagu Winter Song milik Sara Bareilles dan Ingrid Michaelson sehingga lagunya terdengar lebih syahdu meski isinya berkisah tentang tekad dan kebulatan sikap. Ada tangan dingin Kanye West berada di belakang lagu ini sehingga tidak mengherankan jika mash-up menjadi terdengar familiar.

Kanye West memang berperan penting dalam album ini. Selain bertugas sebagai produser maupun penulis lagu di banyak lagu, bersama Dave Tozer ia merupakan produser eksekutif untuk Love in the Future. Meski begitu, bukan berarti ia mengkontrol secara penuh kreatifitas untuk album ini. Love in the Future masih terdengar sangat John Legend ketimbang orang lain.

Terselip juga nama Pharell Williams yang membantu Legend dalam track yang jazzy berjudul Aim High. Jangan lewatkan pula duet Legend bersama solois bervokal breezy nan merdu, Seal, dalam We Loved It. Precious.

Jadi, yah, Love in the Future, secara musikal, tidak membawa John Legend ke sesuatu yang berbeda atau naik kelas. Love in the Future adalah jenis album yang mungkin terdengar bermain aman, tapi juga menunjukkan kenyamanan. John Legend mungkin untuk sementara berhenti ber-evolusi, namun dengan kualitas musik yang masih terjaga.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Beli CD John Legend “Love in the Future” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

TRACKLIST
1. “Love in the Future (Intro)” 0:41
2. “The Beginning…” 3:25
3. “Open Your Eyes” 3:06
4. “Made to Love” 4:00
5. “Who Do We Think We Are” (featuring Rick Ross) 4:52
6. “All of Me” 4:29
7. “Hold on Longer” 2:38
8. “Save the Night” 3:09
9. “Tomorrow” Q-Tip 3:32
10. “What If I Told You? (Interlude)” 0:50
11. “Dreams” 2:38
12. “Wanna Be Loved” 3:06
13. “Angel (Interlude)” (featuring Stacy Barthe) 1:24
14. “You & I (Nobody in the World)” 4:12
15. “Asylum” 3:17
16. “Caught Up” 3:45
Deluxe edition bonus tracks
17. “So Gone” 4:02
19. “Aim High” 4:18
20. “For the First Time” 5:12

Related posts

Leave a Reply