Trending News

Blog Post

Album of the Month: Ariana Grande – Yours Truly
Album of The Day

Album of the Month: Ariana Grande – Yours Truly 

Released by: Universal Music Indonesia

Mencetak bintang muda, Disney dan Nickelodeon adalah jagonya. Angkatan terakhir yang sukses menjadi superstar tampaknya Jonas-Miley-Demi-Selena dari Disney, sehingga mambuat Nick gencar untuk meluncurkan artis mereka: Miranda-Victoria-BTR. Tapi dari tiga nama itu, tidak ada yang gregetnya setara dengan bintang Nick yang satu ini: Ariana Grande. Well, meskipun ia bukan bintang utama dari serial yang melambungkan namanya, tapi di luar Nick justru ia yang paling ngehits! Atensi masyarakat luar biasa pada debut single-nya yang dirilis awal tahun ini. Sehingga ketika albumnya rilis, “Yours Truly” mendapat beban berat berupa ekspektasi.

Orang-orang kerap menyebutnya sebagai titisan Mariah Carey. Maklumlah, tarikan-tarikan vokal yang ia buat memang sedemikian mirip sehingga menimbulkan kritik pada originalitas. ‘The Way’-lah penyebabnya. Hit iTunes ini menipu orang-orang yang belum mengenal sosok Ariana, menyebut kalau vokal Mariah-lah yang dipakai di dalamnya. Tapi apakah Ariana hanya melulu mengenai Mariah?

No! Big NO! “Yours Truly” membuktikan bahwa dirinya memiliki dinamika yang bisa mematahkan segala pernyataan, menghilangkan segala keraguan, sekaligus memberi memenuhi segala harapan. Ariana tidak pernah menutup-nutupi pengaruh Mimi dalam dirinya, tapi ia juga mendapat inspirasi dari Whitney, Fergie, dan Imogen Heap, yang membuat dirinya punya kualitas dari segi vokal, penampilan, dan musik. ‘Lovin’ It’, ‘Piano’, dan ‘Better Left Unsaid’ tegas memancarkan dinamika yang ia coba tampilkan. 100 untuk usaha, 100 pula untuk goal yang tercetak.

Ariana berusia 20 tahun saat merampungkan album ini. Usia yang muda, tapi tidak lagi dini. Ia cukup bertanggung jawab dalam arahan musik retro throwback yang diamanahkan produser dan pencipta lagu kepadanya. Selain itu, ia juga berada di usia yang cukup pantas untuk menyuarakan lirik-lirik yang dewasa. ‘Honeymoon Avenue’ tampaknya yang paling cocok sebagai track yang menganut dua faham di atas. Tidak ada kesan canggung yang didapat, karena semuanya terasa natural dan ga maksa. ‘You’ll Never Know’ dan ‘Baby I’ berbumbu tempo yang cepat, menandaskan ramuan swag yang ia coba hadirkan. Juga referensi yang coba dibuat dalam lirik tergolong relevan. Untuk ‘Right There’, rapper Big Sean yang hadir sebagai featured artist menyebut ‘Genie in a Bottle’, sementara Ariana sendiri yang menyerukan ajakan ke 1950-an dalam ‘Tattoed Heart’. Lihatlah, there’s so much meets the ear kan setelah mengupas “Yours Truly” dari satu lapis ke lapis berikutnya.

Belum berhenti, masih ada faktor lain yang bisa dijadikan daya tarik. Fatured artists. Selain Mac Miller dan Big Sean yang sudah lebih dulu unjuk gigi lewat single ‘The Way’ dan promotional single ‘Right There’, ada juga Mika yang sudah lebih dulu menggandeng Ariana untuk lagu ‘Popular Song’ miliknya dan kekasih Ariana di kehidupan nyata, Nathan Sykes dari The Wanted yang berduet di lagu ‘Almost Is Never Enough’. Mika dan Ariana bertemu di tengah dalam ‘Popular Song’. Ciri masing-masing melebur, untuk tidak mendominasi. Sementara, Nathan melakukan perjalanan yang jauh untuk ‘Almost Is Never Enough’, sesuatu yang tampaknya belum ingin dijamah oleh band-nya.

Album ini membuat kita berfikir bahwa tidak sulit untuk menggabungkan klasik dan modern menjadi suatu keberhasilan. Pada akhirnya kita dapat berkata bahwa Ariana menjejakkan kakinya disini, tak lagi pada bayang-bayang Mariah. Kini dengan namanya sendiri. Keputusan tepat untuk mengubah judul album dari titel ‘Daydreamin” menjadi “Yours Truly”, tak hanya sejalan dengan ide surat cinta yang dibopongnya, tapi juga menghapus kritik wannabe.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Beli CD Ariana Grande “Yours Truly” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

TRACKLIST
1. “Honeymoon Avenue” 5:39
2. “Baby I” 3:17
3. “Right There” (featuring Big Sean) 4:07
4. “Tattooed Heart” 3:14
5. “Lovin’ It” 3:00
6. “Piano” 3:54
7. “Daydreamin'” 3:31
8. “The Way” (featuring Mac Miller) 3:47
9. “You’ll Never Know” 3:34
10. “Almost Is Never Enough” (with Nathan Sykes) 5:28
11. “Popular Song” (with MIKA) 3:20
12. “Better Left Unsaid” 3:46
13. The Way (Spanglish Version)

Related posts

Leave a Reply